Bagikan Artikel Ini:

Terakhir Diedit:

Kami sudah cukup sering mengulas mengenai manfaat juice Noni dan bagaimana minuman yang berasal dari buah Noni ini demikian bermanfaat untuk tubuh Anda. Adakah manfaat Noni untuk pencernaan?

Tak tanggung-tanggung sejumlah riset internasional membuktikan bahwa Noni memiliki manfaat untuk keluhan kolesterol, diabetes, hipertensi, asma, alergi, masalah imun hingga membantu proses penyembuhan kanker. Tetapi rupanya manfaat Noni untuk pencernaan tak berhenti sampai di sana. Tak heran sebenarnya mengingat komponen nutrisi dan fitokimia dalam buah Noni relatif sangat lengkap.

Kandungan Bermanfaat dalam Buah Noni

Buah ini mengandung komponen asam amino essensial dan non essensial dalam jumlah yang relatif lengkap, bahkan bila dibandingkan dengan jenis buah-buahan dan tanaman yang terklasifikasi sebagai berry-berryan lain.

Selain itu buah ini diketahui kaya akan vitamin C, B kompleks, vitamin E dan sejumlah mineral penting termasuk potasium, kalsium, magnesium dan fosfor. Tak berhenti di sana, buah ini juga kaya akan komponen fitokimia dengan kadar tinggi seperti proxeronine, quercetin, bioflavonoid, saponin, terpenin, triterpenoid, anthraquinone, kaempferol, isoscopoletin, vanillin, pinoresinol, bisdemethyl, pinoresinol dan scopoletin.

Dan salah satu manfaat Noni yang akan kami coba ulas kali ini adalah manfaatnya terhadap pencernaan. Sejumlah riset telah membuktikan bagaimana Noni juga dapat bekerja membantu kinerja pencernaan.

Pertanyaannya bagaimana buah yang dikenal dengan aroma khasnya ini dapat membantu kinerja pencernaan? Apakah manfaat Noni untuk pencernan?

Kinerja Manfaat Noni untuk Pencernaan

Pada dasarnya ada sejumlah manfaat dari Noni dalam membantu kinerja pencernaan. Dan sejumlah manfaat tersebut bukan hanya bekerja meningkatkan kinerja pencernaan tetapi juga dapat membantu mengatasi sejumlah keluhan serius pada pencernaan. Dan berikut adalah sejumlah manfaat Noni untuk pencernaan yang dikumpulkan dari sejumlah sumber.

  • Memperlambat Pencernaan

    Salah satu riset yang membuktikan manfaat Noni juice untuk pencernaan adalah riset National Yang-Ming University, Taipei   yang diungkap pada The Chinese Journal of Physiology tahun 2004. Jurnal ini mengungkap temuan akan manfaat Noni dalam proses memperlambat laju pencernaan.

    Bisa dikatakan justru Noni mendorong terjadinya gastroparesis dalam level aman. Dengan demikian, sejumlah jenis sari makanan yang tidak diharapkan dalam terserap dengan maksimal seperti lemak dan glukosa dapat diminimalisir penyerapannya.

  • Memaksimalkan Fungsi Cerna

    Masih bersumber dari jurnal yang sama dengan poin di atas, diungkap pula bagaimana saponin dan triterpenoid dapat berperan dalam mendorong produksi enzim-enzim pencernaan. Ini membantu efektifitas kinerja pencernaan dalam memproses makanan sebelum siap diserap oleh tubuh.

  • Mengatasi Acid Reflux

    Laporan lain mengenai manfaat Noni untuk kesehatan pencernaan diungkap dalam riset  Prince of Songkla University, Thailand. Menurut laporan Journal of Ethnopharmacology tahun 2011 dijelaskan bahwa Noni memiliki potensi besar sebagai terapi bagi keluhan acid reflux.

    Dalam Noni ditemukan komponen scolopetin yang terbukti memiliki kemampuan mencegah dan mengatasi naiknya kadar asam lambung dan mencegah naiknya komponen asam lambung ke esofagus.

    Pada dasarnya, Noni juice sendiri bersifat alkalin sehingga dengan efektif akan menetralkan tingginya kadar asam dalam lambung. Komponen saponin di dalamnya membantu meregulasi kondisi hormonal dan enzim dalam pencernaan, termasuk menormalkan kembali kadar asam lambung yang berlebihan.

  • Mengatasi Konstipasi/Sembelit

    Dalam laman webmd.com dijelaskan pula bahwa Noni lazim digunakan untuk terapi konstipasi. Besar kemungkinan tingginya kadar serat dalam Noni membantu meningkatkan volume feses dan memudahkan proses BAB.

    Hal tersebut juga dibenarkan dalam sebuah buku bertajuk Noni: The Complete Guide for Consumers and Growers. Buku tersebut juga kembali menyebutkan sejumlah komponen fitokimia dalam Noni dan komponen serat yang tinggi termasuk serat larut air dan serat tak larut air menjadikan Noni baik untuk mengatasi pencernaan.

