Inilah Cara Cepat untuk Mengatasi Kram Kaki

201

Diedit:

Kram adalah salah satu keluhan otot yang yang mungkin sudah sering Anda rasakan. Kram bisa muncul kapan saja dan terjadi di mana saja, meski kebanyakan kasus serangan terjadi pada area kaki. Penyebab dari serangan ini pun beragam. Dan kadang tidak mudah pula untuk dapat mengatasi kram kaki ini dengan cepat.

Kram kaki biasanya ditandai dengan keluhan seperti rasa ditarik pada otot dengan rasa kaku dan nyeri yang sangat. Kadang kaki tampak seperti berdenyut dan menegang. Biasanya serangan kram akan muncul pada area betis, paha, hingga pada area telapak kaki.

Apa Penyebab Kram Kaki?

Penyebab kram pada dasarnya sangat beragam termasuk pula penyebab kram kaki. Kram merupakan reaksi kejang pada otot dan beberapa faktor penyebab berikut ini bisa menjadi pemicunya.

Otot kekurangan unsur air dan mineral

Anda yang berolahraga dan kurang melakukan pemanasan akan lebih rentan mengalami kram otot. Kram terjadi karena otot pada area tertentu, biasanya kaki, kurang tersuplai oleh elektrolit. Penyebabnya karena tubuh mengeluarkan banyak keringat akibat aktivitas olahraga. Sementara di saat yang sama otot belum cukup mendapatkan pemanasan sehingga pembuluh darah belum melebar dan menyebabkan suplai air menuju otot kaki berkurang. Otot membutuhkan elektrolit agar bergerak dan berkontraksi normal.

Terlalu banyak tekanan

Anda berjalan terlalu jauh atau Anda mengangkat beban terlalu berat dan dalam waktu lama akan meyebabkan kontraksi otot yang berlebihan. Otot mencapai batas kemampuannya dan menyebabkan efek tegang pada otot. Otot yang tegang karena terlalu banyak tekanan akan menekan pembuluh darah, dan akhirnya aliran darah dan elektrolit menuju otot berkurang, sehingga otot mengalami kram.

Terlalu banyak sinyal dari otak

Beberapa orang malah bisa mengalami kram di saat duduk atau tidur. Biasanya karena posisi kaki yang tertindih lama atau berada dalam posisi tertentu terlalu lama. Scott Garrison, MD, PhD dari Departemen Kedokteran Olahraga di University of Alberta, mengatakan ketika Anda langsung menggerakan kaki yang telah lama diam atau tertindih, maka otot mengalami efek kejut karena mendapatkan sinyal yang datang cepat dari otak. Efek kejut dan sinyal beruntun inilah yang kemudian membuat otot pada kaki menjadi tegang dan akhirnya mengalami kram.

Efek kekurangan nutrisi

Untuk menjaga kondisinya otot membutuhkan sejumlah nutrisi seperti fosfor, potasium, zat besi, vitamin B, vitamin D, dan beberapa sumber nutrisi lain. Kadang kasus tegang pada otot dipicu oleh kekurangan nutrisi yang menyebabkan otot kekurangan daya tahannya terhadap tekanan atau menyebabkan sistem saraf tepi pada otot tidak dapat bekerja dengan optimal.

Bagaimana Cara Mengatasi Kram Kaki dengan Cepat?

Serangan kram memiliki beberapa tingkatan rasa sakit, kadang rasa sakitnya ringan dan masih mungkin untuk ditahan. Tapi beberapa menyerang dengan rasa sakit yang sangat, seperti tertusuk dan tertarik kuat. Meski begitu, ukuran dari rasa sakit tidak bisa disamakan antara satu orang dengan orang yang lain. Dan karena itu, banyak orang tidak betah berlama-lama merasakan sakit karena serangan kram.

Kebanyakan orang ingin segera mengatasi kram dan menyingkirkan rasa sakit yang mendera secepat mungkin. Dan beberapa tips berikut akan membantu Anda mengatasi kram kaki dengan cepat.

Kompres hangat area yang terserang kram

Efek hangat akan membuka pembuluh darah sehingga aliran darah akan kembali lancar dan mensuplai otot dengan nutrisi dan elektrolit. Efek hangat juga membantu meregangkan otot yang kaku dan tegang karena serangan kram. Pilih jenis yang hangat dan nyaman karena kalau terlalu panas malah bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Temukan titik balik otot

Anda bisa melakukan peregangan otot untuk melepas kekakukan dan efek tegang pada otot. Caranya dengan menarik melawan arah dari tarikan otot yang terjadi. Misalkan bila serangan kram terjadi pada telapak kaki, tarik jempol kaki ke arah dalam. Diamkan sesaat sampai otot mulai lemas dan ulangi beberapa kali sampai kram hilang.

Anda juga bisa melakukan teknik serupa bila serangan kram terjadi pada betis dengan menarik telapak kaki tumit tumit ke arah tulang kering. Terus tarik selama beberapa saat dan ulangi sampai rasa nyeri memudar.

Sedangkan bila kejang otot terjadi pada paha, Anda bisa dudukkan penderita kram dan bantu dia untuk membungkuk sedalam mungkin mendekatkan wajah mereka pada lutut. Tekan dan diamkan posisi ini selama beberapa saat, bila perlu ulangi untuk hasil maksimal.

Pijat lembut setelah ketegangan otot berkurang

Bila rasa nyeri mulai berkurang sebaiknya jangan langsung menggunakan kaki untuk beraktivitas. Duduklah dengan kaki diluruskan dan diamkan sesaat. Biarkan kaki menjadi hangat dengan kompres hangat dan bantu pijat lembut bagian kaki yang sakit untuk membantu memulihkannya.

Bila Anda langsung berjalan setelah berhasil mengatasi kram kaki, maka bisa jadi kondisi tegang pada otot belum sepenuhnya hilang. Dan bukan mustahil Anda akan mengalami serangan kram ulangan.

Pencegahan Kram Kaki

Anda sudah memahami bagaimana cara cepat mengatasi kram kaki. Sekarang yang kemudian banyak dikeluhkan adalah bagaimana bisa mencegah kembali mendapatkan serangan kram kaki? Ini dia cara aman untuk mengatasi kram kembali terulang.

Pemanasan

Ini adalah cara pencegahan mutlak untuk Anda yang akan berolahraga. Pemanasan tidak hanya akan membantu merasa lebih siap untuk berolahraga, tetapi juga berperan dalam melancarkan aliran darah menuju sel otot kaki dan membantu otot tidak mudah tegang.

Minum air

Jangan biarkan tubuh Anda mengalami dehidrasi, karena kebanyakan kasus kram pada olahragawan adalah efek karena tubuh kekurangan asupan air. Air akan bekerja menghantarkan elektrolit dalam darah dan tanpa air mencukupi elektrolit akan sulit mencapai sel-sel dan jaringan pada otot.

Perbaiki nutrisi

Sebagaimana dijelaskan diatas, otot membutuhkan sejumlah senyawa mineral penting seperti potasium, magnesium, zink, fosfor, zat besi, dan banyak lagi. Sedangkan otot juga mutlak membutuhkan vitamin B dan E untuk membantu menjaga ketahanan otot terhadap tekanan dan beban berat. Dengan memperbaiki nutrisi Anda akan membantu mencegah kram kaki terjadi.

Apakah Anda mulai memahami bagaimana cara mengatasi kram kaki dan bagaimana keluhan ini dapat Anda atasi dengan cepat? Selain itu pahami pula faktor pemicu kram yang Anda alami dan hindari gaya hidup tidak sehat yang dapat memicu kram berulang.