Blog Herbal No. 1 Indonesia

10 Hal yang Perlu Anda Pahami tentang Program Rumah Siap Kerja


By Cindy Wijaya

Tidak seimbangnya jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia dengan jumlah pekerja yang dibutuhkan mengharuskan anak muda berusaha keras untuk mampu bersaing pada industri saat ini. Beragam kemampuan harus mereka kuasai, mulai dari soft skill (kemampuan berinteraksi dengan lingkungan sekitar) hingga hard skill (kemampuan dalam bekerja).

Masa pandemi yang membatasi aktivitas tatap muka juga membuat anak-anak muda harus dapat beradaptasi dengan kondisi baru yang tidak luput dari perkembangan teknologi.

Salah satu cara untuk menghadapi hal tersebut adalah dengan memanfaatkan program dari Lembaga Pelatihan yang menyediakan berbagai jenis pelatihan secara online sesuai kebutuhan dan minat.

Mengapa mengikuti pelatihan secara online? Karena memungkinkan Anda untuk tidak perlu keluar rumah. Selain memangkas ongkos dan biaya, ini juga bisa membuat Anda lebih sehat. Risiko tertular penyakit berkurang, bisa makan makanan sehat yang dimasak sendiri, dan punya lebih banyak kesempatan untuk berolahraga.

Selain menjaga kesehatan fisik, mengikuti pelatihan online juga membuat Anda jadi tidak terlalu tegang atau stres. Anda tidak perlu terjebak macet dan bebas repot saat berangkat dan pulang dari tempat pelatihan jika dilakukan secara fisik.

Suasana di rumah juga bisa dibuat senyaman mungkin sesuai keinginan Anda. Ini tentunya menambah keefektifan Anda untuk belajar saat pelatihan online berlangsung.

Salah satu Lembaga Pelatihan online yang ditargetkan untuk para anak muda adalah Rumah Siap Kerja. Rumah Siap Kerja merupakan tempat bagi para anak muda untuk mendapatkan bimbingan karier, informasi lowongan pekerjaan, pelatihan profesional dan pendidikan, yang didukung dengan beragam fasilitas bagi anak muda.

Dipandu oleh praktisi profesional di bidangnya, program ini memiliki fokus untuk memberikan pelatihan di bidang kewirausahaan, soft skill, dan agrikultur.

Berdiri pada 16 Maret 2019 lalu, Rumah Siap Kerja memiliki misi untuk meningkatkan kualitas SDM dan membantu menurunkan angka pengangguran di Jakarta serta seluruh Indonesia. Program ini digagas oleh Sandiaga Uno sebagai salah satu program kerja pada saat kampanye Pilpres RI tahun 2019. Namun sejak akhir tahun 2019, program ini telah bebas dari afiliasi politik.

Berikut ini adalah 10 hal yang perlu Anda pahami tentang program Rumah Siap Kerja.

1. Solusi Menciptakan Peluang Kerja dari Pemerintah

Para generasi muda didorong untuk ikut mengembangkan bisnis atau berwirausaha guna menciptakan lapangan pekerjaan. Untuk mendukung gerakan wirausaha muda tersebut, program Rumah Siap Kerja secara resmi berkolaborasi dengan program Kartu Prakerja milik pemerintah Indonesia pada 14 November 2020 lalu.

Sasaran utama dari program pemerintah ini adalah siswa SMA yang akan lulus dan para mahasiswa yang sedang kuliah, atau yang berumur antara 15 sampai 25 tahun. Rentang usia ini dianggap paling cocok untuk mendapatkan pelatihan dan meningkatkan keterampilan.

Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat, khususnya generasi muda, untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam bekerja dan berwirausaha sehingga bukan hanya bisa mencari kerja, tetapi juga bisa menciptakan lapangan kerjanya sendiri.

2. Mengikuti Pelatihan Kerja dari Rumah

Semua program pelatihan yang disediakan oleh Rumah Siap Kerja dilakukan secara online. Jadi Anda bisa belajar di mana saja dan kapan saja, asalkan Anda memiliki koneksi internet.

Anda tidak diharuskan duduk seharian di kursi belajar pada umumnya dan bisa membuat punggung pegal. Anda bisa mengikutinya dari rumah dengan posisi yang nyaman sesuai keinginan.

Selain itu seluruh materi pelatihan dapat diakses secara langsung oleh para peserta melalui platform online, tanpa harus pergi dari rumah.

