Blog Herbal No. 1 Indonesia

Kerja Sehat, Kerja dari Rumah, Apa Pilihan Terbaiknya?


By Cindy Wijaya

Konsep kerja dari rumah tidak pernah sepopuler sekarang, terutama setelah beberapa tahun terakhir pandemi. Lebih dari 50% karyawan di seluruh dunia bekerja dari jarak jauh setidaknya sekali seminggu, dan popularitas pekerjaan jarak jauh telah meningkat pesat.

Kini ada macam-macam pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah, berkat ketersediaan teknologi yang lebih baik dan akses internet yang cepat. Lebih banyak perusahaan juga sekarang menerima bahwa banyak dari pekerjaan mereka tidak memerlukan bekerja di kantor.

Bekerja dari rumah juga memiliki berbagai keuntungan dibandingkan bekerja di kantor. Salah satunya Anda jadi lebih bisa menjaga kesehatan karena risiko tertular penyakit berkurang dan lebih mudah untuk mengonsumsi makanan sehat karena dimasak sendiri di rumah. Ditambah lagi, dengan fleksibilitas waktu kerja, Anda juga punya lebih banyak waktu luang untuk berolahraga secara rutin.

Bagi Anda yang sedang mencari pilihan pekerjaan dari rumah, baik sebagai pekerjaan utama ataupun sampingan, artikel ini akan membahas sejumlah pilihan terbaik yang bisa dipertimbangkan.

Penulis

Penulis akan selalu dibutuhkan karena setiap industri membutuhkan bahan tertulis. Dan ketika Anda hanya membutuhkan PC atau laptop untuk menyelesaikan pekerjaan, itu berarti menulis adalah pilihan yang sangat cocok untuk kerja online dari rumah.

Ada beberapa jenis pilihan pekerjaan menulis. Copywriting adalah pilihan utama bagi Anda yang ingin menggunakan keahlian Anda untuk menghasilkan uang di industri periklanan dan pemasaran. Anda yang punya bakat jurnalistik dapat beralih ke penulisan laporan, ulasan produk, atau blogging, serta editor dan proofreader selalu diperlukan untuk memoles hasil tulisan.

Di luar pekerjaan menulis yang umum itu, Anda juga bisa bekerja untuk penulisan teknis, penulisan untuk organisasi meids, nirlaba, dan transkripsi. Singkatnya, Anda bisa memiliki kerja sampingan di rumah bila Anda menguasai kata-kata tertulis dengan baik.

Anda bisa membaca caranya menjadi penulis lepas yang profesional di website Saungwriter.com. Di website itu juga tersedia banyak artikel lain yang membahas seputar pekerjaan penulisan, seperti contoh artikel website, cara riset keyword, hingga caranya mendapatkan klien.

Fotografer

Ini adalah pilihan kerja dari rumah terbaik lainnya untuk Anda yang kreatif dan penggemar fotografi. Jika Anda memiliki ruang kosong di rumah, maka relatif mudah untuk mengubahnya menjadi studio fotografi dan video.

Ada fotografi potret, yang selalu diminati oleh keluarga yang ingin mengabadikan momen spesial. Selain itu, fotografer yang kerja dari rumah juga dapat menjual gambar-gambar mereka secara online di situs stok foto. Bila Anda memiliki peralatan dan keterampilan yang memadai, Anda akan sangat mudah untuk mencari nafkah sebagai fotografer di rumah.

Anda bisa membaca tips-tips untuk menjadi fotografer lepas yang sukses di Enviragallery.com. Blog ini juga membahas berbagai tips, tutorial, dan sumber daya fotografi digital, yang tentunya akan bermanfaat bagi Anda yang ingin menekuni dunia fotografi digital.

Guru Privat/Tutor

Kemajuan teknologi dan dibarengi dengan lebih banyaknya orang yang tinggal di rumah membuat pembelajaran tidak lagi hanya dilakukan di ruang kelas atau ruang kuliah. Anda bisa menemukan pekerjaan sebagai pengajar di internet dengan memberikan pelajaran melalui Zoom, Skype, atau platform video lainnya.

