Kegunaan Jinten Hitam sebagai Herbal Mujarab

495

Diedit:

Jinten hitam atau dikenal juga dengan nama Habbatussauda tampaknya semaki meraih popularitas sebagai herbal mujarab, bahkan di mata dunia. Hal ini berkat sejumlah pengkajian ilmiah yang dilakukan untuk meneguhkan kegunaan-kegunaan jinten hitam yang selama ini dipercayai.

Tanaman herbal yang bernama latin Nigella sativa ini sudah sejak ribuan tahun lalu digunakan untuk menyembuhkan beraneka ragam problem kesehatan. Misalnya sebagai obat sakit gigi, hidung tersumbat, sakit kepala, mata merah, abses dan cacingan.

Terdapat sejumlah bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa jinten hitam dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh, melawan kanker, mencegah kehamilan, dan mengurangi reaksi alergi dengan berperan sebagai antihistamin.

Penelitian Berkenaan dengan Kegunaan Jinten Hitam untuk Obat HIV

Sebuah studi ilmiah yang dipublikasikan pada African Journal of Traditional, Complementary, and Alternavite Medicine mengungkapkan ada seorang pasien HIV yang memasuki masa remisi total (kesembuhan) setelah menjalani pengobatan dengan jinten hitam.

Pasien ini diobati dengan Habbatussauda dalam jangka waktu enam bulan, dan setelah itu tidak terdeteksi lagi adanya virus HIV maupun antibodi yang melawan HIV di dalam aliran darahnya. Dan lebih jauh lagi, HIV benar-benar menghilang dari tubuhnya meski sudah 24 bulan tidak menjalani pengobatan herbal lagi.

Studi tersebut secara garis besar menjelaskan bahwa pasien ini menderita gejala-gejala umum HIV, termasuk demam kronis, penurunan berat badan, luka-luka, dan diare. Namun pengobata menggunakan jinten hitam ternyata sanggup mengatasi gejala-gejala tersebut dan memberikan hasil yang mengesankan.

Kegunaan Jinten Hitam sebagai:

Obat Asma

Suatu riset mengatakan bahwa mengonsumsi ekstrak jinten hitam dapat secara efektif mengatasi gejala-gejala asma seperti batuk-batuk, bersin, dan gangguan fungsi paru-paru. Meski demikian, efek pengobatan asma yang diberikan herbal ini mungkin tidak seefektif obat-obat theophylline atau salbutamol.

Obat Epilepsi

Suatu studi yang dimuat pada Medical Science Monitor menyatakan bahwa jinten hitam dapat mengurangi kekambuhan epilepsi pada penderita epilepsi yang kebal terhadap obat-obat kimiawi.

Baca juga:  Minyak Jinten Hitam: Herbal yang Dipercaya sebagai Obat Mujarab
Pencegah Tumor maupun Kanker

Jinten hitam memiliki khasiat sebagai anti-kanker yang bisa menghambat perkembangan sel-sel kanker dan mendorong proses apoptosis (kematian) sel-sel kanker.

Obat Stres

Habbatussauda punya kandungan sapion yang perannya mirip obat kortikosteroid. Sapion sanggup memberikan tambahan daya tahan tubuh agar kuat menghadapi perubahan lingkungan dan stres.

Obat Kolesterol

Hasil riset yang dimuat Fundamentals of Clinical Pharmacology mengungkapkan bahwa ekstrak jinten hitam sanggup mengurangi kadar kolesterol LDL sekaligus menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Obat Radang Tenggorokan

Kegunaan jinten hitam yang selanjutnya ialah meredakan gejala radang tenggorokan yang diakibatkan oleh infeksi virus.

Beragam kegunaan jinten hitam tersebut adalah alasan dibalik julukannya sebagai obat mujarab. Sebenarnya masih banyak lagi kegunaan dan khasiatnya bagi kesehatan yang tidak tertampung dalam satu artikel ini. Meski begitu, masih diperlukan penelitan lebih lanjut untuk benar-benar memastikan khasiat-khasiat yang dimilikinya.

Advertisement
Alinesia