Kenali Sumber Makanan Vitamin K Demi Kelangsungan Hidup Anda!

415

Diedit:

Dalam artikel Manfaat Vitamin K, diulas lebih mendetail mengenai manfaat vitamin K berikut dengan fungsi dari tiap jenis dari vitamin K. Maka pada artikel ini, kami kembali mengangkat masalah vitamin K, terutama mengenai apa saja sumber makanan vitamin K.

Vitamin K lebih banyak dikenal sebagai “vitamin pembekuan darah” karena memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka. Mekanisme kerjanya dengan cara membantu proses pembekuan darah secara normal dan mencegah terjadinya perdarahan yang berlebihan. Dalam bahasa Jerman, huruf “K” dalam kata “Vitamin K” berasal dari kata “Koagulasi”, yang memiliki terjemahan bebas sebagai “penggumpalan”. Selain itu, Vitamin K juga memiliki peran penting untuk kesehatan tulang.

Jika seseorang tidak mendapat asupan sumber makanan Vitamin K yang memadai, akan menyebabkan darahnya sulit membeku saat terjadi luka di tubuh. Kekurangan sumber makanan Vitamin K juga akan menyebabkan kepadatan massa tulang yang rendah, tulang pun menjadi mudah rapuh dan patah. Kondisi ini akan menyebabkan penyakit Osteoporosis, yaitu pengeroposan tulang yang umumnya menyerang wanita paska menopause.

Vitamin K merupakan istilah umum yang mencakup sekelompok senyawa kimia yang larut dalam lemak. Sekelompok senyawa kimia tersebut mengandung turunan 2-metyl-naphtoquinone. Ada 5 (lima) bentuk penting dari Vitamin K, yaitu K1 (phytonadione, phylloquinone, phytonadione), K2 (menaquinones), K3 (menadione), K4, dan K5.

Vitamin K1 dan K2 dapat terbentuk secara alami. Sumber makanan Vitamin K1 dapat Anda peroleh dari golongan sayuran hijau dan beberapa jenis sayuran lainnya. Sedangkan sumber makanan Vitamin K2 dapat Anda peroleh dari golongan daging, keju, dan telur, serta sintesis oleh bakteri di dalam usus. Vitamin K3, K4, dan K5 merupakan bentuk sintetis senyawa Vitamin K yang hanya bisa diperoleh dari suplemen makanan.

Baca juga:  Ternyata Ada Begitu Banyak Manfaat Vitamin K untuk Anda!

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar sumber makanan yang kaya Vitamin K1 dan Vitamin K2, berdasarkan Daily Value (DV) atau nilai harian asupan Vitamin K, yaitu 80 mikrograms (mcg).

Sumber Makanan Vitamin K1

Sumber makanan kaya Vitamin K1 yang mudah didapat dan sebaiknya dikonsumsi secara teratur yaitu:

1. Tanaman herbal, sayuran berdaun hijau, dan sayuran dari kubis-kubisan

Beberapa jenis tanaman herbal yang merupakan sumber makanan Vitamin K diantaranya daun Kemangi, baik itu kemangi asil dari Asia atau kemangi khas Eropa yang biasa disebut basil; daun Sage dan Timi; daun Peteseli segar dan kering; daun Ketumbar kering; daun Seledry khas Asia; daun Oregano baik segar maupun kering; serta daun Kucai.

Golongan sayuran berdaun hijau dan sayuran dari kubis-kubisan yang merupakan sumber makanan Vitamin K1 yang tinggi adalah Kubis segar ataupun beku; Bayam segar ataupun beku; Bit, namun lebih banyak pada jenis bit berwarna hijau; Lobak; dan Brokoli. Selain itu, Kubis Merah, Pak Choi, dan Kembang Kol juga merupakan sumber makanan kaya Vitamin K1.

2. Salad Sayuran, Acar Ketimun, Asparagus, dan rempah-rempah pedas

Beberapa jenis sayuran yang biasa dikonsumsi sebagai salad seperti jenis-jenis selada (selada air, selada hijau, dan selada merah), seledri, Arugula (daun Roket), bawang merah, dan daun bawang, merupakan sumber makanan kaya Vitamin K1.