Jika Anda memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam bidang pelajaran tertentu, maka Anda bisa menjadikan diri sebagai pengajar atau guru privat online. Akan lebih baik lagi bila Anda sudah punya pengalaman mengajar. Ada banyak permintaan untuk guru privat bahasa Inggris, dan orang-orang yang bisa mengajar Matematika dan IPA selalu populer di kalangan orang tua.

Pilihan kerja sampingan di rumah ini cocok bagi mahasiswa, guru, ataupun ahli/orang yang berprofesi dalam bidang tertentu.

Anda bisa bergabung menjadi guru les privat melalui platform Teman Belajar. Teman Belajar adalah sebuah platform layanan yang memudahkan pencarian murid maupun guru les privat.

Platform ini menawarkan berbagai jenis les privat, baik untuk mata pelajaran dari SD sampai SMA/sederajat, les SBMPTN, hingga menyediakan les untuk mengasah keterampilan seperti les olahraga, bahasa asing, hingga komputer.

Animator

Animator membuat klip animasi untuk video web, iklan, materi pendidikan, video game, dan lainnya. Animasi adalah pekerjaan kompleks yang membutuhkan pengalaman bertahun-tahun dan pemahalaman mendalam tentang proses produksi.

Namun, karena semua alat animasi berbasis komputer, animator dapat kerja online dari rumah mereka sendiri untuk studio atau untuk klien mereka.

Animator biasanya adalah spesialis 2D atau 3D, tapi beberapa bisa melakukan keduanya. Karena ada begitu banyak jenis animasi dan begitu banyak tingkat keterampilan, bayaran untuk pekerjaan animasi bisa sangat bervariasi.

Tips-tips seputar caranya menjadi animator untuk pemula dapat dibaca di GraphicMama.com. Dalam artikel tersebut Anda akan menemukan berbagai kursus online yang dapat diikuti untuk mempelajari pembuatan animasi.

Penerjemah

Penerjemah mengambil audio atau teks tertulis dalam satu bahasa dan menerjemahkannya ke dalam bahasa lain. Untuk menjadi seorang penerjemah, Anda harus menguasai tidak hanya satu bahasa, tapi minimal dua. Tanpa kemampuan bahasa yang mumpuni dalam kedua bahasa tersebut, Anda tidak bisa menerjemahkan informasi tanpa kehilangan atau mengubah makna aslinya.

Meskipun ada peralatan online seperti Google Translate yang dapat menerjemahkan teks untuk Anda, namun alat itu jauh dari sempurna dan tidak cocok untuk penerjemah manusia. Penerjemah bahkan diperlukan (dalam beberapa kasus) untuk menerjemahkan pidato dalam pertemuan online antara orang-orang dari negara yang berbeda.

Banyak penerjemah dapat kerja online dari rumah dan tetap terhubung dengan atasan mereka melalui email dan software konferensi video.

Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang punya kemampuan dua bahasa atau lebih, baik kemampuan menulis, membaca, atau berbicara. Lebih baik lagi jika fasih dalam berbagai tingkatan bahasa. Misalnya tingkat dasar, percakapan, formal, hingga bisnis.

Anda bisa membaca caranya menjadi penerjemah freelance (lepas) dalam situs web SociaBuzz GIGS. Situs web ini juga menjadi platform untuk Anda mendaftar sebagai penerjemah dan mempertemukan Anda dengan calon klien secara langsung.

Content Creator

Content creator adalah orang yang berprofesi membuat materi kontek, baik berupa tulisan, gambar, video, suara, maupun gabungan dari dua atau lebih materi. Konten-konten yang dibuat oleh content creator biasanya dimuat dalam platform digital, seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan lain sebagainya.

