Blog Tanaman Obat Indonesia

5 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan, Mulai dari Kulit Hingga Jantung


By Cindy Wijaya

ungKolagen adalah komponen alami yang penting dalam tulang, kulit, otot, dan bagian-bagian tubuh lainnya. Kini kolagen tersedia dalam bentuk suplemen, dan banyak orang mengonsumsinya untuk kesehatan mereka, salah satunya untuk kecantikan kulit.

Apakah mengonsumsi kolagen benar-benar bermanfaat? Sebenarnya, apa manfaat kolagen untuk kesehatan? Apakah ada efek samping suplemen kolagen? Simaklah jawabannya dalam artikel ini.

Apa Itu Kolagen?

Kolagen adalah sejenis protein, dan adalah protein struktural yang paling melimpah dalam tubuh kita. Protein struktural merupakan protein yang membentuk struktur atau kerangka sel dan jaringan.

Kolagen terutama terdiri dari asam amino glisin, prolin, dan hidroksiprolin. Kolagen terdapat pada jaringan ikat, kulit, tendon, tulang, dan tulang rawan. Kolagen juga ada di organ, pembuluh darah, dan lapisan usus kita.

Fungsi utama kolagen adalah untuk memberikan struktur, kekuatan, dan dukungan ke seluruh tubuh kita.

Namun kolagen juga punya fungsi-fungsi spesifik, antara lain:

  • Membantu pembentukan fibroblas di dermis (lapisan kulit tengah), yang membantu pertumbuhan sel-sel baru.
  • Berperan dalam menggantikan sel-sel kulit mati.
  • Menyediakan penutup pelindung untuk organ.
  • Memberikan struktur, kekuatan, dan elastisitas pada kulit kita.
  • Membantu proses pembekuan darah.

Ada 28 jenis kolagen yang sudah diidentifikasi, dimana 90% dari kolagen dalam tubuh kita terdiri dari kolagen tipe I. Ada lima tipe kolagen yang utama yaitu tipe I, tipe II, tipe III, tipe IV, dan tipe V.

Seraya usia kita bertambah, tubuh kita menghasilkan lebih sedikit kolagen, dan kolagen yang ada juga lebih cepat rusak. Kualitas kolagen saat usia menua juga lebih rendah dibandingkan ketika masih muda. Wanita mengalami penurunan yang signifikan dalam produksi kolagen setelah menopause. Dan setiap orang secara normal akan mengalami penurunan produksi kolagen setelah usia 60 tahun.

Apa Manfaat Kolagen untuk Kesehatan?

Tubuh kita secara alami memproduksi kolagen, dan kita juga bisa mendapatkannya melalui sumber makanan seperti kulit ayam, kulit ikan, serta suplemen kolagen.

Produk kolagen oral dan topikal seperti suplemen dan krim wajah sangat populer digunakan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan seperti keriput, kulit kering, dan nyeri sendi.

Anda bisa memperoleh suplemen kolagen dalam bentuk bubuk, kapsul, dan cairan. Anda bisa meminumnya atau menambahkannya ke dalam minuman—baik panas maupun dingin—dan ke dalam makanan seperti oatmeal dan yogurt.

Dokter juga menggunakan kolagen dan bahan berbasis kolagen di bidang medis, termasuk untuk mengobati luka, luka bakar, dan borok diabetes.

Selain itu, perusahaan kosmetik menggunakan kolagen dalam produk kecantikan seperti pelembap dan serum karena sifatnya yang melembapkan dan humectant (menjaga kadar air dalam kulit).

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah manfaat kolagen untuk kesehatan.

Manfaat Kolagen untuk Kulit

Kolagen adalah komponen penting dalam kulit. Manfaat kolagen untuk kulit adalah memberi kekuatan, elastisitas, dan hidrasi bagi kulit. Seiring bertambahnya usia, tubuh menghasilkan lebih sedikit kolagen, yang menyebabkan kulit kering dan membentuk kerutan.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa peptida kolagen atau suplemen yang mengandung kolagen dapat membantu memperlambat penuaan kulit Anda dengan mengurangi kerutan dan kekeringan.

Suplemen kolagen juga bekerja dengan merangsang tubuh untuk memproduksi kolagennya sendiri. Selain itu, suplemen kolagen dapat meningkatkan produksi protein lain yang membantu struktur kulit, termasuk elastin dan fibrillin.

Manfaat Kolagen untuk Sendi

Kolagen membantu menjaga keutuhan tulang rawan, jaringan seperti karet yang melindungi persendian kita.

Karena jumlah kolagen dalam tubuh kita menurun seiring usia bertambah, risiko gangguan sendi degeneratif seperti osteoartritis juga meningkat.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ada manfaat kolagen untuk sendi, yaitu dapat membantu memperbaiki gejala-gejala osteoartritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan.

Para peneliti berpendapat bahwa konsumsi suplemen kolagen dapat menumpuk di tulang rawan dan merangsang jaringan Anda untuk memproduksi kolagen. Pada akhirnya, ini dapat meredakan peradangan, memberi dukungan lebih baik pada sendi, serta mengurangi rasa nyeri.

Manfaat Kolagen untuk Tulang

Tulang kita sebagian besar terdiri dari kolagen, yang memberikan struktur dan kekuatan pada tulang. Sama seperti kolagen menurun seiring usia bertambah, begitu juga massa tulang. Ini dapat menyebabkan penyakit seperti osteoporosis, yang ditandai dengan kurangnya kepadatan tulang dan risiko patah tulang yang lebih besar.

Penelitian menunjukkan ada manfaat kolagen untuk tulang, yaitu dapat membantu menghambat kerusakan tulang yang memicu osteoporosis.