Dari segi biaya juga lebih terjangkau, karena pelatihan online dapat menjangkau jumlah peserta lebih banyak daripada dilakukan secara offline. Selain itu lembaga pelatihan juga tidak perlu mencetak ratusan kertas materi.

Anda juga tidak perlu mencatat sampai sedemikian rupa untuk mengingat apa yang sudah dipelajari. Beberapa penyedia pelatihan online akan memberikan slide presentasi kepada semua pesertanya ketika sudah selesai.

Tetapi bila penyedia pelatihan tidak memberikannya, Anda bisa mengantisipasinya dengan mengambil tangkap layar (screenshot) materi presentasi yang sedang dijelaskan saat kelas berlangsung.

3. Instrukturnya Adalah Praktisi Berpengalaman di Bidangnya

Instruktur yang mengajarkan kelas-kelas pelatihan di Rumah Siap Kerja adalah para praktisi yang sudah berpengalaman dalam bidangnya masing-masing. Jadi Anda tidak akan dilatih atau dibimbing oleh orang-orang yang hanya tahu teori, tetapi oleh para ahli yang sudah terjun langsung ke praktek di bidang itu selama bertahun-tahun.

Sebagai contoh, berikut adalah beberapa instruktur dari kelas-kelas terbaik di Rumah Siap Kerja.

Salah satu kelas di Rumah Siap Kerja
Kelas “Belajar Bisnis untuk Menjadi Pengusaha Online” oleh Sandiaga Uno (Sumber: rumahsiapkerja.com)

“Belajar Bisnis untuk Menjadi Pengusaha Online” dibawakan oleh Sandiaga Uno, yang sudah terjun ke dunia usaha sejak 1997 dan sudah punya pengalaman dalam menghadapi berbagai rintangan dalam membangun bisnisnya. Kini beliau dikenal sebagai tokoh yang inspiratif dan menarik dalam dunia bisnis di Indonesia.

“Berjualan Online sebagai Pengusaha Dropshipper” dibawakan oleh Riezka Rahmatiana, seorang pengusaha dropshipper yang berpengalaman di bidang ekonomi dan bisnis. Beliau juga punya banyak pengalaman menjadi trainer di bidang pengembangan bisnis dan usaha.

“Menjadi Pemandu Wisata (Tour Guide) dengan Menguasai Tekniknya” dibawakan oleh Chomsyah Putra, seorang instruktur pemandu wisata yang memiliki pengalaman bertahun-tahun di bidang pariwisata.

“Menjadi Pengusaha Ternak Lele dengan Menguasai Budikdamber” dibawakan oleh Juli Nursandi, seorang dosen Budidaya Perikanan di Politeknik Negeri Lampung dan pencetus pertama kali untuk pembuatan BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan dalam Ember).

“Menguasai Marketing Media Sosial untuk Menjadi Spesialis Media Sosial” dibawakan oleh Tessa Viennie, seorang yang berpengalaman di bidang Digital Marketing dan Social Media Specialist sejak tahun 2017.

“Mempraktikkan Hidroponik untuk Menjadi Petani Modern” dibawakan oleh Mogi Bian Darmawan, seorang praktisi yang sudah berpengalaman di bidang pertanian, khususnya hidroponik.

4. Ilmunya Menjadi Pelengkap Pendidikan Formal

Ada keterampilan yang tidak dapat Anda peroleh dari pendidikan formal. Misalnya di sekolah tidak ada pembelajaran tentang dasar-dasar korespondensi (bentuk komunikasi verbal yang digunakan untuk menyampaikan pesan) seperti menulis email, menyusun laporan, atau etika berkirim pesan.

Keterampilan ini penting dalam dunia kerja. Misalnya saat lulus sekolah atau kuliah dan mencari kerja, Anda mungkin harus mengirimkan email lamparan. Jika email yang dikirim tidak sesuai ketentuan, lamaran Anda bisa dilewati oleh HRD.

Dengan mengikuti Rumah Siap Kerja, Anda bisa belajar dasar-dasar korespondensi melalui kelas pelatihan yang cocok. Anda bisa belajar langsung dengan profesional dalam bidang ini. Setelah belajar, Anda jadi bisa mengirim email lamaran kerja dengan lebih baik. Sehingga peluang dipanggil wawancara kerja jadi lebih besar.