Topik-topik yang dipilih oleh content creator juga sangat bervariasi, mulai dari fashion, kecantikan, kuliner, hingga vlog sehari-hari. Profesi ini tidak lepas dari kemajuan teknologi dan dengan semakin terbukanya akses informasi, Anda bisa menjajal profesi ini sebagai kerja sampingan di rumah.

Untuk menjadi seorang content creator, Anda dituntut untuk punya ide-ide orisinil agar bisa menghasilkan materi baru yang berbeda tetapi tetap bisa diterima oleh masyarakat. Konten yang Anda buat pun diharapkan bisa menjadi trend-setter. Selain itu juga dibutuhkan kemampuan dan keterampilan yang mumpuni dalam hal menulis, mengambil foto, merekam video, maupun mengedit video.

Pilihan kerja dari rumah ini cocok bagi Anda yang punya jiwa kreatif, memiliki keterampilan tertentu, kemampuan riset yang baik, punya kemampuan komunikasi, mampu multitaksing, menguasai peralatan pendukung, dan SEO.

Anda bisa mengetahui lebih banyak seputar kunci sukses menjadi content creator di situs web Glints.com. Situs web ini sekaligus menjadi marketplace untuk menemukan ratusan peluang karier content creator yang sedang dibuka perusahaan-perusahaan besar.

Web Developer

Web developer merancang dan membangun situs web. Sementara banyak web developer bekerja untuk perusahaan pemasaran atau organisasi besar yang memiliki banyak situs web, namun web developer juga dapat bekerja secara lepas karena layanan mereka sangat diminati.

Web developer bukanlah pekerjaan tingkat pemula karena Anda membutuhkan pengalaman dan pelatihan untuk menyelesaikan proyek ke tingkat yang memuaskan. Namun ini adalah salah satu pilihan pekerjaan dari rumah yang bergaji tinggi.

Anda yang berminat untuk menjadi web developer tetapi masih bingung harus mulai dari mana, bisa membaca panduan menjadi web developer untuk pemula di situs web Hostinger.co.id.

Penjual Stok Foto

Stok foto yang profesional sangat dibutuhkan untuk berbagai macam kebutuhan. Misalnya untuk ilustrasi artikel, brosur, iklan, dan lain sebagainya.

Jika Anda punya stok foto yang keren, Anda bisa coba jual secara online. Anda hanya perlu memasukkannya ke platform tempat jual foto online atau bisa juga membuat website sendiri.

Foto Anda bisa dibeli atau dilisensikan oleh siapapun di dunia ini. Karena itu Anda bisa menetapkan harga jual dengan kurs dollar.

Pilihan kerja sampingan di rumah ini cocok buat Anda yang punya minat dan bakat pada fotografi dan memiliki kemampuan edit foto yang baik.

Ada banyak sekali platform yang memungkinkan Anda untuk menjual foto. Blog Niagahoster sudah menyortir sejumlah platform atau situs web stok foto yang terpercaya.

Asisten Virtual

Para eksekutif dan orang-orang yang sibuk dan berpenghasilan tinggi umum memiliki asisten pribadi. Banyak dari peran itu sekarang dapat dilakukan dari jarak jauh. Jadi ini adalah kesempatan bagi siapa saja yang menginginkan pekerjaan dari rumah.

Asisten virtual biasanya digunakan untuk menangani tugas administratif yang memakan waktu yang mungkin tidak ingin ditangani sendiri. Ini secara rutin mencakup menajemen email dan panggilan telepon, penjadwalan, mengatur perjalanan, dan mengurus profil media sosial klien.

Banyak asisten virtual melakukan lebih dari hal-hal itu juga. Banyak dari mereka melakukan tugas pembukuan dasar, melakukan riset untuk klien mereka dan bahkan menyusun artikel, membantu mengoreksi, dan membuat materi pemasaran.

Tugas yang akan Anda tangani bergantung pada pendidikan, pengalaman kerja sebelumnya, dan keterampilan Anda, dan mudah untuk mendapatkan kursus pelatihan dan sertifikasi yang dapat menunjukkan kompetensi Anda—berguna untuk membuktikan kemampuan Anda kepada calon bos.

