Manfaat Bayam Merah, Atasi Anemia Hingga Anti-Kanker

468
bayam merah punya manfaat kesehatan
Bayam Merah (Credit: RobinsonThomas / Shutterstock)

Diedit:

Tahukah Anda bahwa bayam merah dianggap sebagai tanaman “nutraceutical”? Jika disebut nutraceutical maka tanaman tersebut bukan hanya berguna sebagai bahan makanan, tetapi juga untuk pencegahan penyakit. Ya, bayam merah punya manfaat cukup besar bagi kesehatan kita. Untuk itu, selain mengulas manfaatnya artikel ini juga akan membahas resep & cara memasak sayur bayam merah agar khasiatnya maksimal.

Sayur bayam sudah biasa kita makan sehari-hari, tapi bagaimana dengan bayam merah? Masih banyak orang yang tidak mengenal bayam merah, dan ada yang justru merasa aneh melihat sayuran berwarna merah ini. Agar semakin mengenal manfaat sayur ini, mari kita cari tahu dulu apa sebenarnya bayam merah itu.

Apa Itu Bayam Merah?

Bayam merah (Amaranthus gangeticus atau Amaranthus tricolor) adalah tumbuhan semusim yang biasanya punya banyak cabang, kuat, tegak dan berbatang kekar, yang bisa tumbuh hingga 125 cm. Bayam merah kadang juga disebut bayam Cina. Tanaman ini banyak tumbuh di wilayah tropis Asia, serta sering dikonsumsi dan dijual di pasar lokal.

Tanaman bayam merah sering dibudidayakan di daerah yang beriklim tropis dan hangat, terutama di Asia, agar daun dan bijinya dapat dimakan. Selain untuk dimakan, bayam merah juga biasa dijadikan tanaman hias dan sering tumbuh di kebun-kebun bunga.

Untuk mendapat manfaat kesehatannya, daun bayam merah bisa dimakan mentah ataupun dimasak terlebih dulu. Rasanya cenderung sama dengan bayam hijau, tetapi memiliki kandungan nutrisi yang lebih padat. Dalam 100 gram daun bayam merah, terdapat 3,5% protein, 0,25% lemak, 6,6% karbohidrat, 24 mg zat besi, 464 mg kalsium, kaya akan vitamin A, serta memiliki kandungan vitamin B1 dan C yang sedang.

Biji dari bayam merah bisa dimakan setelah dimasak. Bijinya sangat kecil, punya diameter sekitar 1 mm. Bijinya bisa dimasak utuh, dan menjadi seperti agar-agar. Tetapi agak sulit untuk mengunyah seluruh biji-biji bayam merah, jadi bisa saja ada sebagian yang ditelan tanpa dikunyah dengan baik.

Bijinya mengandung saponin. Jika ingin menghancurkan kandungan saponinnya, bisa dengan merendam biji-bijinya terlebih dulu selama sedikitnya 12 jam lalu bilas sepenuhnya sebelum dimasak, atau dengan memasak biji-bijinya dalam waktu yang cukup lama.

Baca juga:  Khasiat Sayuran Bayam untuk Kesehatan Manusia
khasiat bayam merah
Bayam Merah (Credit: Picturepartners / Shutterstock)

Tumbuhan ini tidak beracun, tetapi jika ditanam di tanah yang kaya nitrogen, bayam merah bisa mengandung banyak nitrat di daunnya. Ini terutama terjadi pada tanah yang diberikan pupuk kimia. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi sayur bayam merah yang tumbuh secara organik (tanpa pupuk kimia).

Apa Saja Khasiat Bayam Merah?

Telah disinggung bahwa sayur bayam merah mengandung nutrisi yang lebih padat dibandingkan dengan bayam hijau. Namun sayuran ini bukan hanya berguna sebagai sumber nutrisi, karena sebagai tanaman nutraceutical bayam merah tentunya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Manfaat Bayam Merah: Anti Kanker yang Potensial

Sayur bayam merah adalah makanan yang kaya akan kandungan karoten dan sumber dari fitokimia bersifat kemopreventif. Kemopreventif berarti mampu menghambat perkembangan/pertumbuhan kanker serta mampu memperbesar kemungkinan untuk sembuh dan mengurangi rasa sakit yang dirasakan penderitanya.

Penelitian menggunakan ekstrak bayam merah menunjukkan bahwa tanaman ini sanggup menghasilkan efek sitotoksik pada sel-sel kanker. Efek sitotoksik berarti efek yang merusak suatu zat pada sel tertentu, mengakibatkan sel berhenti bertumbuh, membelah, atau dapat mengalami kematian. Walau begitu masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk meneguhkan manfaat anti kanker pada bayam merah.