5. Terdapat Beragam Kategori Kelas Pelatihan

Program Rumah Siap Kerja menyajikan berbagai pilihan kelas pelatihan online dengan kurikulum dan trainer berkualitas agar menyiapkan peserta pelatihan yang berkompetensi secara teori dan praktek, dan siap kerja.

Anda bisa mempelajari keterampilan baru yang Anda butuhkan untuk melamar pekerjaan, membuka usaha sendiri, maupun untuk meningkatkan kompetensi kerja yang sekarang Anda miliki.

Berbagai pilihan kelas yang disediakan Rumah Siap Kerja terdiri dari: Bahasa Asing, Bisnis & Keuangan, Industri Kreatif, Kesehatan & Kecantikan, Pariwisata & Pelayanan, Pemasaran, Persiapan Pengembangan Karir, Pertanian & Perikanan, dan Teknologi Informasi.

6. Kursus Privat dengan Program Coaching

Program coaching adalah salah satu program Rumah Siap Kerja yang memfasilitasi Anda untuk mengembangkan diri dengan pendekatan yang lebih personal.

Program ini dihadirkan berdasarkan situasi nyata yang terjadi di kehidupan, sehingga Anda dapat dibimbing secara personal bersama coach profesional. Dengan mengikuti program coaching, Anda dapat mencapai tujuan dengan perencanaan yang terarah.

Terdapat 3 jenis program coaching yang tersedia, yaitu Siap Usaha, Konsultasi, dan Bimbingan. Siap Usaha adalah pelatihan untuk mempersiapkan Anda dalam menghadapi dunia usaha. Konsultasi adalah konsultasi pengembangan karier yang akan dibimbing oleh coach profesional. Dan Bimbingan adalah program coaching privat intensif yang membantu Anda  merencanakan karier.

7. Raih Karier Impian dengan Program Siap Karier

Siap Karier adalah program terpadu dan intensif yang dipandu oleh mentor terbaik di bidangnya, untuk membuka kesempatan bagi karier impian Anda. Dengan beragam pelatihan soft skill dan hard skill yang mudah dipahami, Anda akan mampu meraih keterampilan dan membuka peluang yang diperlukan di dunia kerja.

Program Siap Karier (Sumber: rumahsiapkerja.com)

Terdapat dua jenis kelas yang tersedia dalam program Siap Karier, yaitu Siap Karier Workshop dan Siap Karier Class. Siap Karier Workshop adalah workshop terpadu dan intensif yang dikemas secara mendalam serta dipandu oleh para mentor terbaik di bidangnya. Siap Karier Class adalah kelas singkat, gratis, dan dikemas melalui talkshow interaktif untuk membuka wawasan Anda seputar keahlian di dunia kerja.

8. Dapat Sertifikat Setelah Menyelesaikan Pelatihan

Rumah Siap Kerja akan memberikan e-sertifikat setelah Anda menyelesaikan pelatihan. E-sertifikat ini akan menjadi bukti bahwa Anda memiliki keterampilan tertentu dan bisa digunakan sebagai portofolio ketika melamar pekerjaan.

Anda akan dinilai memiliki pengalaman dan pengetahuan mengenai bidang tersebut. Hal ini tentunya menambah nilai Anda di mata perekrut kerja. Namun perlu diingat bahwa tujuan utama mengikuti kelas pelatihan Rumah Siap Kerja adalah belajar dan memperoleh keterampilan baru. Sertifikat hanya bonus.

9. Kelas Rumah Siap Kerja yang Paling Diminati

Di antara beragam kategori kelas dalam Rumah Siap Kerja, terdapat sejumlah kelas pelatihan yang dianggap terbaik dan paling banyak diminati. Beberapa kelas tersebut yaitu:

Belajar Bisnis untuk Menjadi Pengusaha Online: Di kelas ini Anda akan belajar langsung dengan Sandiaga Uno tentang kewirausahaan dan cara menjadi pengusaha secara kreatif, sehingga semangat memulai usaha semakin kuat.

Berjualan Online sebagai Pengusaha Dropshipper: Di kelas ini Anda akan belajar cara untuk menentukan produk yang akan dijual, mengelola bisnis dropship, memasarkan produk, menjalnin hubungan dengan konsumen, dan mengukur keuntungan dari bisnis dropship.