Tetapi jika Anda memiliki keterampilan organisasi, komunikasi, dan manajemen waktu yang baik, Anda sudah memiliki banyak kemampuan yang dibutuhkan untuk berhasil dalam pekerjaan ini. Peran asisten virtual ideal bagi siapa saja yang menginginkan pekerjaan yang bervariasi dan fleksibel yang dapat mereka tangani tanpa meninggalkan rumah.

Bagi Anda yang berminat untuk menjadi asisten virtual namun masih bingung dengan tugas, cara kerja, dan keterampilan yang dibutuhkan, bisa melihat panduannya di situs web Glints.com.

Customer Service

Jika Anda memiliki komputer, koneksi internet yang andal, dan keterampilan komunikasi yang sangat baik, maka Anda akan dengan mudah dapat menemukan pekerjaan sebagai agen customer service di setiap industri yang memungkinkan.

Posisi ini tidak membutuhkan banyak kualifikasi, sehingga lebih banyak orang dapat bekerja dalam peran ini. Dan jika Anda punya pengetahuan teknis, Anda juga dapat bekerja sebagai spesialis technical support dari rumah. Namun, ingatlah bahwa posisi ini cenderung memiliki jam kerja yang kaku dan lebih banyak pengawasan daripada jenis pekerjaan dari rumah lainnya.

Bagi Anda yang ingin menjadi customer service (CS), ada baiknya untuk mempelajari tugas dan peran CS juga keterampilan yang dibutuhkan. Situs web Qiscus.com dapat membantu Anda.

Qiscus.com juga merupakan penyedian platform multichannel chat yang dapat membantu menjawab atau merespons pelanggan, serta melakukan analisis interaksi dengan pelanggan pada periode tertentu.

Marketing

Peran marketing secara tradisional bergantung pada kantor dan tim yang dekat, tetapi dua tahun terakhir telah memaksa banyak dari pekerjaan ini untuk pindah online. Jika Anda punya keahlian marketing tapi ingin kerja online dari rumah, ini adalah peluang yang bagus.

Anda bisa kerja dari rumah sebagai manajer pemasaran: dengan laptop atau PC, Anda dapat mengatur tim, menganalisis tren, menyusun kampanye pemasaran, dan menangani semua kebutuhan jaringan Anda. Jika Anda tidak suka bekerja untuk satu perusahaan, Anda juga bisa bekerja sebagai konsultan wiraswasta.

Manajer media sosial dapat secara efektif menyelesaikan pekerjaan dari rumah, karena semuanya dilakukan secara online. Demikian juga, spesialis SEO selalu diminati, dan Anda juga bisa bekerja dalam riset pasar, karena hampir semua informasi perusahaan, industri, dan produk tersedia secara online.

Salah satu ilmu wajib yang harus dimiliki oleh Anda yang ingin mendalami pekerjaan ini adalah internet marketing atau pemasanan melalui internet. Karena semakin ke sini semakin banyak orang bergantung pada teknologi dan berbelanja secara online.

Anda bisa membaca tips belajar internet marketing dasar untuk pemula di situs web Jurnal.id.

Reseller

Reseller adalah pilihan lain untuk kerja online dari rumah yang terbaik. Pekerjaan dari rumah ini tidak membutuhkan modal banyak dan keterampilan khusus, tidak seperti banyak jenis pekerjaan lainnya dalam daftar artikel ini.

Siapa pun bisa menjadi reseller. Termasuk mahasiswa, ibu rumah tangga, atau Anda yang sedang kerja dari rumah dan ingin punya kerja sampingan di rumah juga.

Apalagi jika Anda termasuk orang yang jeli melihat kesempatan, antara kebutuhan konsumen dengan produk supplier, sangat cocok untuk menekuni reseller.

