Langkah Mengobati Sinusitis di Rumah

502

Diedit:

Jika Anda merasa nyeri di sekitar mata atau pipi, hidung tersumbat, serta batuk berkepanjangan, jangan buru-buru anggap sebagai gejala flu biasa. Karena bisa saja apa yang Anda alami adalah gejala sinusitis, yang merupakan infeksi di rongga sinus hidung. Kalau memang menderita sinusitis, apa yang perlu Anda lakukan untuk mengobatinya?

Sinusitis terjadi ketika rongga sinus (rongga yang mengelilingi saluran hidung) mengalami peradangan dan pembengkakan, sehingga menutup saluran dan menyebabkan sinus kesulitan untuk mengeluarkan cairan. Nyeri di sekitar mata atau pipi dapat dirasakan akibat peradangan atau tekanan ketika mukus (lendir) menumpuk di rongga sinus.

Biasanya, mukus yang menumpuk tersebut akan berwarna kuning kehijauan dan kemudian keluar melalui hidung atau turun ke belakang tenggorokan. Selain rasa nyeri di mata dan pipi, rasa nyeri di rahang atas dan gigi juga dapat terjadi.

5 Langkah Mengurangi dan Mengobati Gejala Sinusitis

Kompres dengan Handuk Hangat

Basahi atau celupkan handuk ke dalam air hangat, lalu peras secukupnya. Letakkan handuk yang hangat dan lembap tersebut di sekitar hidung, pipi, dan mata untuk mengurangi rasa nyeri.

Minum Banyak Cairan

Hal ini akan membantu mengencerkan ingus di hidung dan memperlancar pengeluaran cairan dari rongga sinus. Namun perlu diingat bahwa minuman yang mengandung kafein atau alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk pembengkakan sinus. Karenanya, hindari mengonsumsinya sebelum Anda sembuh total.

Hirup Uap dengan Hidung

Letakkan handuk di atas kepala dan hirup uap dari baskom berisi air panas secara perlahan. Jaga posisi wajah Anda tetap di atas uap. Alternatif lain adalah dengan mandi pancuran air hangat dan bernapas dalam udara hangat dan lembap yang dihasilkannya. Hal tersebut akan mengurangi rasa nyeri serta membantu mukus yang menumpuk mengalir keluar dari hidung.

Banyak Istirahat

Dengan cukup istirahat, tubuh dibantu untuk melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan sinusitis.

Tidur dengan Posisi Kepala Tinggi

Hal ini akan membantu sinus mengalirkan cairan keluar dari hidung, sehingga mengurangi hidung tersumbat.

Mengobati Sinusitis dengan Membilas Saluran Hidung

Selain lima langkah di atas, ada satu langkah lagi yang dapat Anda coba untuk mengobati sinusitis yaitu dengan membilas saluran hidung menggunakan alat bilas hidung. Dengan begitu, Anda dapat membilas mukus yang menumpuk dan mengurangi peradangan sinus. Gunakan alat bilas hidung yang berbentuk bulat seperti teko teh dan bercorong panjang. Alat ini bernama neti pot, biasanya tersedia di apotek atau toko peralatan medis. Sebelum menggunakannya, pastikan neti pot tersebut sudah bersih dengan dicuci terlebih dahulu.

Baca juga:  Gejala Sinusitis: Waspadai Tanda-Tandanya

Siapkan larutan air garam yang sudah dididihkan dan didinginkan, dan masukkan ke dalam neti pot. Miringkan kepala Anda lalu berdiri di depan wastafel atau di kamar mandi, letakkan ujung corong neti pot pada satu lubang hidung dan tekan sehingga membuat larutan mengalir ke lubang tersebut. Larutan ini akan melewati serta membersihkan sinus, kemudian keluar melalui lubang hidung yang lain. Lakukan cara ini hanya setelah Anda berkonsultasi dengan dokter.

Jika sinusitis tidak kunjung membaik setelah Anda mempraktekkan langkah mengobati di atas atau jika Anda memiliki riwayat sinusitis berulang/kronis, segera periksakan ke dokter. Ada kemungkinan juga sinusitis yang Anda alami akibat infeksi bakteri, karenanya memerlukan obat antibiotik atau obat lain yang lebih ampuh.

Advertisement
Alinesia