Apakah Laki-Laki Bisa Terkena Kanker Payudara?

142
Ilustrasi Kanker Payudara pada Laki-Laki
Credit Photo: nito103 / depositphotos
5
(1)

Kanker payudara merupakan penyakit kanker yang paling banyak diderita oleh wanita. Bukan hanya itu, kanker ini juga merupakan penyakit kanker yang jumlah kasusnya terbanyak di dunia. Memang kanker ini identik dengan wanita, namun apakah laki-laki juga bisa terkena kanker payudara? Jika bisa, bagaimana ciri-ciri kanker payudara pada laki-laki (pria)?

Dalam artikel ini akan dijelaskan jawaban dari kedua pertanyaan tersebut. Artikel ini akan mengulas informasi tentang penyebab, ciri-ciri, diagnosis, serta pengobatan untuk kanker payudara pada pria.

Apakah Laki-Laki Bisa Terkena Kanker Payudara?

Semua orang, tidak terkecuali kaum pria, memiliki sel-sel dan jaringan payudara. Meskipun pria tidak mengembangkan payudara yang dapat menghasilkan ASI, namun sel-sel dan jaringan payudara pada pria masih bisa terkena kanker. Jadi apakah laki-laki bisa terkena kanker payudara? Jawabannya jelas, laki-laki bisa menderita kanker payudara.

Meski begitu, kanker payudara pada laki-laki sangat jarang terjadi. Hanya kurang dari satu persen dari semua kasus kanker payudara yang terjadi pada laki-laki, dan hanya satu dari seribu laki-laki yang punya kemungkinan untuk didiagnosis kanker payudara.

Kanker payudara pada pria biasanya terdeteksi dari benjolan keras di bawah puting dada dan areola. Angka kematian akibat kanker ini pada pria lebih tinggi daripada pada wanita, terutama karena kesadaran para pria lebih sedikit terhadap penyakit ini. Mereka juga cenderung tidak mengira bahwa benjolan di dada mereka sebagai kanker payudara, sehingga mereka terlambat mencari pengobatan.

Jenis Kanker Payudara pada Laki-Laki


Dari semua kasus kanker payudara pada pria, sebagian besar adalah dari jenis infiltrating ductal carcinoma (IDC). Jenis kanker ini dimulai dari sel-sel di dalam atau di sekitar saluran susu, dan kemudian menyerang jaringan sekitarnya. Dalam kasus yang sangat jarang, seorang pria mungkin terkena kanker payudara terinflamasi, atau disebut juga penyakit Paget, pada puting dada.

Apa Penyebab Kanker Payudara pada Pria?

Para ahli masih belum memahami apa sebenarnya penyebab kanker payudara pada pria. Namun mereka telah menemukan faktor-faktor tertentu yang membuat seorang pria lebih berisiko terkena kanker ini. Pria yang lebih berisiko untuk menderita penyakit kanker ini yaitu:

  • Pria yang terkena paparan radiasi.
  • Pria yang punya kadar hormon estrogen yang tinggi.
  • Pria yang punya riwayat keluarga penderita kanker payudara, terutama kanker payudara yang terkait dengan gen BRCA2.

Bagaimana Ciri-Ciri Kanker Payudara pada Laki-Laki?

Mendeteksi gejala kanker payudara pada pria sejak dini akan menambah peluang untuk selamat dari penyakit ini. Namun karena kanker ini sangat jarang terjadi pada pria, maka hanya sedikit manfaatnya bagi seorang pria untuk melakukan pemeriksaan skrining kanker payudara seperti mammogram atau pemeriksaan lainnya.

Baca juga:  Apa Itu Kanker Payudara? Selengkapnya!

Cara terbaik untuk mendeteksi dini kanker ini ialah dengan mengenali ciri-ciri fisik dari keberadaan kanker payudara pada laki-laki. Berikut adalah ciri-ciri kanker payudara pada pria yang perlu diwaspadai:

  • Muncul benjolan atau bengkak di payudara, yang biasanya (tapi tidak selalu) tidak terasa sakit
  • Puting payudara masuk ke dalam
  • Kulit payudara berkerut atau lesung ke dalam
  • Kemerahan atau kerak pada puting atau kulit payudara
  • Keluar cairan dari puting payudara

Kadang-kadang kanker payudara dapat menyebar ke kelenjar getah bening di ketiak atau di sekitar tulang selangka (yang menghubungkan tulang dada dan tulang bahu). Penyebaran itu menimbulkan benjolan atau bengkak di area tersebut, bahkan mungkin sebelum muncul benjolan yang cukup besar di payudara.

Ciri-ciri di atas memang belum tentu disebabkan oleh kanker payudara pada pria. Namun jika Anda menyadari adanya ciri-ciri seperti di atas, ada baiknya segera temui dokter sesegera mungkin.

Cara Diagnosis Kanker Payudara pada Laki-Laki


Jika ada kemungkinan bahwa Anda memiliki gejala-gejala kanker payudara, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memeriksa tekstur dan ukuran dari benjolan yang mencurigakan. Beliau juga mungkin akan memeriksa bagian-bagian tubuh yang lain untuk melihat apakah kanker telah menyebar, misalnya dengan meraba kelenjar getah bening di ketiak.