Menjadi Pemandu Wisata (Tour Guide) dengan Menguasai Tekniknya: Kelas ini akan mengajarkan Anda tetang tugas dan syarat menjadi pemandu wisata, cara menjadi pemandu wisata bagi turis asing, menangani kondisi darurat, cara terbaik menghadapi keluhan wisatawan, hingga mengatasi masalah yang biasa dialami pemandu wisata.

Menjadi Pengusaha Ternak Lele dengan Menguasai Budikdamber: Kelas ini akan menjelaskan rahasia di balik budidaya ikan lele dan pertanian sayur hanya dengan memanfaatkan ember. Anda akan mempelajari tentang alat dan bahan yang dibutuhkan, cara memanen setiap 2 pekan, hingga mengelola keuangan dan pemasaran bisnis Anda.

Menguasai Marketing Media Sosial untuk Menjadi Spesialis Media Sosial: Kelas ini akan mengajarkan cara memaksimalkan media sosial sebagai sarana untuk memasarkan toko online. Anda akan belajar tentang cara menentukan customer yang tepat, menyusun rencana pemasaran, hingga menciptakan personal branding untuk toko online Anda.

Mempraktikkan Hidroponik untuk Menjadi Petani Modern: Kelas ini akan menjelaskan mengenai teknik bertanam hidroponik, cara memaksimalkan hasil tanam hidroponik, cara mengatasi hama, cara memanen tanaman hidroponik, hingga praktek langsung menerapkan teknik hidroponik. Anda juga akan memperoleh bonus alat praktek berupa 1 paket bibit tanaman dan media tanam.

10. Bagian dari Program Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah program pemerintah Indonesia untuk pengembangan keterampilan kerja yang ditujukan bagi para pencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja, serta pekerja maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang ingin meningkatkan keterampilannya.

Tujuannya adalah untuk mengembangkan keterampilan angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan. Karena memiliki tujuan yang serupa, Rumah Siap Kerja berkolaborasi dengan Kartu Prakerja untuk memajukan masyarakat Indonesia dengan menyediakan kelas yang berkualitas dan aplikatif.

Namun program ini bukan untuk menggaji pengangguran, melainkan Kartu Prakerja adalah bantuan biaya kelas bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya.

Program Kartu Prakerja (Sumber: prakerja.go.id)

Anda bisa mendaftar Kartu Prakerja jika Anda seorang warga negara Indonesia berusia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun, serta tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Namun Anda tidak bisa mendaftar program ini jika Anda bekerja sebagai: pejabat negara; pimpinan dan anggota DPRD; aparatur sipil negara; prajurit TNI; anggota Kepolisian RI; Kepala Daerah dan perangkat desa; serta Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Langkah Mudah Mendaftar Kartu Prakerja

Pertama, Anda bisa mendaftar dengan data diri Anda di situs web Prakerja. Siapkan e-mail, NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), dan nomor HP yang masih aktif untuk mendaftar.

Kedua, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa mengikuti seleksi gelombang dan tunggu pengumuman hasilnya.

Ketiga, pilih pelatihan yang Anda minati di Mitra Platform Digital (salah satunya Rumah Siap Kerja) dan bayar dengan Kartu Prakerja.

Keempat, selesaikan pelatihan dan dapatkan sertifikat.

Kelima, berikan rating dan ulasan terhadap pelatihan yang telah Anda ikuti.

Keenam, sambungkan rekening atau e-wallet di salah satu Mitra Pembayaran untuk mendapat intensif Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan setelah Anda menyelesaikan pelatihan.

Ketujuh, isi 3 survei yang diberikan dan dapatkan intensif Rp 50.000 untuk setiap survei.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengikuti kelas pelatihan di Rumah Siap Kerja? Anda bisa langsung mengunjungi situs web Rumah Siap Kerja atau mengunduh aplikasi Android-nya sehingga bisa diakses dengan mudah melalui smartphone.

Lalu daftar dengan memasukkan nama lengkap, nomor handphone, alamat email, dan kata sandi yang diinginkan. Setelah mendaftar Anda bisa langsung mengikuti berbagai kelas untuk mempelajari keterampilan sesuai kebutuhan dan minat. Dan bagi Anda yang sudah lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, Anda bisa membayar kelas dengan voucher Prakerja.

Semoga program ini bisa bermanfaat untuk membantu Anda mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mencari kerja, membuka usaha, ataupun meningkatkan kompetensi di pekerjaan yang sudah Anda miliki.

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}