Dalam sebuah penelitian selama 12 bulan, wanita pasca-menopause mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D dengan 5 gram kolagen atau suplemen kalsium dan vitamin D tanpa kolagen setiap hari.

Di akhir penelitian, mereka yang mengonsumsi suplemen kalsium, vitamin D, dan kolagen memiliki tingkat protein darah yang secara signifikan lebih rendah yang memicu kerusakan tulang dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi kalsium dan vitamin D. Kelompok yang mengonsumsi kolagen juga mengalami kehilangan kepadatan mineral tulang yang lebih rendah.

Manfaat Kolagen untuk Otot

Sebagai protein paling melimpah dalam tubuh, kolagen merupakan komponen penting dari otot rangka. Penelitian menunjukkan bahwa ada manfaat kolagen untuk kesehatan otot karena dapat membantu meningkatkan massa otot pada penderita sarcopenia. Sarcopenia adalah kondisi hilangnya massa otot yang terjadi seiring usia bertambah.

Dalam penelitian selama 12 minggu, 27 pria lansia penderita sarcopenia mengonsumsi 15 gram kolagen saat berpartisipasi dalam program olahraga. Dibandingkan pria yang berolahraga tapi tidak mengonsumsi kolagen, mereka memperoleh lebih banyak massa otot dan kekuatan otot secara signifikan.

Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Jantung

Para peneliti menduga bahwa ada manfaat kolagen untuk kesehatan jantung. Kolagen menyediakan struktur untuk arteri, yaitu pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Tanpa kolagen yang cukup, arteri mungkin jadi kurang fleksibel dan elastis.

Ini dapat menyebabkan aterosklerosis, penyakit yang ditandai dengan penyempitan arteri. Kondisi ini juga dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Dalam sebuah penelitian selama 6 bulan, 31 orang dewasa sehat mengonsumsi 16 gram kolagen setiap hari. Mereka mengalami penurunan yang signifikan dalam ukuran kekakuan arteri dari awal hingga akhir penelitian. Selain itu, kadar kolesterol “baik” HDL mereka naik rata-rata 6%. HDL adalah faktor penting dalam risiko gangguan jantung, termasuk aterosklerosis.

Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Lainnya

Ada berbagai manfaat kolagen untuk kesehatan lainnya, namun masih belum diteliti secara ekstensif.

  • Manfaat kolagen untuk kesehatan rambut dan kuku: Suplemen kolagen dapat memperkuat kuku. Selain itu dapat membantu rambut dan kuku tumbuh lebih panjang.
  • Manfaat kolagen untuk kesehatan usus: Beberapa praktisi kesehatan mengatakan bahwa suplemen kolagen dapat mengatasi sindrom usus bocor, yang juga disebut permeabilitas usus.
  • Manfaat kolagen untuk kesehatan otak: Sebagian orang mengklaim bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat memperbaiki mood dan mengurangi gejala kecemasan mereka.
  • Manfaat kolagen untuk berat badan: Ada yang percaya bahwa suplemen kolagen dapat meningkatkan penurunan berat badan dan mempercepat metabolisme.

Meskipun manfaat-manfaat tersebut menjanjikan, namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kebenaran di balik klaim-klaim tersebut.

Waspadai Efek Samping Suplemen Kolagen!

Apakah ada efek samping suplemen kolagen yang perlu diwaspadai? Suplemen kolagen umumnya dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh, tapi ada sedikit efek samping yang dilaporkan para penggunanya.

Beberapa orang melaporkan mengalami efek samping suplemen kolagen seperti mual dan kembung setelah mengonsumsinya. Tapi tidak semua orang akan mengalami efek samping itu.

Ada beberapa laporan bahwa ada efek samping suplemen kolagen pada pencernaan, seperti heartburn (rasa panas di dada), dan perasaan kenyang.

Di samping itu, sejumlah suplemen kolagen dibuat dari bahan-bahan yang dapat memicu alergi, seperti ikan, kerang, dan telur. Orang yang alergi terhadap bahan-bahan itu harus menghindari suplemen kolagen yang dibuat dari bahan-bahan itu.

Kesimpulan tentang Manfaat Kolagen untuk Kesehatan

Ada berbagai manfaat kolagen untuk kesehatan, termasuk untuk kulit, sendi, tulang, otot, dan jantung.

Manfaat kolagen untuk kulit yaitu untuk membantu memperlambat penuaan kulit dengan mengurangi kerutan dan kekeringan pada kulit.

Manfaat kolagen untuk sendi yaitu dengan membantu mengurangi gejala-gejala osteartritis dan meredakan nyeri sendi secara keseluruhan.

Manfaat kolagen untuk tulang yaitu dengan membantu menghambat kerusakan tulang yang memicu osteoporosis.

Manfaat kolagen untuk otot yaitu dengan membantu meningkatkan massa dan kekuatan otot, terutama pada penderita sarcopenia.

Manfaat kolagen untuk kesehatan jantung adalah dengan memberikan fleksibilitas dan elastisitas bagi arteri, sehingga membantu mencegah aterosklerosis.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat suplemen kolagen untuk kesehatan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga berbagai informasi menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Cleveland Clinic. Collagen. URL: https://my.clevelandclinic.org/health/articles/23089-collagen

Everyday Health. 8 Potential Health Benefits of Collagen — and 1 Thing It Can’t Do. URL: https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/potential-health-benefits-of-collagen-and-thing-it-cant-do/

Healthline. Top 6 Benefits of Taking Collagen Supplements. URL: https://www.healthline.com/nutrition/collagen-benefits

Healthline. What Is Collagen, and What Is It Good For. URL: https://www.healthline.com/nutrition/collagen

About the author

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Kontak penulis...

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}