Kanker Telinga: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

628
ilustrasi kanker telinga
Credit Photo: decade3d / BigStock

Diedit:

Meski tergolong langka, namun kanker juga dapat menyerang kuping. Kanker dapat menyerang bagian dalam maupun bagian luar kuping. Sering kali ciri-ciri awal kanker muncul di kulit telinga luar, yang kemudian menyebar ke seluruh bagian-bagian telinga lainnya, termasuk ke saluran telinga dan gendang telinga. Untuk dapat menghindari penyakit ini, kita perlu mengetahui penyebab dan gejala dari kanker telinga.

Artikel ini akan mengulas informasi tentang penyebab, ciri-ciri, dan pengobatan kanker telinga. Namun, ingatlah bahwa informasi berikut bukanlah pengganti konsultasi dokter. Pemeriksaan ke dokter harus dilakukan untuk dapat menghindari keberadaan kanker.

Apa Itu Kanker Telinga?

Kanker kuping adalah jenis penyakit kanker yang langka. Sebagian besar kanker ini dimulai dari kuping bagian luar. Di antara 5 sampai 10 dari 100 kasus kanker kulit (5 – 10%), kankernya berkembang di area kuping. Dan kanker ini sangat jarang sekali berkembang di bagian dalam kuping.

Telinga kita terdiri dari 3 bagian: bagian luar, tengah, dan dalam. Ada juga bagian telinga lain yang penting, yaitu tulang yang mengelilingi dan melindungi telinga kita (tulang temporal).

Telinga Luar. Telinga luar terdiri dari daun telinga, pinna, dan bagian luar dari pintu masuk ke saluran (kanal) telinga.

Saluran (Kanal) Telinga. Ini adalah saluran dari telinga luar ke telinga tengah. Saluran ini juga disebut “meatus”. Saluran telinga sebenarnya masih menjadi bagian dari telinga luar.

Telinga Tengah. Telinga tengah terdiri dari rongga kecil yang berisi 3 tulang-tulang kecil. Telinga tengah meneruskan getaran dari gendang telinga ke telinga bagian dalam.

Telinga Dalam. Telinga dalam berisi cairan. Selain itu juga berisi tabung spiral kecil yang disebut “koklea”. Koklea memiliki banyak saraf-saraf kecil seperti rambut. Ini untuk mengubah getaran dari telinga tengah menjadi impuls saraf yang kemudian dikirim ke otak.

Telinga dalam juga memiliki sejumlah rongga berisi cairan yang membantu menyeimbangkan tubuh kita.

Tulang Temporal. Saluran telinga, telinga bagian tengah, dan bagian dalam semuanya berada di dalam tulang temporal. Tulang temporal merupakan bagian dari tulang tengorak di atas telinga.

Salah satu bagian dari tulang temporal disebut tulang “mastoid”. Ini bentuknya sedikit menjendul yang bisa diraba di belakang kuping.

Bagian luar tulang mastoid merupakan tulang padat yang keras, tetapi di dalamnya adalah tulang yang berbentuk seperti sarang lebah.

Terdapat udara di dalam rongga-rongga kecil. Mereka juga berisi telinga bagian dalam dan saraf-saraf yang mengontrol pergerakan wajah serta lidah.

Apa Penyebab Kanker Telinga?

Para ahli masih terus berupaya menyelidiki apa sebenarnya penyebab dari kanker telinga, namun mereka belum benar-benar mengerti. Hanya ada sedikit kasus dari kanker ini, jadi mereka kesulitan untuk mencari tahu bagaimana awal mula dari penyakit ini.

Namun ada hal-hal yang sudah diketahui oleh para peneliti, yaitu faktor-faktor tertentu yang dapat memperbesar risiko kita untuk terkena kanker kuping. Faktor-faktor yang berkaitan dengan penyebab kanker telinga itu antara lain:

  • Memiliki warna kulit cerah.
  • Menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari tanpa (atau kurang) perlindungan losion tabir surya.
  • Sering mengalami infeksi di telinga. Peradangan yang terjadi di telinga entah bagaimana dapat memicu berubahnya sel-sel di telinga menjadi sel-sel kanker.
  • Usia yang sudah lanjut. Beberapa jenis kanker kuping lebih umum terjadi pada orang tua, contohnya adalah karsinoma sel skuamosa di tulang temporal.

Memang penyebab pasti dari kanker telinga masih belum diketahui. Namun kita perlu lebih berhati-hati apabila memiliki faktor-faktor di atas, karena bisa jadi kita lebih rentan untuk mengembangkan kanker ini.

Bagaimana Ciri-Ciri Kanker Kuping?