Anda cukup menjualkan kembali produk dari supplier dengan menambahkan keuntungan pada setiap produknya. Bagi Anda yang ingin meminimalkan modal yang dikeluarkan, Anda bisa mengajukan pembayaran secara tempo atau bayar di belakang, atau dengan sistem pre-order.

Ilustrasi Kerja Online dari Rumah, Menjadi Reseller
Credit: Tirachard Kumtanom/Shutterstock

Anda bisa mencari supplier melalui website resmi suatu produk atau mencari di marketplace yang memiliki harga murah dengan rating yang bagus. Cobalah untuk secara langsung menghubungi supplier tersebut untuk mendaftar menjadi agen reseller dan tanyakan bagaimana sistemnya.

Ada berbagai produk yang cocok untuk Anda jual sebagai reseller, seperti produk kesehatan, produk kecantikan, fashion, makanan ringan, kebutuhan rumah tangga, dan sejenisnya.

Salah satu produk terbaik untuk dikembangkan dalam bisnis reseller adalah produk herbal. Mengapa? Setelah pandemi semakin banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dengan cara praktis. Banyak yang mulai mengonsumsi vitamin hingga obat herbal. Karena itu penjualan vitamin dan herbal semasa pandemi mengalami lonjakan.

Peminatnya juga berasal dari berbagai kalangan, jadi Anda akan punya pangsa pasar yang cukup luas sehingga akan lebih mudah untuk mempromosikan produk herbal.

Mengapa Menjadi Reseller Pilihan Terbaik?

Menjadi reseller merupakan pilihan kerja online dari rumah yang kami rekomendasikan. Mengapa? Karena ada banyak keunggulan dari pekerjaan ini dibandingkan dengan banyak jenis pekerjaan dari rumah lainnya. Berikut sejumlah keunggulannya.

Hanya Memanfaatkan Internet

Dengan menjadi reseller Anda bisa mendapat penghasilan hanya bermodalkan internet. Sebagian besar urusan bisnis reseller dapat memanfaatkan internet, misalnya mencari supplier, keperluan promosi, hingga transaksi jual-beli secara online.

Anda hanya perlu memaksimalkan fasilitas internet agar mendapat keuntungan dari sistem reseller. Misalnya, Anda bisa menggunakan berbagai channel untuk menjual produk, contohnya dengan membuat situs web sendiri, bergabung di platform e-commerce, membuat channel YouTube, dsb.

Bisa Dimulai Tanpa Keterampilan Khusus

Kelebihan lain dari menjadi reseller adalah siapa saja bisa memulai usaha ini. Hanya dengan menggunakan aplikasi pesan instan dan media sosial yang ada di smartphone, Anda sudah bisa menjalankan bisnis reseller.

Anda tidak perlu minder jika tidak punya keterampilan khusus, karena modal utamanya hanyalah cukup mengetahui produk yang dijual.

Selain itu Anda juga cukup bermodalkan kemauan dan keberanian untuk menjualkan produk tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu Anda akan belajar dari pengalaman dan akan menjadi lebih percaya diri.

Hampir Tanpa Modal

Memang reseller biasanya menyetok produk dari supplier untuk dijual kembali. Supplier akan menawarkan harga lebih miring untuk pembelian jumlah besar. Namun bagi Anda yang ingin memulai jadi reseller tapi dengan modal terbatas, tidak perlu khawatir.

Anda tetap bisa melakukan promosi meskipun produknya belum dipegang. Maksudnya, Anda bisa menggunakan sistem pre-order untuk mengumpulkan konsumen dalam jangka waktu atau kuota tertentu. Apabila sudah memenuhi minimal order dari supplier barulah Anda bisa memesan produk dan mengirimkannya ke konsumen. Bila tersedia sistem pre-order seperti ini, Anda benar-benar bisa tanpa modal.

Bebas Menentukan Harga yang Bersaing

Menjadi reseller juga sangat memungkinkan Anda untuk balik modal sekaligus memperoleh keuntungan.