Khasiat Bayam Merah: Mengatasi Anemia

Di dalam sayur bayam merah terkandung zat besi, vitamin B12, B6, C, asam folat, asam amino, dan glisin. Semua kandungan itu berguna untuk membantu mengatasi masalah anemia akibat kekurangan zat besi dan hemoglobin.

Vitamin B12 dan asam folat merupakan bahan utama untuk membentuk inti sel darah. Asam amino, glisin, dan vitamin B6 diperlukan untuk pembentukan awal heme (komponen dari hemoglobin). Vitamin B12 dan B6 berperan dalam proses sintesis hemoglobin.

Sedangkan vitamin C sangat berperan dalam penyerapan zat besi non-heme, yaitu dengan mengubahnya menjadi bentuk yang mudah diserap tubuh. Dengan begitu, kandungan tinggi zat besi dalam bayam merah dapat lebih mudah diserap oleh tubuh dengan bantuan kandungan vitamin C yang dimilikinya.

Manfaat Bayam Merah: Kaya akan Antioksidan

Antioksidan dari sayuran dapat membantu mengurangi risiko kanker, penyakit kardiovaskular (jantung & pembuluh darah), dan kematian. Kita bisa memperoleh manfaat itu jika mengonsumsi sayur bayam merah yang mengandung antioksidan polifenol tingkat tinggi.

Baca juga:  Ada Racun dalam Bayam? Tenang Saja, Aman!

Khasiat Bayam Merah: Mengendalikan Kolesterol & Gula Darah

Penelitian di laboratorium menggunakan hewan percobaan menunjukkan bahwa pemberian ekstrak bayam merah dapat secara signifikan mengurangi kadar glukosa (gula darah), trigliserida, kolesterol total, LDL, dan VLDL, tetapi menaikkan kadar HDL (kolesterol baik). Hasil penelitian itu menunjukkan potensi bayam merah untuk dijadikan makanan yang baik bagi penderita diabetes atau kolesterol tinggi.

resep & cara memasak bayam merah
Bayam Merah (Credit: JIANG HONGYAN / Shutterstock)

Cara Memasak Bayam Merah untuk Keperluan Kesehatan

Setelah membaca manfaat-manfaat bayam merah di atas, sekarang saatnya untuk mencoba dan merasakan sendiri manfaat sayuran ini. Tapi bagaimana cara memasak bayam merah? Adakah resep bayam merah yang mudah untuk diikuti? Tenang saja, perhatikanlah panduan berikut ini untuk membuat sup bayam merah yang kaya khasiat dan sedap rasanya.

Resep Sup Bayam Merah


Bahan-Bahan:
Bayam merah, 1 ikat.
Wortel, 1 buah.
Bawang merah, 4 siung.
Kencur, 1 cm.
Garam, 1 sdt.
Gula pasir, 1 sdm.
Daun salam, 2 lembar.

Cara Memasak Bayam Merah:
Haluskan kencur, garam, dan bawang merah, lalu rebus bersama dengan daun salam di dalam 500 ml air.
Setelah mendidih, masukkan bayam merah dan gula, kemudian aduk sampai matang.*
Angkat dan sajikan sup bayam.

*) Jangan terlalu lama dimasak dan jangan gunakan api besar agar kandungan bermanfaat di dalam bayam merah tidak hancur dan hilang.

Apakah Anda tertarik untuk mempraktikkan resep & cara memasak bayam merah di atas? Ingatlah bahwa sayuran ini dianggap sebagai nutraceutical yang berarti punya manfaat lebih untuk pencegahan penyakit. Dengan menyertakan bayam merah ke dalam variasi menu sehari-hari, kita dibantu untuk terlindung dari masalah kesehatan seperti anemia, kolesterol, diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

Demikianlah ulasan artikel ini tentang manfaat bayam merah. Semoga informasi ini menambah wawasan Anda terhadap tumbuhan-tumbuhan bermanfaat yang ada di alam nusantara. Nantikan juga ulasan menarik lain seputar tanaman obat, herbal, dan info kesehatan lain hanya di Deherba.com.


Referensi Manfaat Bayam Merah:

Fern, Ken. Tropical Plants Database. Amaranthus Tricolor. URL: http://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Amaranthus+tricolor. Accessed: 2019-06-11

Sani, Huzaimah A, dkk. (2004). Potential Anticancer Effect of Red Spinach (Amaranthus gangeticus) Extract. Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition. (4): 396-400

Muliani, Resty Himma, dkk. (2017). Effect of Consuing Red Spinach (Amaranthus Tricolor L) Extract on Hemoglobin Level In Postpartum Mothers. Belitung Nursing Journal. 3(4): 432-437

Clemente, A Colaco e & Desai, PV. (2011). Evaluation of the Hematological, Hypoglycemic, Hypolipidemic and Antioxidant Properties of Amaranthus Tricolor Leaf Extract in Rat. Tropical Journal of Pharmaceutical Research. 10 (5): 595-602


Advertisement
Alinesia