Gejala atau ciri-ciri dari kanker telinga dapat berbeda-beda, tergantung pada lokasi kanker berkembang. Berikut adalah gejala umum dari kanker telinga pada masing-masing bagiannya:

Ciri-Ciri Kanker di Telinga Luar:


  • Bercak bersisik di kulit telinga, meski sudah diberi pelembap
  • Benjolan putih yang mengkilap di bawah kulit telinga
  • Bisul yang mengeluarkan darah

Ciri-Ciri Kanker di Saluran Telinga:


  • Rasa sakit di telinga
  • Keluar cairan dari dalam telinga
  • Gangguan pendengaran
  • Benjolan di saluran telinga
  • Rasa lemah di wajah

Ciri-Ciri Kanker di Telinga Tengah:


  • Keluar cairan dari dalam telinga (bisa jadi bercampur darah)
  • Gangguan pendengaran
  • Rasa sakit di telinga
  • Tidak bisa menggerakkan wajah ke arah telinga yang terkena

Ciri-Ciri Kanker di Telinga Dalam:


  • Rasa sakit di telinga
  • Sakit kepala
  • Gangguan pendengaran
  • Tinnitus (telinga berdengung)
  • Merasa pusing

Ada beberapa penderita kanker telinga yang juga mengalami gejala berupa pembengkakan kelenjar getah bening di leher mereka.

Apabila Anda menyadari adanya keberadaan gejala-gejala kanker telinga seperti di atas, ada baiknya segera temui dokter. Dokter dapat membantu memastikan apa penyebab dari gejala tersebut, dan jika dibutuhkan beliau akan memberi penanganan agar kondisinya tidak bertambah buruk.

Bagaimana Pengobatan Kanker Kuping?

Pengobatan utama untuk kanker kuping adalah operasi dan radioterapi. Kadang juga dibutuhkan kemoterapi, tergantung pada stadium kankernya saat pertama didiagnosis.

Kanker di kuping bagian luar biasanya akan dihilangkan melalui operasi bedah. Jika ukuran kankernya besar, mungkin pasien membutuhkan operasi rekonstruksi telinga untuk menggantikan bagian yang hilang.

Kanker di saluran telinga atau tulang temporal biasanya ditangani dengan operasi dan kemudian dilanjutkan dengan radioterapi. Seberapa banyak bagian kuping yang dihilangkan tergantung pada seberapa luas kanker telah berkembang.

Kadang-kadang dokter harus mengangkat saluran telinga, tulang temporal, dan gendang telinga. Jika ada banyak bagian yang diangkat, dokter mungkin akan merekonstruksi telinga pasien.

Pengobatan kanker kadang akan berdampak pada kemampuan pendengaran dari pasien. Karena itu beberapa pasien membutuhkan alat bantu pendengaran setelah menjalani pengobatan kanker.

Kesimpulan tentang Kanker Kuping

Apa itu kanker kuping? Kanker kuping adalah jenis penyakit kanker langka yang dapat muncul di kuping bagian luar, tengah, dan dalam. Sebagian besar kanker ini dimulai dari kuping bagian luar.

Apa penyebab kanker telinga? Sampai sekarang masih belum jelas apa penyebab dari kanker telinga, namun para ahli telah mendapati ada faktor-faktor tertentu yang dapat membuat kita lebih rentan mengalami kanker ini. Faktor-faktor itu antara lain: punya kulit cerah, sering terkena sinar matahari, sering infeksi di telinga, dan usia lanjut.

Bagaimana ciri-ciri kanker telinga? Gejala kanker ini dapat berbeda-beda tergantung pada lokasinya di telinga. Tetapi pada umumnya gejala dari kanker telinga ialah rasa sakit di telinga, keluar cairan dari telinga, gangguan pendengaran, muncul benjolan, dan luka atau bisul berdarah di kulit telinga.

Bagaimana pengobatan kanker kuping? Pengobatan utama dari kanker kuping ialah operasi bedah dan radioterapi (terapi radiasi). Kadang-kadang dokter juga memberikan kemoterapi pada pasiennya. Jika ada banyak bagian telinga yang diangkat saat operasi, dokter mungkin akan merekonstruksi telinga untuk menggantikan bagian yang diangkat.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang penyebab, gejala, dan pengobatan kanker kuping. Semoga informasi ini dapat menambah kewaspadaan Anda terhadap penyakit langka ini. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar penyakit kanker hanya di Deherba.com.


Sumber Referensi:

Christiano, Donna. All About Ear Cancer. Reviewed: 2018-08-14. URL: https://www.healthline.com/health/ear-cancer. Accessed: 2019-12-09

Cancer Research UK. What Is Ear Cancer?. Reviewed: 2018-05-11. URL: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/head-neck-cancer/cancer-of-the-ear/middle-inner-about. Accessed: 2019-12-09