• Home
  • Blog
  • Kurap
  • Kurap: Tinea Pedis, Bagaimana Cara Mengobati dan Mencegahnya?

Kurap: Tinea Pedis, Bagaimana Cara Mengobati dan Mencegahnya?


By Fery Irawan

Apa itu Tinea Pedis? Ini adalah penyakit kurap yang menyerang bagian kaki pengidapnya. Kurap pada kaki disebut juga athlete’s foot, ini merupakan penyakit kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur. Pertumbuhan kurap kaki dapat sangat cepat terutama pada kondisi lingkungan yang lembab. Pemandian air panas memiliki potensi penularan kurap kaki. Baik orang yang gemar telanjang kaki atau menggunakan sepatu saat berjalan juga cenderung mengalami kondisi serupa.

Penyebab Tinea Pedis

Jamur yang menyebabkan penyakit kurap kaki ialah Trichophyton rubrum atau Trichophyton mentagrophytes, namun jamur jenis Epidermophyton floccosum juga dapat dicurigai sebagai penyebab lainnya. Penyebaran penyakit dapat melalui kontak langsung maupun tak langsung, melalui pakaian atau handuk yang terkena keringat pengidapnya.

Sekitar 15% populasi dunia mengalami hal ini, jamur ini tidak hanya terdapat pada kaki, ia akan menjalar dan mencari bagian tubuh yang tetap hangat dan lembab seperti selangkangan. Hal ini dapat terjadi saat Anda menggaruk area yang terinfeksi jamur pada kaki, jamur akan terselip pada sela-sela jari tangan dan tanpa sengaja akan menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti kuku atau selangkangan. Penyakit ini sering dialami pria yang sistem kekebalan tubuhnya lemah.

Gejala Tinea Pedis

Kurap kaki diawali dengan ruam kulit berwarna merah yang disertai dengan timbulnya sisik putih dan gatal setelah melepas sepatu maupun kaus kaki. Terkadang muncul semacam bisul kecil dan luka pada area yang terinfeksi. Banyak orang salah mengiranya sebagai eksim atau kondisi kulit kering biasa.

Pada kasus kurap yang dikarenakan oleh Trichophyton mentagrophytes, biasanya menyebabkan pecah-pecah pada kulit kaki, pengerasan jaringan kulit kaki, dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Infeksi lanjutan juga dapat terjadi karena bakteri Streptococcus pyogenes atau Staphylococcus aureus yang ditandai dengan timbulnya lepuhan pada telapak kaki.

Jenis komplikasi lainnya disebut juga onikomikosis (jamur kuku atau Tinea Unguium) dan selulitis (infeksi bakteri). Jika terjadi diselangkangan disebut juga Tinea cruris. Sebaiknya segera hubungi dokter bila Anda memiliki penyakit diabetes, ruam yang semakin parah, dan bengkak yang disertai dengan demam.

Pengobatan Tinea Pedis

Jika kondisi kurap kaki cukup ringan, ini dapat diatasi dengan krim, lotion, salep, bedak, atau seprotan yang dijual bebas. Selain obat-obatan oles ada pula obat yang harus di konsumsi, jika kondisi pasien tak kunjung sembuh dapat meminta resep obat yang lebih kuat atau obat anti jamur pada dokter, beritahu dokter jika Anda memiliki alergi sebelum dan sesudah menggunakan obat yang disarankan.

Pencegahan Tinea Pedis

Hindari meminjamkan barang pribadi termasuk sepatu! Ganti kaus kaki setiap kali merasa basah, hindari menggunakan sepatu yang sama dalam periode 1 minggu, gunakan sepatu yang memiliki ventilasi udara yang baik, sedapat mungkin biarkan kaki Anda mendapatkan cukup udara, gunakan sandal di tempat umum, dan berikan bubuk anti jamur sebelum memakai sepatu.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}