Selain itu, ketimun dan olahan ketimun seperti acar ketimun juga merupakan sumber makanan yang kaya Vitamin K1. Asparagus dan rempah-rempah pedas seperti misalnya bubuk cabai, bubuk kari, cabai rawit, adas, serta bawang perai juga merupakan sumber makanan yang kaya Vitamin K1.

3. Kacang Kedelai dan Minyak Nabati

Sumber makanan kaya Vitamin K1 juga terdapat pada kacang kedelai dan edamame. Selain itu jenis-jenis minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak kedelai, minyak canola, minyak kelapa, minyak almond, dan minyak wijen juga merupakan sumber makanan kaya Vitamin K1.

4. Buah-buahan

Golongan buah-buahan yang merupakan sumber makanan kaya Vitamin K1 yaitu macam-macam berries, terutama blueberries, strawberry, mulberries, dan raspberries. Selain itu buah ara atau yang umum dikenal masyarakat sebagai buah tin, buah pir, serta buah plum yang dikeringkan juga merupakan sumber makanan kaya Vitamin K1.

Sumber Makanan Vitamin K2

Sedangkan sumber makanan kaya Vitamin K2 yang mudah dijumpai dan sebaiknya juga dikonsumsi bersama sumber makanan kaya Vitamin K1 secara teratur yaitu:

1. Daging Merah

Golongan daging merah yang merupakan sumber makanan kaya Vitamin K2 adalah daging sapi, daging babi dan olahannya, seperti Pepperoni (yaitu daging sapi atau babi yang dibumbui dengan merica), ham tanpa lemak, serta sosis.

Anda juga bisa menemukan sejumlah besar vitamin K2 dalam daging sapi dan daging kambing, namun memang jumlahnya tidak sebanyak yang bisa ditemukan dalam daging babi. Daging dengan lapisan lemak tipis diketahui memiliki kandungan vitamin K2 lebih tinggi.

2. Ayam

Segala jenis ayam-ayaman dan unggas kebanyakan mengandung vitamin K2 dalam dagingnya. Termasuk pula bebek, kalkun, ayam kampung berdaging merah, ayam mutiara, entok, dan angsa.

3. Krim Keju dan Keju yang diawetkan

Produk olahan susu yang merupakan sumber makanan yang kaya Vitamin K2 adalah Krim Keju dan Keju yang diawetkan.

4. Tiram

Golongan seafood (makanan laut) yang merupakan sumber makanan kaya Vitamin K2 adalah Tiram, terutama Tiram yang sudah dimasak.

Setelah Anda mengetahui sumber-sumber makanan yang kaya Vitamin K1 dan K2 yang baik untuk dikonsumsi secara teratur dan memadai, sebaiknya Anda pun mengetahui sumber-sumber makanan yang juga kaya Vitamin K1 dan K2 namun harus hindari atau dibatasi asupannya. Karena bila tidak, sumber-sumber makanan tersebut justru akan memberi dampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga:  Ternyata Ada Begitu Banyak Manfaat Vitamin K untuk Anda!

Berikut ini beberapa sumber-sumber makanan vitamin K yang perlu Anda kendalikan asupannya adalah sebagai berikut:

  • Margarine dan Mentega
  • Jagung Popcorn
  • Roti Lapis isi Keju
  • Fast Foods, terutama Fried Chicken dan Fried Fries yang digoreng dengan minyak berlemak yang sudah terhidrogenasi sebagian atau yang umum dikenal sebagai “Trans-fat” (salah satu jenis lemak tak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan tubuh).
  • Keripik Tortilla dan Nachos (Taco Bell)
  • Waffle, kue-kue (cakes) dan Biskuit
  • Pizza dan Kulit Pie

Apabila Anda berupaya mencukup kebutuhan gizi tubuh setiap hari, termasuk mengonsumsi sumber makanan vitamin K, maka Anda akan bisa meraih manfaat kesehatan jangka panjang. Di usia tua pun, meski kebugaran fisik tidak lagi maksimal, tapi Anda tetap akan bisa menikmati hidup dan bahagia karena punya tubuh yang relatif sehat.

Advertisement
Alinesia