Pertama, Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos produksi. Hal ini sudah dilakukan oleh supplier yang memproduksi barang dalam jumlah banyak untuk kemudian dipasarkan dengan harga yang relatif terjangkau. Semakin banyak jumlah produk yang dibeli oleh reseller, semakin miring juga harga yang diberikan supplier.

Lalu Anda sebagai reseller bebas menentukan harga jual produknya. Anda bisa memasang harga yang bersaing, yang tetap terjangkau untuk dibeli calon pembeli sekaligus juga tetap memberikan keuntungan bagi Anda.

Komisi Tambahan dari Supplier

Beberapa supplier yang ingin mengembangkan bisnisnya sering kali melakukan sistem sharing commission atau memberikan komisi lebih kepada reseller. Komisi ini biasanya berupa potongan harga beberapa persen dari harga supplier. Reseller mendapat keuntungan lebih dengan sistem ini.

Dengan potongan yang diberikan supplier, Anda bisa menjual produk dengan menentukan harga yang bersaing bahkan dengan supplier itu sendiri.

Promosi Lebih Efektif

Ini adalah keunggulan reseller yang sangat bisa Anda maksimalkan. Anda bisa memfoto produk yang Anda jual sesuai gaya promosi Anda. Foto-foto tersebut sekaligus dapat Anda gunakan sebagai katalog promosi. Selain itu, Anda bisa membuat video promosi untuk produk. Video promosinya pun bisa macam-macam, misalnya dalam bentuk video tutorial, video testimoni, animasi, dsb.

Sarana promosi semacam itu sangat membantu dalam membangun kepercayaan calon pembeli. Cara promosi reseller yang unik dan berbeda inilah yang akhirnya menaikkan penjualan. Ada baiknya Anda juga membuat sebuah tema promosi yang selaras dengan karakter bisnis reseller Anda.

Kombinasi Offline dan Online

Memiliki ketersediaan stok membuat Anda sebagai reseller dapat fleksibel menjual produk secara offline maupun online. Untuk memperoleh hasil lebih maksimal, Anda bisa kombinasikan keduanya. Penjualan offline dapat membantu menambah kredibilitas bisnis reseller online Anda, karena akan memaksimalkan testimoni dari pembeli secara langsung.

Dengan aktif di penjualan offline, Anda bisa menambahkan fitur pick up dan COD pada sistem pembelian melalui online. Karena meskipun pangsa pasar yang luas, pembeli juga sangat berhati-hati memilih toko online untuk menghindari penipuan.

Di satu sisi, toko online Anda akan makin dipercayai karena adanya testimoni dari pembeli langsung, lokasi nyata yang dapat dijangkau pembeli, dan tampilan maps pada Google Maps. Di sisi lain, toko offline juga akan semakin ramai pembeli karena Anda bisa mempromosikan bisnis lebih luas.

Pilihan Kerja dari Rumah Mana yang Terbaik untuk Anda?

Ada banyak pilihan pekerjaan dari rumah yang tersedia sekarang. Di samping menjadi pekerjaan utama, Anda juga bisa menjadikannya sebagai kerja sampingan di rumah.

Anda dapat mempertimbangkan kriteria pekerjaan, apa saja yang harus disiapkan, bagaimana cara mendapatkannya, dan berapa perkiraan pendapatannya.

Namun bagi Anda yang menginginkan kerja online dari rumah tanpa banyak modal, tanpa keterampilan khusus, dan dengan waktu kerja yang fleksibel, Anda bisa mempertimbangkan untuk memulai bisnis reseller.

Sekali lagi, bekerja dari rumah menawarkan berbagai keuntungan. Anda bisa menjadi lebih sehat karena mengurangi risiko tertular penyakit, lebih mudah untuk mengonsumsi makanan sehat, dan lebih punya waktu luang untuk berolahraga secara rutin.

Jadi pertimbangkanlah mana pilihan kerja dari rumah yang terbaik sesuai keadaan Anda, dan nikmatilah penghasilan dan berbagai keuntungan lain tanpa harus keluar rumah.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}