Kurap: Tinea Manuum dan Unguium, Bagaimana Cara Mengobati dan Mencegahnya?

568

Diedit:

Apa itu Tinea Manuum? Ini adalah penyakit kurap yang menyerang bagian tangan pengidapnya. Sedangkan, bila ada pada bagian kuku disebut juga Tinea Unguium. Kurap tangan lebih berbahaya dibandingkan jenis kurap pada kaki, bagaimana mungkin? Karena, kurap pada tangan dapat perlahan-lahan memperluas pengelupasan kulit dan lebih sering terjadi dari pada bagian lainnya. Kurap kuku jarang sekali mengganggu, kecuali jika ini menimbulkan rasa sakit dan penebalan kuku.

Penyebab Tinea Manuum dan Unguium

Kurap pada tangan terjadi karena infeksi jamur Trichophyton rubrum, Trichophyton mentagrophytes (interdigitale), dan Epidermophyton floccosum. Penularannya masih sama seperti jenis kurap lainnya, yaitu kontak langsung ataupun tidak langsung dengan pasiennya. Biasanya kurap tangan hanya menimpa sebagian lengan dari penderitanya, khususnya jika ia memiliki gejala hyperhidrosis (keringat berlebih).

Kurap kuku terjadi karena infeksi jamur (Dermatophytes), Candida, dan jamur selain Dermatophytic, seperti; Scytalidium (Neoscytalidium), Scopulariopsis, dan Aspergilluskurap pada kuku disebut juga onikomikosis, ini juga terjadi pada orang yang tangannya sering terendam air atau melakukan kegiatan yang berkaitan dengan air dalam waktu yang cukup lama.

Gejala Tinea Manuum dan Unguium

Kurap pada tangan menyebabkan ruam yang disertai dengan lepuhan pada sela-sela jari atau telapak tangan. Lepuhan ini berisi cairan bening yang kental disertai gatal dan rasa seperti terbakar. Kurap kuku ditandai dengan munculnya bercak atau noda berwarna hitam, kuning, cokelat, atau hijau pada kuku—noda ini tidak hanya ditemukan pada satu kuku saja.

Kuku terlihat keruh atau kusam, rapuh, berubah bentuk, timbul penebalan pada lapisan kuku, bahkan terlepasnya kuku dari tempatnya. Kurap kuku juga ditandai dengan rasa nyeri pada jari-jari kaki maupun ujung jari, dan disertai dengan sedikit bau busuk. Jika Anda mengidap diabetes dan mengalami gejala demikian hendaknya memeriksanya ke dokter.

Baca juga:  Kurap: Tinea Pedis, Bagaimana Cara Mengobati dan Mencegahnya?

Pengobatan Tinea Manuum dan Unguium

Kurap tangan dapat diatasi dengan anti jamur, berupa obat yang dioles dan obat yang diminum, seperti; griseovulvin, terbinafine maupun itraconazole. Pengobatan untuk kurap kuku juga sama dengan kurap tangan, hanya saja lebih spesifik dengan pemberian cat kuku khusus untuk pengobatan yang disebut ciclopirox (Penlac). Jika memang dibutuhkan, Anda dapat melakukan pembedahan untuk mencabut kuku dan terapi laser karbon dioksida—proses ini bisa jadi menyakitkan.

Pencegahan Tinea Manuum dan Unguium

Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan pribadi dan menghindari kontak fisik dengan pasien yang mengidap penyakit ini. Untuk kurap kuku diperlukan perawatan rutin seperti memotong kuku dan membersihkan area disekitarnya. Anda juga dapat menjemur sepatu yang sedang tidak digunakan dan menyimpannya ditempat yang kering, jika sepatu memiliki usia yang cukup lama sebaiknya dibuang saja. Hindari menutup kurap kuku dengan cat kuku biasa.

Advertisement
Alinesia