Khasiat Kayu Manis bagi Kesehatan


By Cindy Wijaya

Khasiat kayu manis bagi kesehatan manusia itu sudah bukan rahasia umum lagi. Walaupun mungkin sebelumnya Anda masih belum mengetahui tentang hal ini, tetapi sekarang Anda akan mengetahuinya, karena akan kami bagikan informasi terkait itu semua. Dengan begitu, Anda jangan ragu untuk konsumsi kayu manis lagi.

Tentunya kayu manis merupakan bahan alami khas dari negara Indonesia, sehingga dengan tidak langsung Anda tidak perlu bersusah payah ketika mencari bahan herbal yang satu ini. Walaupun begitu, di beberapa negara lain di dunia juga ada berbagai jenis kayu manis yang berbeda juga. Mari baca selengkapnya mengenai khasiat kayu manis.

Jenis-Jenis Kayu Manis

Sebelum membahas lebih jauh mengenai khasiat kayu manis, mari mengenali terlebih dahulu jenis-jenis kayu manis yang ada. Terdapat beberapa macam kayu manis yang cukup sering dimanfaatkan. Adapun kayu manis tersebut antara lain Cassia, Saigon dan Ceylon. Apabila Anda ingin jenis kayu manis yang lembut dan manis, adapun jenis tersebut adalah jenis Ceylon. Ceylon memiliki rasa yang lebih manis dan bertekstur lebih lembut, dengan warna cokelat muda.

Sementara itu, untuk jenis Cassia, kayu manis ini memiliki warna coklat tua ke arah gelap, tekstur lebih keras serta rasanya juga kurang manis, apabila dibandingkan dengan Ceylon. Sementara itu, untuk jenis kayu manis Saigon, merupakan kayu manis yang berasal dari famili Cassia, tetapi memang harganya lebih mahal, dengan rasa yang sedikit lebih manis.

Khasiat Kayu Manis sebagai Bahan Pengobatan

Khasiat kayu manis sudah dikenal sejak lama, kayu manis untuk pengobatan sudah dilakukan sejak jaman dahulu kala, di berbagai negara. Anda dapat menemukan istilah kayu manis di dalam buku catatan medis China pada tahun 2700 SM, selain itu negara Mesir pun juga sudah mengolah khasiat kayu manis untuk pengobatan, selain itu juga negara Mesir memanfaatkan kayu manis untuk dibuat sebagai bahan penyedap minuman.

Sejak abad pertengahan, kayu manis yang merupakan jenis rempah-rempah ini sudah terkenal di mata orang Eropa – Bahkan kayu manis termasuk kategori produk perdagangan utama di negara Eropa. Negara Indonesia sendiri merupakan negara produsen kayu manis dengan jenis Cassia, selain negara China dan Vietnam.

Cara Penyimpanan Kayu Manis

Untuk memperoleh khasiat kayu manis, Anda juga tidak boleh lupa menyimpannya dengan tepat, sehingga kayu manis tersebut tidak akan rusak. Wadah kedap udara penting untuk Anda gunakan jika Anda hendak menyimpan kayu manis, jadi hampir sama dengan jenis rempah yang lain. Kayu manis batangan jika disimpan dengan tepat, akan bisa bertahan bahkan hingga 1 tahun lamanya, khasiat kayu manis akan terus bisa Anda peroleh selama itu.

Namun akan berbeda halnya untuk kayu manis yang telah dihaluskan. Kayu manis yang telah dihaluskan itu akan kehilangan rasanya sesudah beberapa bulan disimpan, tetapi untuk khasiat kayu manis tersebut mungkin tetap ada walaupun tidak sebaik yang fresh.

Khasiat Kayu Manis bagi Kesehatan

Sekarang mari berbicara tentang khasiat kayu manis bagi kesehatan. Kayu manis telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan Ayurveda dan China, khususnya untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, flu, juga gangguan seperti kram. Selain itu kayu manis pun juga dipercaya dapat meningkatkan vitalitas, energi serta sirkulasi darah.

Untuk khasiat kayu manis yang satu ini, mungkin terjadi karena senyawa kimia yang cukup banyak difokuskan oleh berbagai penelitian yakni cinnamaldehyde. Senyawa yang bernama cukup unik ini yang akan menciptakan rasa manis di kayu manis yang Anda konsumsi tersebut. Untuk lebih mendetail, berikut khasiat kayu manis untuk kesehatan:

  • Arthritis

    Khasiat kayu manis yang pertama yaitu untuk menyembuhkan penyakit Arthritis. Kayu manis dipercaya bisa mengurangi kadar asam urat, di mana ekstrak kayu manis Cassia merupakan yang benar-benar efektif dalam menekan enzim yang menjadi penyebab produksi dari asam urat. Kayu manis dikombinasikan dengan madu juga dapat membantu menyembuhkan Arthritis. Selanjutnya mari berlanjut ke khasiat kayu manis yang ke 2.

  • Kesehatan Jantung

    Membantu menjaga kesehatan jantung merupakan khasiat kayu manis yang kedua. Berdasarkan penelitian, disebutkan juga kayu manis itu bisa membantu mengurangi lipid, selain itu juga mempunyai sifat anti inflamasi dan platelet. Berdasarkan penelitian, disebutkan juga seseorang cukup mengkonsumsi sekitar kayu manis 6 gram per harinya, maka dapat mengurangi serum glukosa, Trigliserida, dan juga total kolesterol jahat di tubuh orang tersebut. Ini merupakan khasiat kayu manis yang sangat dicari-cari oleh banyak orang, mungkin termasuk Anda juga.

  • Perut Kembung dan Sakit Perut

    Khasiat kayu manis juga untuk menyembuhkan perut kembung dan sakit perut. Jika Anda sering mengalami kedua macam penyakit ini, maka tidak ada salahnya Anda mencoba kayu manis. Untuk pengobatan sakit perut, Anda dapat mencampur kayu manis dengan madu. Campuran ini juga akan membantu Anda dalam membersihkan perut dan menyembuhkan bisul hingga akar-akarnya. Khasiat kayu manis untuk perut kembung pun juga hampir sama, kayu manis tersebut dicampurkan bersama madu. Bahkan untuk yang satu ini, penelitian juga sebelumnya pernah dilakukan oleh negara Jepang dan India, gas dalam perut bisa dikurangi dengan campuran ini.

Kayu manis memang merupakan salah satu jenis rempah yang bisa digunakan untuk manfaat kesehatan, selain untuk urusan dapur. Rempah serba guna ini biasanya dapat dengan mudah diperoleh di Indonesia, jadi tidak ada halangan bagi Anda untuk mencoba memanfaatkannya, bukan?

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}