    Selain itu, Noni juga akan bekerja menstimulasi relaksasi pada usus besar sehingga memudahkan proses BAB. Kerap kali kasus BAB terjadi karena usus besar tidak dapat bekerja dengan baik dan mengalami ketegangan akibat sensasi dorongan BAB.

    Manfaat Noni untuk konstipasi ini bisa Anda dapatkan dalam kondisi potongan utuh maupun setelah dihaluskan menjadi juice juga setelah juice melalui proses fementasi.

  • Mengatasi Kolik

    Masih menurut webmd.com juga dikatakan bahwa terapi dengan Noni akan sangat baik mencegah dan mengatasi kolik. Kolik merupakan keluhan pada area otot rongga perut yang mengalami kontraksi dan ketegangan berlebihan. Anda mungkin lebih biasa menyebutnya dengan istilah kram perut.

    Kemampuan Noni dalam mencegah dan mengatasi kram perut disebabkan oleh efek anti spasmodic dalam Noni. Anti spasmodic adalah kemampuan meredam kontraksi abnormal pada serat otot yang terdapat pada organ. Dan kram perut termasuk contoh serangan kontraksi pada organ dan otot perut.

  • Mengatasi Peradangan Pencernaan

    Manfaat Noni lain adalah untuk membantu meredam peradangan pada pencernaan. Ulasan dalam jurnal Journal of Ethnopharmacology tahun 2011 rupanya juga mengungkap bahwa Noni baik untuk mengatasi peradangan pada pencernaan.
    Catatan lain mengenai kemampuan Noni untuk terapi peradangan pencernaan adalah karena  Noni diketahui dengan baik mengandung anti inflamasi yang cukup efektif.

    Anti inflamasi ini akan membantu meredakan peradangan yang sudah terjadi. Dan meningkatkan kemampuan imunitas dalam mengendalikan serangan bakteri dan virus yang menginfeksi pencernaan.

    Dan kinerja ini yang diyakini sebagai salah satu alasan kuat kenapa Noni demikian baik untuk terapi peradangan pada pencernaan. Bukan hanya gastro ulcers, tetapi juga colon ulcers yakni peradangan pada usus besar dan intestinal ulcers, peradangan pada usus kecil. Sebagaimana dijelaskan dalam Hindawi Mediators of Inflammation tahun 2017.

    Dalam buku bertajuk Edible Medicinal And Non-Medicinal juga diungkap bahwa Noni baik untuk membantu meredakan keluhan gastric ulcers, sejenis peradangan yang terjadi pada sistem pencernaan atas termasuk lambung dan usus 12 jari.

  • Mengendalikan Produksi Asam Lambung

    Ini karena komponen dalam Noni akan bekerja merawat dinding lambung dan usus. Membantu mengendalikan produksi asam lambung yang akan menimbulkan efek lesi atau iritasi pada  dinding lambung. Ada kinerja anti sekresi yang akan mencegah terjadinya proses sekresi berlebihan yang memperburuk peradangan.

    Bahkan Noni terbukti bekerja efektif dalam menyerang infeksi helibacter pylori, salah satu jenis bakteri yang menyebabkan infeksi serius pada usus. Informasi ini dilaporkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2014.

  • Sebagai Probiotik

    Dan manfaat terakhir yang perlu menjadi pertimbangan dari Noni terhadap fungsi pencernaan adalah kemampuannya untuk mempertahankan kadar biota sehat dalam usus besar. Ini dijelaskan dalam laporan Journal of Medicinal Food tahun 2015.

    Bisa dikatakan bahwa Noni memiliki kemampuan sebagai probiotik. Semacam substrate alami yang akan bekerja memfasilitasi pertumbuhan sejumlah bakteri baik seperti Lactobacillus dan bifidobacteria. Hal tersebut juga dibenarkan dalam International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2009.

    Untuk Anda pahami, bakteri sehat ini penting untuk membantu proses cerna makanan sekaligus membantu proses serap sari makanan. Di sisi lain, bakteri sehat juga akan membantu kinerja usus besar dalam proses pembusukan sisa makanan dan pembentukan feses.

  • Mencegah Kanker Usus

    Dengan demikian banyaknya manfaat Noni untuk pencernaan. Termasuk membantu memperbaiki masalah konstipasi, membersihkan usus dengan lebih efektif dan membantu menjaga iklim sehat dalam usus. Maka secara langsung Noni juga akan membantu Anda mencegah kanker pada sistem pencernaan.

    Terlebih dijelaskan dalam The Journal of Nutritional and Biochemistry tahun 2012 dalam Noni ditemukan komponen flavonoid unik bernama damnacanthal. Yang terbukti ampuh meningkatkan kemampuan antitumoregenik pada kolon.

Berikut tadi sejumlah manfaat Noni untuk pencernaan. Mengonsumsi Noni dalam kadar moderat terbukti aman bahkan untuk fungsi hati dan ginjal. Justru akan membantu Anda meningkatkan kualitas kesehatan Anda. Termasuk kualitas kesehatan pencernaan.

Cindy Wijaya

Cindy sudah menulis beragam artikel kesehatan sejak tahun 2014. Senang meriset serta berbagi tentang berbagai topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.