Apabila dibutuhkan, dokter akan meminta Anda untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan lanjutan tersebut bisa jadi: mamogram, USG payudara, tes cairan puting, dan biopsi payudara.

Apa Pengobatan untuk Kanker Payudara pada Pria?

Bila hasil dari pemeriksaan diagnosis menunjukkan adanya keberadaan kanker, maka dokter akan memberikan rekomendasi pengobatan yang cocok. Dokter akan menyesuaikan rekomendasi pengobatannya dengan seberapa besar ukuran kanker itu dan apakah kanker telah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Pilihan pengobatan yang tersedia untuk kanker payudara pada laki-laki antara lain: operasi, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi tertarget.

Pengobatan Herbal untuk Kanker Payudara pada Laki-Laki

Selain pengobatan medis, ada juga alternatif pengobatan menggunakan herbal anti-kanker yang telah dibuktikan ampuh, yaitu Sarang Semut Papua. Herbal ini memiliki kandungan senyawa yang berkemampuan untuk menghambat dan bahkan membunuh sel-sel kanker melalui mekanisme-mekanisme anti-kanker.

Mekanisme anti-kanker tersebut antara lain: anti-proliferasi untuk menghambat perbanyakan sel-sel abnormal pada kanker, penghambatan siklus sel untuk menghambat pembelahan sel-sel kanker, induksi apoptosis untuk memicu terjadinya kematian pada sel-sel kanker, dan inhibisi angiogenesis untuk menghambat pembentukan pembuluh darah baru yang mengalirkan makanan ke sel-sel kanker.

Baca juga:  7 Tanda-Tanda Kanker Payudara Stadium Awal

Sarang Semut Papua juga telah dilaporkan dapat memberikan hasil yang relatif cepat untuk memulihkan kondisi para penderita kanker. Banyak yang melaporkan bahwa mereka sudah mulai merasakan tanda-tanda pemulihan dalam waktu 3 bulan atau kurang. Tanda-tanda misalnya rasa sakit yang menghilang, bisa kembali berjalan seperti biasa, dapat makan seperti sedia kala, dan ukuran kanker atau tumor yang perlahan mengecil.

Dan pemulihan tersebut dapat diperoleh (tidak selalu) tanpa harus melalui biopsi, operasi bedah, dan kemoterapi yang sering menimbulkan efek samping yang tak mengenakkan. Apabila Anda ingin tahu lebih banyak tentang herbal anti-kanker ini, bacalah artikel: Sarang Semut Papua Hancurkan Kanker, Tumor, dan Benjolan Abnormal!

Kesimpulan tentang Kanker Payudara pada Laki-Laki

Apakah laki-laki bisa terkena kanker payudara? Ya bisa. Semua orang, laki-laki maupun perempuan, memiliki sel-sel dan jaringan payudara sehingga semua orang bisa saja mengidap kanker payudara. Memang kanker ini sangat jarang dialami pria, jumlah kasusnya hanya kurang dari satu persen dari semua kasus kanker payudara.

Apa penyebab kanker payudara pada pria? Meski penyebab pastinya belum diketahui, tetapi ada sejumlah faktor risiko yang telah diketahui. Faktor-faktor risiko itu antara lain: terkena paparan radiasi, kadar hormon estrogen yang tinggi, dan riwayat keluarga penderita kanker payudara.

Bagaimana ciri-ciri kanker payudara pada laki-laki? Ciri-ciri yang perlu diwaspadai ialah: benjolan atau bengkak di payudara, puting payudara masuk ke dalam, kulit payudara berkerut atau lesung ke dalam, kemerahan atau kerak pada kulit payudara, dan keluar cairan dari puting payudara. Segera periksa ke dokter jika melihat adanya ciri-ciri kanker payudara pada laki-laki itu.

Apa pengobatan untuk kanker payudara pada pria? Pilihan pengobatan yang tersedia untuk kanker ini yaitu: operasi, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi tertarget. Dokter akan menyesuaikan pengobatannya dengan ukuran kanker itu dan apakah kanker telah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang kanker payudara pada laki-laki. Semoga informasi ini dapat menambah kewaspadaan Anda terhadap penyakit kanker yang langka ini. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar penyakit kanker hanya di Deherba.com.


Sumber Referensi:

National Breast Cancer Foundation. Male Breast Cancer. URL: https://www.nationalbreastcancer.org/male-breast-cancer. Accessed: 2019-12-10

American Cancer Society. Signs and Symptoms of Breast Cancer in Men. Reviewed: 2018-04-27. URL: https://www.cancer.org/cancer/breast-cancer-in-men/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.html. Accessed: 2019-12-10

Kraft, Sy. What’s to know about male breast cancer?. Reviewed: 2019-07-23. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/179457.php. Accessed: 2019-12-10


Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Rating: 5 / 5. Pemilih: 1

Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?