• Home
  • Blog
  • Kayu Manis
  • Khasiat Kayu Manis untuk Wanita: Redakan Nyeri Haid, Bantu Atasi PCOS, dan Lainnya

Khasiat Kayu Manis untuk Wanita: Redakan Nyeri Haid, Bantu Atasi PCOS, dan Lainnya


By Cindy Wijaya

Kayu manis adalah rempah yang memiliki banyak khasiat kesehatan. Bagi para wanita, kayu manis tampaknya memberikan sejumlah manfaat khusus. Apa saja khasiat kayu manis untuk wanita?

Dalam artikel ini akan dikupas beberapa diantaranya, yaitu bagi wanita yang sering mengalami nyeri haid, bagi wanita penderita PCOS, bagi wanita dengan kolesterol tinggi, dan bagi wanita penderita diabetes.

Di bagian akhir artikel juga akan diberikan resep cara membuat teh kayu manis agar Anda mendapatkan manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

Khasiat Kayu Manis untuk Wanita yang Menstruasi

Kayu manis mengandung minyak atsiri cinnamaldehyde dan eugenol. Cinnamaldehyde memiliki khasiat anti-spasmodik dan eugenol dapat mengurangi peradangan. Juga terdapat kandungan berbagai vitamin seperti vitamin A, thiamin, riboflavin, dan asam askorbat.

Semua kandungan tersebut diduga berperan dalam khasiat kayu manis untuk wanita yang sedang menstruasi. Anda bisa menggunakan kayu manis untuk meredakan nyeri, kram, mual, muntah, dan perdarahan berlebihan yang terjadi selama masa haid.

Telah dilakukan penelitian yang dimuat dalam Iranian Red Crescent Medical Journal Volume 17, Issue 4. Sebanyak total 76 partisipan wanita penderita dismenore primer dilibatkan, dengan 38 partisipan diberikan kapsul plasebo (obat kosong) dan 38 partisipan lain diberikan kapsul kayu manis.

Dismenore primer adalah nyeri berlebihan yang terjadi selama periode menstruasi, tetapi tidak disebabkan oleh masalah pada organ reproduksi. Selain rasa nyeri, dismenore juga mungkin menimbulkan gejala mual dan muntah, diare, perut kembung, sakit kepala, pusing, dan lemas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan yang diberikan kayu manis secara signifikan berkurang rasa nyeri, perdarahan, mual, dan muntahnya, tanpa efek samping.

Dari hasil ini, para peneliti menyimpulkan bahwa kayu manis bisa digunakan sebagai obat alami yang aman dan efektif untuk dismenore pada wanita.

Khasiat Kayu Manis untuk Wanita dengan PCOS

Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) adalah gangguan hormon yang dapat dialami oleh wanita usia subur. PCOS terkait dengan kelebihan hormon insulin, yang menyebabkan peningkatan hormon maskulin dan penurunan sensitivitas insulin.

PCOS juga dapat menyebabkan penderitanya mengalami ketidaksuburan, lebih riskan mengalami diabetes dan tekanan darah tinggi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis sebagai suplemen dapat memperbaiki siklus menstruasi dan dapat menjadi pilihan pengobatan yang efektif untuk wanita dengan PCOS. Khasiat kayu manis untuk wanita dengan PCOS diduga berasal dari efeknya pada peningkatan sensitivitas insulin.

Misalnya pada penelitian yang dimuat dalam Reproductive Biology and Endocrinology Volume 16, Issue 1, didapati efek ekstrak kayu manis dalam mengembalikan siklisitas, menurunkan testosteron, dan meningkatkan sensitivitas insulin pada hewan percobaan yang memiliki PCOS. Karena itu para peneliti menyimpulkan bahwa kayu manis dapat menjadi pengobatan yang potensial untuk PCOS.

Khasiat Kayu Manis untuk Wanita Penderita Diabetes

Kayu manis memiliki efek anti-diabetes yang kuat untuk menurunkan kadar gula darah. Rempah ini tampaknya bekerja dengan cara yang mirip dengan insulin, hormon yang bertanggung jawab mengeluarkan gula dari aliran darah untuk masuk ke jaringan-jaringan tubuh. (Sumber: Journal of the American College of Nutrition Volume 20, Issue 4).

Selain itu, kayu manis juga mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar gula darah melalui penurunan resistensi insulin, sehingga meningkatkan sensitivitas insulin.

Kayu manis juga dapat membantu memperlambat pemecahan karbohidrat di usus, yang mencegah kadar gula darah Anda melonjak setelah makan.

Sebagian besar penelitian mendapati bahwa khasiat ini dapat terlihat jika mengonsumsi 120 mg sampai 6 g kayu manis bubuk. Namun, ada bukti bahwa teh kayu manis juga memberikan khasiat penurun gula darah.

Khasiat Kayu Manis untuk Wanita Penderita Kolesterol Tinggi

Kayu manis kaya akan kandungan polifenol yang memiliki efek positif terhadap kadar kolesterol dalam darah.

Sejumlah penelitian telah menyelidiki keefektifan kayu manis dalam menurunkan kadar kolesterol dan trgliserida pada penderita diabetes tipe 2. (Sumber: International Journal of Preventive Medicine Volume 3, Issue 8)

Suatu ulasan ilmiah pada tahun 2016 terhadap 13 penelitian dilakukan untuk menentukan apakah suplemen kayu manis memang punya khasiat untuk kolesterol. Para peneliti lalu menyimpulkan bahwa, dari berbagai penelitian itu, kayu manis secara signifikan menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol ‘jahat’ LDL, dan trigliserida. (Sumber: Journal of Clinical Lipidology Volume 11, Issue 6)

Pengingat: Batasi Konsumsi Kayu Manis

Meski punya banyak manfaat, jangan minum teh kayu manis seara berlebihan. Karena bisa menimbulkan efek samping seperti kadar gula darah terlalu rendah, kerusakan liver, reaksi alergi, dan masalah pernapasan.

Batasi konsumsi kayu manis tidak lebih dari 0,1 mg per kg berat badan dalam sehari. Ini kurang-lebih setara dengan 1 sendok teh kayu manis per hari.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang khasiat kayu manis untuk wanita. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}