Kenali 5 Jenis Kanker Ginjal Ini!


By Cindy Wijaya

Sebagai salah satu jenis kanker yang mematikan, kanker ginjal kerap kali tidak terdeteksi sampai ditemukan dalam stadium yang cukup serius. Ini karena beberapa kondisi yang berkaitan dengan kanker ginjal membuatnya acapkali tersamarkan. Keluhan dan gejala awal yang muncul juga sering kali samar serta menyerupai keluhan penyakit lain, bahkan termasuk pula keluhan penyakit ringan. Sehingga seringkali keluhan terabaikan.

Ini karena, sebagian besar kanker ginjal terjadi dalam bentuk renal cell carcinoma. Bentuk kanker ini muncul setidaknya hingga 90% dari seluruh kanker ginjal yang terjadi. Renal cell carcinoma ini terjadi pada sel pembentuk tabung kecil dalam ginjal. Tabung kecil ini adalah serat dari tabung pelvis utama dalam ginjal yang bekerja sebagai filter utama toksin dan senyawa residu dari dalam darah.

Keberadaanya yang tersembunyi di dalam organ ginjal membuatnya memang sulit terdeteksi. Bahkan pada beberapa kasus, keluhan pada tahap awal demikian samar dan menyerupai keluhan flu biasa seperti keluhan tubuh lesu, demam ringan dan rasa tubuh mudah lelah.

Selain itu, keberadaan sel kanker yang tersembunyi ini membuatnya tidak dapat terlihat dan terasa jelas kecuali dengan sejumlah test seperti paparan test ultra sound atau ct scan. Dan hanya pada tahap lanjut saja, keluhan kanker ini bisa dirasakan dari luar dengan munculnya pembengkakan dan massa pada area pinggang belakang.

Dan sebenarnya, kanker ginjal dalam bentuk renal cell carcinoma ini sendiri terbagi dalam sejumlah jenis. Perbedaan bentuk ini mengacu pada lokasi terbentuknya sel kanker dan formula kanker yang muncul. Adapun jenis-jenis kanker ginjal tersebut antara lain.

Clear Cell Renal Cell Carcinoma (Clear Cell RCC)

Jenis Clear Cell RCC ini adalah bentuk paling sering muncul dalam kasus RCC atau kanker ginjal. Menurut Healthline, diperkirakan setidaknya 70% kasus kanker ginjal merujuk pada jenis ini. Ciri khasnya adalah terbentuknya sel kanker dengan rona warna kepucatan yang terkesan bersih pada area tabung kecil ginjal tadi.

Jenis kanker ini cenderung lambat tumbuh, meski bila terabaikan dan mendapat sejumlah paparan pemicu bisa berubah menjadi lebih ganas. Jenis Clear Cell RCC ini memiliki kepekaan cukup baik terhadap terapi, demikian menurut The American Society of Clinical Oncology (ASCO). Sehingga cukup cepat teratasi dan menunjukan progress baik pasca terapi, termasuk jenis terapi protein dan terapi genetik.

Papillary RCC

Dalam laman Healthline dijelaskan bahwa Papillary RCC menyerang setidaknya 10% dari seluruh kasus kanker ginjal yang muncul. Jenis ini memiliki karakter yang serupa dengan jenis Clear Cell RCC, hanya saja biasanya tumbuh pada area dalam dari tabung dengan pembentukan yang sedikit berbeda. Diperlukan serangkaian test untuk menguji diagnosa atas papillary RCC ini.

Selain itu, jenis kanker ini dibagi lagi dalam dua jenis yakni Papillary tipe 1 dan Papillary tipe 2. Perbedaan keduanya ini berdasar pada jenis sel yang mengalami kerusakan, pada tipe 1 kerusakan terletak pada sel hematoxylin sedang pada tipe dua kerusakan terjadi pada sel eosin.

Chromophobe RCC

Menurut healthline hanya ditemukan kisaran 5 % kasus Chromophobe RCC terdiagnosa. Tetapi sifatnya sangat berbeda dari jenis kanker Clear Cell RCC dan Papillary RCC. Dan kondisi inilah yang perlu Anda pahami.

Karakter kanker ginjal jenis ini lebih serupa dengan pertumbuhan benign atau tumor. Tumor cenderung lebih mudah untuk berukuran sangat besar, dan mendesak sel sehat sekitarnya, merusak fungsi dan membuat ukuran ginjal membengkak dengan cepat. Meski demikian, justru tumor bersifat tidak terlalu ganas, karena sifat membesarnya yang sangat cepat ini mencegahnya lebih cepat bermetastasis, atau menyebar ke organ lain.

Oncocytoma RCC

Satu lagi jenis kanker ginjal yang tidak kalah langka dibandingkan denga jenis Chromophobe RCC. Beruntungnya jenis kanker ini berkembang cenderung lebih lambat dengan kadar keganasan yang lebih rendah pula.

Sifatnya hampir serupa dengan Chromophobe RCC tetapi tumbuh pada jenis sel berbeda. Jenis yang menyerupai tumor ketimbang kanker membuat kanker satu ini bisa membentuk jaringan besar yang mendesak beberapa fungsi ginjal. Tetapi karena sifatnya yang hampir tidak ganas, terapi pengangkatan jaringan benign atau tumor biasa menjadi pilihan tercepat mengatasi jenis kanker ginjal satu ini.

Collecting Duct RCC

Jenis kanker ginjal satu ini beberapa kali ditemukan pada pasien berusia cenderung muda dengan jumlah temuan kasus relatif sangat kecil, hanya sekitar 1 %. Meki demikian, justru sifatnya bisa dengan cepat menjadi agresif. Sangat mudah menyebar ke organ lain. Bahkan juga cenderung resisten terhadap beberapa terapi terhadap kanker.

Keberadaannya sedikit pada sisi puncak dari saluran tabung rektal ginjal, tepatnya pada duktus pengumpul yang berfungsi menarik senyawa sisa dan buangan dan menyalurkannya ke dalam saluran rektal. Sebagai salah satu titik utama paparan awal ginjal terhadap toksin, menyebabkan tingkat kerusakan pada area ini bisa menjadi sangat berat.

Pada dasarnya, ketika sel dalam ginjal mengalami kerusakan dan berkembang menjadi sel kanker, pada saat itu ginjal memiliki kerentanan mengalami kerusakan akut dan sel kanker menjadi lebih cepat menyebar atau metastasis. Ini karena kanker ginjal sendiri akan mendapatkan asupan toksin yang terserap dalam ginjal dan akan cenderung memperburuk kondisi. Ditambah dengan aliran air kencing dalam ginjal yang memudahkan sel kanker turut terlarut dan menyebar ke organ lain.

Tetapi beberapa jenis kanker yang sifatnya serupa dengan karakter benign bisa dikatakan cukup aman dan mudah dienyahkan dengan sejumlah terapi. Dan pada tahap awal, kebanyakan kasus kanker ginjal tergolong cukup aman dan efektif diterapi dengan metode konvensional.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}