• Home
  • Blog
  • Kurap
  • Kurap: Tinea Versicolor, Bagaimana Cara Mengobati dan Mencegahnya?

Kurap: Tinea Versicolor, Bagaimana Cara Mengobati dan Mencegahnya?


By Fery Irawan

Apa itu Tinea Versicolor? Ini adalah penyakit kurap yang lebih dikenal dengan sebutan panu. Penyakit ini seringkali terjadi pada leher dan punggung, penderitanya kebanyakan remaja ataupun orang dewasa. Panu dapat kambuh terutama pada saat Anda berada dalam lingkungan yang lembab dan hangat. Sewaktu dalam masa pengobatan bekas pigmentasi atau perubahan warna tidak akan segera hilang, butuh waktu beberapa minggu hingga bercak warna hilang sepenuhnya.

Penyebab Tinea Versicolor

Penyebab utama dari panu ini ialah infeksi jamur Malassezia globosa, jamur ini dapat bertumbuh pada tubuh orang yang memiliki kulit berminyak dan mudah berkeringat. Perubahan hormon dan melemahnya sistem kekebalan tubuh juga bisa memicu pertumbuhan jamur dengan cara yang tidak terkendali. Panu lebih sering dialami oleh orang yang berketombe atau menderita penyakit Seborrheic dermatitis, begitupula jika suhu tubuh Anda meningkat, walau tidak berkeringat.

Gejala Tinea Versicolor

Gejala panu sudah sangat umum diketahui oleh kebanyakan orang, misalnya timbul bercak berwarna putih yang disertai dengan rasa gatal, terutama saat sedang berkeringat. Infeksi tidak hanya menyerang leher atau punggung, area lainnya seperti dada, lengan, perut, kaki, ketiak, dan lipatan paha juga dapat terkena panu. Panu tidak sama dengan munculnya jerawat, karena bercak putih yang timbul tidak disertai dengan benjolan dan hanya terasa gatal saat berkeringat saja.

Bercak warna juga tidak selalu berwarna putih, karena ini bergantung pada pigmen warna kulit seseorang, bercak dapat berwarna merah muda dan cokelat. Pertumbuhan bercak ini cukup lambat disertai dengan sisik, bercak panu akan sangat terlihat ketika terkena sinar matahari. Jika kondisi Anda memburuk, seperti meluasnya bercak panu, kambuhnya infeksi jamur, atau tidak ada perubahan setelah melakukan perawatan rutin, sebaiknya segera hubungi dokter.

Pengobatan Tinea Versicolor

Pengobatan panu dapat dilakukan dengan pemakaian obat oles seperti krim atau salep yang mengandung Selenium sulvida 2,5%. Perawatan lainnya dapat dilakukan dengan Ketoconazole, Ciclopirox olamine, Clotrimazole, Miconazole atau Terbinafine, Hidrogen peroksida, Klotrimazol (1%), dan beberapa obat yang diminum berdasarkan petunjuk dokter. Saat menjalani pengobatan biasanya membutuhkan waktu lebih dari 1 minggu. Jika kambuh dapat diatasi dengan tea tree oil.

Pencegahan Tinea Versicolor

Cegah panu dengan menjaga kebersihan tubuh dan pakaian, hindari memakai pakaian bekas orang lain atau meminjam pakaian orang lain—termasuk handuk dan sabun. Sewaktu Anda hendak mandi, sebaiknya biarkan keringat menguap terlebih dahulu, agar jamur tidak berkembang. Obat-obat yang digunakan selama masa pengobatan juga sering diberikan dokter guna menghindari kambuhnya panu, ini meliputi sampo yang mengandung Selenium sulvida (2,5%), tablet atau kapsul Itrakonazol yang diminum, dan krim ketoconazole. Adakalanya Anda perlu melakukan pemeriksaan berkala khususnya bila reaksi alergi muncul.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}