Karbon Monoksida: Pembunuh Misterius yang Tak Kelihatan!


By Fery Irawan

Tahukah Anda mengapa karbon monoksida disebut sebagai pembunuh yang tak kasat mata? Banyak orang tidak tahu seperti apa wujud karbon monoksida karena sebenarnya zat ini berbentuk gas yang efeknya dapat Anda rasa.

Komponen ini merupakan salah satu dari zat beracun yang berasal dari sisa pembakaran karbon yang tidak sempurna (asalnya dari ‘mesin pembakaran dalam’ contohnya; mesin 4 tak).

  • Apa dampak dari karbon monoksida?

Jika menghirup karbon monoksida tentu Anda akan keracunan dan parahnya dapat menyebabkan kematian. Apa ciri jika Anda mengalami keracunan karbon monoksida? Ini dapat berupa sakit kepala, pusing, mual, muntah, linglung (bingung), sesak napas, penglihatan menjadi buram, dan pingsan. Gejala yang lebih parah lagi berupa melemahnya denyut jantung dan nadi, bahkan koma. Anda dapat memastikannya dengan tes darah.

  • Bagaimana ini dapat terjadi?

Sewaktu kita bernapas normal, oksigen akan dibawa ke paru-paru melalui gelembung paru (alveolus). Dinding alveolus yang berisi kapiler pembuluh darah menjadi pintu masuk oksigen menuju organ lainnya melalui perantaraan darah.

Pada saat kita keracunan karbon monoksida, oksigen yang memainkan peranan penting bagi kelangsungan hidup, tergantikan oleh karbon monoksida. Sehingga asupan oksigen menipis, menyebabkan sel tubuh mati, kerusakan otak, dan mengakibatkan kematian.

Resiko kematian lebih besar terjadi jika Anda sedang tidur atau tidak sadar akan kehadiran karbon monoksida, karena karbon ini tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak terasa.

Fakta yang Mengejutkan!

Sebuah pengalaman tragis pada sebuah klinik Bekasi yang di laporkan oleh situs berita nasional, menyampaikan bahwa ada 5 korban jiwa dan 4 orang pingsan karena keracunan karbon monoksida yang disebabkan oleh asap genset. Sebelum genset dihidupkan beberapa dari mereka sedang tidur dan asap yang dihasilkan terperangkap dalam ruang tertutup tersebut.

Sebuah laporan media internasional mengatakan bahwa sekitar 50 orang Inggris meninggal karena keracunan melalui peralatan memasak yang tidak berfungsi semestinya. Oleh karena itu pertolongan pertama yang dibutuhkan adalah pemberian oksigen dan bantuan pernapasan.

  • Apa yang perlu dilakukan jika Anda sadar akan kehadiran karbon monoksida disekitar Anda?

Carilah ruangan terbuka sehingga Anda dapat menghirup udara segar, ada baiknya untuk menghubungi pakar medis bila terjadi komplikasi, jika rumah Anda terkontaminasi dengan gas ini, segera bukalah pintu dan jendela untuk mengeluarkan gas tersebut.

  • Peralatan apa saja yang perlu kita waspadai?

Pemanas ruangan, pemanggang yang menggunakan arang, perapian, generator portabel, kompor dengan bahan bakar kayu, mobil, dan truk yang hidup. Sebagai pengingat, hendaknya Anda tidak menyalakan mobil di dalam garasi yang tertutup.

Resiko keracunan karbon monoksida juga dapat terjadi jika Anda menghirup asap kebakaran. Kehadiran karbon monoksida pada peralatan memasak dapat dilihat dari api yang berwarna kuning. Tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan memasang alarm pendeteksi karbon monoksida. Sudahkah Anda memasangnya?

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}