9 Makanan Pembersih Usus untuk Singkirkan Racun dan Lancarkan BAB


By Cindy Wijaya

Masalah pencernaan banyak dialami oleh orang-orang, dan kebanyakan disebabkan oleh caranya mereka makan serta makanan atau minuman yang mereka konsumsi. Selain itu, tubuh kita terpapar oleh banyak racun dari zat-zat kimia, obat-obatan, hingga pestisida.

Salah satu organ pencernaan yang penting adalah usus. Kesehatan usus berdampak besar pada kesehatan kita secara keseluruhan.

Ketika makanan masuk ke dalam tubuh, sebagian besarnya dicerna di usus kecil, tempat vitamin dan mineral dikeluarkan. Setelah itu, makanan bergerak ke usus besar. Usus besar mengeluarkan air, dan bakteri di usus besar membantu memecah makanan untuk mempersiapkannya dikeluarkan dari tubuh. Usus yang sehat pada dasarnya berfungsi sebagai tim “pembersih” tubuh.

Karena itu kita perlu menjaga kesehatan usus agar fungsi pentingnya tersebut terus berjalan dengan baik. Namun tanpa nutrisi dari makanan yang tepat, usus tidak bisa berfungsi dengan optimal. Artikel ini akan membahas apa saja makanan pembersih usus yang dapat membantu menjaga kesehatannya.

Apa Saja Makanan Pembersih Usus?

Mengonsumsi jenis-jenis makanan tertentu dapat membantu menggerakkan limbah melalui usus besar lalu keluar dari tubuh. Jika Anda membutuhkan diet membersihkan usus, berikut adalah jenis makanan pembersih usus yang bisa dimasukkan ke dalam menu makanan harian:

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat. Orang yang makan paling banyak serat dari sumber nabati seperti kacang-kacangan, 35 persen lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki polip usus besar—gumpalan kecil sel-sel di dinding usus besar yang dapat berkembang jadi kanker. Para peneliti juga mendapati bahwa kacang-kacangan mungkin juga mengandung fitokimia pelindung kanker.

Biji Chia

Hanya makan 2 sendok makan biji chia sudah memberi Anda asupan 10 gram serat, sebanyak 40% dari kebutuhan serat harian. Ada alasannya kenapa Anda perlu memenuhi kebutuhan serat harian. Serat menggerakkan feses melalui usus besar dan membawa bahan kimia beracun dan zat-zat lain seperti kolesterol keluar dari sistem Anda. Nutrisi dalam serat juga dapat memengaruhi usus besar pada tingkat sel untuk menjaganya dari penyakit.

Makanan Fermentasi

Sistem pencernaan kita terdiri dari jaringan luas bakteri menguntungkan yang bertanggung jawab untuk mencerna makanan, menyerap nutrisi, melawan bakteri berbahaya, dan menghilangkan racun. Ketika bakteri ini tidak seimbang, kesehatan pencernaan bisa terganggu dan semakin lama keseimbangan bakteri ini terganggu, semakin parah juga kerusakan yang bisa terjadi.

Untuk membantu mengimbangi kerusakan flora usus yang disebabkan oleh bahan kimia lingkungan dan makanan, obat antibiotik, makanan olahan, dan faktor lainnya, penting untuk mengonsumsi bakteri probiotik dan mengonsumi makanan fermentasi yang kaya probiotik. Ini termasuk tempe, yogurt Greek, kimchi, dan minuman fermentasi seperti teh kombucha dan kefir.

Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Sayuran bedaun hijau gelap seperti bayam dan kale bagus sebagai makanan untuk membersihkan usus dan melindungi saluran pencernaan dari berbagai penyakit. Buah-buahan dan sayuran hijau kaya akan klorofil untuk meningkatkan kesehatna pencernaan dan pembersihan usus setiap hari. Klorofil yang larut dalam lemak menempel pada lapisan dinding usus dan menghambat pertumbuhan bakteri, menghilangkan bakteri busuk dari usus, serta membantu menyembuhkan lapisan lendir saluran pencernaan.

Selain bayam dan kale, sayuran hijau lain juga baik seperti asparagus, kubis, seledri, sawi hijau, sayuran laut seperti rumput laut, daun bawang, kacang polong, dan lobak Swiss semuanya tinggi klorofil, yang bermanfaat sebagai diet membersihkan usus dan meningkatkan kesehatan pecernaan.

