Kenali Alat Bantu Pendengaran Sekarang


By Cindy Wijaya

Alat bantu pendengaran umumnya akan dibutuhkan oleh orang yang sudah menggapai usia senja. Memang seiring waktu organ tubuh seseorang itu akan menjadi semakin lemah, itu termasuk organ pendengaran Anda. Umumnya kemampuan organ pendengaran akan mulai menurun ketika seseorang sudah memasuki usia 45 tahun. Tetapi memang beberapa orang ada yang bisa lebih dari itu, khususnya jika orang tersebut dapat menjaga organ pendengaran mereka dengan baik, juga memiliki gaya hidup yang baik bagi pendengaran.

Dan berlaku sebaliknya, untuk orang yang gaya hidupnya buruk, kemampuan pendengaran mereka dapat berkurang drastis bahkan sebelum usia mereka mencapai 45 tahun, ini sangat mungkin terjadi. Gaya hidup seperti apakah ini? Misalnya jika Anda sering mendengarkan earphone sehari-hari, entah itu karena kebutuhan pekerjaan, menelepon rekan bisnis misalnya. Juga misalnya apabila pekerjaan menuntut Anda untuk selalu berada di tempat yang cukup bising.

Kemampuan Pendengaran Berkurang Memiliki Risiko

Kemampuan pendengaran seseorang yang berkurang itu ternyata memiliki risiko, banyak hal negatif dapat terjadi pada diri Anda jika kondisi kesehatan ini terjadi. Contohnya risiko Anda terjatuh akan semakin meningkat, sebab apabila kemampuan pendengaran berkurang otomatis Anda pun akan menjadi kurang tanggap atau kurang sadar terhadap kondisi lingkungan di sekitar Anda. Begitu pula dengan keseimbangan tubuh, keseimbangan tubuh juga akan ikut terganggu.

Apabila kemampuan pendengaran pada telinga kanan dan telinga kiri tidak sama, penelitian menunjukkan Anda akan mudah lelah, begitu pula iritabilitas terjadi ke diri Anda. Aktivitas sehari-hari pun akan sulit untuk Anda jalani. Untuk Anda yang sekarang sedang memiliki kemampuan pendengaran yang baik, mungkin Anda tak akan terlalu merasakannya, namun begitu nanti kemampuan pendengaran Anda berkurang, barulah Anda akan merasakan betapa susahnya menjalani aktivitas keseharian.

Memang kondisi ini tak bisa dihindari, karena seperti disebutkan sebelumnya bahwa kemampuan pendengaran akan tetap menurun seiring bertambahnya usia seseorang. Apabila Anda telah memasuki waktu ini, maka kemampuan dari pendengaran akan menurun, berbagai efek negatif dapat terjadi kepada diri Anda, seperti yang telah dijelaskan di atas. Inilah mengapa alat bantu pendengaran diciptakan, dengan menggunakan alat bantu pendengaran maka Anda tetap bisa mendengar seperti biasanya. Teknologi dari alat bantu pendengaran juga senantiasa dikembangkan terus menerus menjadi lebih baik, dan supaya lebih sesuai dengan gaya hidup orang-orang. Di mana terkadang orang-orang masih malu apabila harus menggunakan alat bantu pendengaran.

Harga Alat Bantu Pendengaran

Berbicara tentang harga dari alat bantu pendengaran itu banyak ragamnya. Dari penelusuran kami di toko online, harga alat bantu pendengaran dibagi ke dalam 5 rentang harga. Yakni mulai dari kisaran Rp 150.000, Rp250.000, Rp400.000, Rp600.000, sampai Rp1.500.000. Kisaran-kisaran harga ini tentunya berdasarkan seberapa lengkap fitur yang dimiliki dan seberapa besar daya tangkap frekuensi suaranya.

Alat bantu pendengaran juga memiliki beragam gaya. Apabila Anda melihat kota besar, Anda dapat menemukan berbagai type alat bantu pendengaran, berbagai ukuran dan juga harga yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Jaman sekarang bentuk dari alat bantu pendengaran sudah bisa menyatu dengan rongga telinga, sehingga Anda tak akan terlalu terlihat jika sedang menggunakan alat bantu pendengaran, tentunya terkecuali dilihat dengan seksama.

Beberapa model ada yang langsung dipasang pada bagian dalam telinga, namun ada juga yang dipasang pada bagian samping telinga. Anda dapat memilih yang mana yang kiranya paling sesuai. Pemilihan alat bantu pendengaran juga disesuaikan ke parah tidaknya seseorang menderita gangguan pendengaran. Anda juga dapat menemukan fitur pengontrol besar kecil suara pada alat bantu pendengaran keluaran terbaru.

Demikianlah informasi mengenai alat bantu pendengaran yang banyak tersedia sekarang ini. Semoga dengan informasi ini Anda jadi lebih paham dan bisa menentukan mana yang cocok dengan kebutuhan pendengaran Anda.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}