Sayuran Kubis-kubisan

Sayuran kubis-kubisan bermanfat untuk membantu pecernaan dan sebagai makanan pembersih usus. Sayuran kubis-kubisan (cruciferous) mengandung 25-40% dari kebutuhan serat harian. Selain itu, berbagai penelitian menunjukkan bahwa kubis-kubisan merupakan agen pelawan kanker yang sangat kuat. Mereka membantu melawan kanker usus, kandung kemih, payudara, ovarium, dan prostat.

Yang termasuk dalam sayuran kubis-kubisan antara lain kubis, brokoli, kembang kol, pakcoy, dan selada air. Masukkanlah berbagai jenis sayuran tersebut ke dalam menu makanan Anda.

Bawang Putih

Rempah ini tidak hanya enak untuk dimasak, tapi juga bermanfaat sebagai makanan untuk membersihkan usus. Bawang putih memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-parasit, yang membantu menghilangkan racun, patogen, dan parasit dari saluran pencernaan, terutama dari usus.

Bawang putih juga bertindak sebagai antioksidan yang membantu mengurangi peradangan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, penyerapan nutrisi makanan, serta pembuangan limbah dan racun.

Alpukat

Buah alpukat kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam membantu melumasi dinding usus. Pada akhirnya itu dapat mencegah racun menempel di dinding usus sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Lemon

Lemon baik untuk makanan pembersih usus karena dapat membersihkan usus dari kotoran yang menumpuk dan bertindak sebagai antiseptik, yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Segelas air lemon setiap pagi dapat membantu detoksifikasi dan membersihkan sistem.

Apel

Apel bagus sebagai diet membersihkan usus bukan hanya karena tinggi serat, tapi juga kaya akan pektin, senyawa karbohidrat yang bertindak sebagai zat pengental di dalam usus. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, pektin dapat membantu membasmi racun yang menumpuk di usus dan memperkuat lapisan usus. Pekin juga membantu menghilangkan logam berat dan racun lain dari tubuh.

Tips Sehat Lain untuk Membersihkan Usus

Di samping mengonsumsi berbagai jenis makanan pembersih usus, ada berbagai tips lain untuk membersihkan usus dengan cara yang sehat dan aman. Berikut adalah tips-tips untuk meningkatkan kesehatan usus Anda:

  • Perbanyak makan buah dan sayuran: Targetkan 8 – 10 porsi buah dan sayuran per hari.
  • Makan serealia utuh: Misalnya ganti nasi putih dengan nasi merah, dan roti putih dengan roti gandum utuh. Anda juga bisa makan oatmeal sebagai sarapan.
  • Minum banyak air: Air penting untuk seluruh fungsi tubuh kita. Gunakan warna urin sebagai patokannya; kalau warnanya gelap, itu berarti Anda butuh minum lebih banyak air.
  • Jangan merokok dan batasi asupan daging merah: Tujuannya untuk mengurangi risiko mengalami kanker usus.

Fokuslah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, kalsium, dan vitamin D. Semua makanan tersebut baik untuk membantu menjaga usus Anda tetap sehat.

Kesimpulan tentang Makanan Pembersih Usus

Apa saja jenis makanan yang bagus untuk diet membersihkan usus? Cobalah untuk memasukkan jenis-jenis makanan pembersih usus ini ke dalam menu makanan Anda: kacang-kacangan, biji chia, makanan fermentasi, sayuran berdaun hijau gelap, sayuran kubis-kubisan, bawang putih, alpukat, lemon, dan apel.

Di samping memperbanyak asupan makanan untuk membersihkan usus tersebut, Anda juga disarankan mengupayakan tips-tips sehat lain: perbanyak makan berbagai buah dan sayuran, makan serealia utuh, minum air yang cukup, jangan merokok dan batasi asupan daging merah.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang berbagai jenis makanan pembersih usus. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Healthline. Can You Use Your Diet to Cleanse Your Colon?. URL: https://www.healthline.com/health/digestive-health/colon-cleanse-diet

The Healthy. 13 Best Foods to Cleanse Your Colon. URL: https://www.thehealthy.com/digestive-health/best-foods-cleanse-your-colon/

Verywell Health. How to Cleanse Your Colon Safely. URL: https://www.verywellhealth.com/how-to-cleanse-your-colonsafely-797406

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}