Inilah Bahaya Alkohol bagi Kesehatan Anda!


By Cindy Wijaya

Alkohol merupakan bahan utama dari aneka minuman keras. Kadar alkohol dalam minuman keras sendiri berbeda-beda. Beberapa contohnya yaitu bir, whisky, brendi, juga anggur. Untuk diketahui bahwa alkohol tak memiliki warna, berupa cairan bening, mudah menguap, bersifat memabukkan, mudah bergerak, rasa panas, mempunyai aroma khas, dan juga bersifat mudah terbakar. Jika terbakar, nyala api yang ditimbulkan berupa api biru tak berasap.

Orang-orang gemar konsumsi minuman beralkohol tersebut karena sifatnya yang memabukkan, jadi ketika mabuk orang tersebut akan lupa segala masalah yang harus dihadapinya. Padahal sebenarnya fungsi minuman beralkohol yang sesungguhnya itu untuk menghangatkan badan, khususnya di negara barat yang ada iklim saljunya. Tetapi banyak orang yang menyalahgunakan minuman ini. Mari baca selengkapnya.

Minuman dengan Alkohol Berbahaya bagi Kesehatan

Berdasarkan penelitian medis yang pernah dilakukan, ditemukan jika perilaku buruk seseorang yang terbiasa minum minuman yang mengandung alkohol berdampak negatif pada tubuh orang tersebut. Tak hanya itu, efek negatif juga akan dirasakan oleh sekitarnya. Biasanya orang yang mabuk karena konsumsi minuman beralkohol menjadi kurang bisa berpikir dan mudah emosi. Karena itu, terkadang orang lain yang menjadi korbannya.

Belum lagi kecelakaan kendaraan karena ketika mabuk, orang tersebut menyetir kendaraan. Tentu saja ini sangat berbahaya. Dan itu hanyalah beberapa contoh dari bahaya alkohol secara keseluruhan. Belum lagi dampak buruknya bagi kesehatan organ-organ dalam tubuh, yaitu:

  • Pankreas

    Pada organ pankreas akan terjadi peradangan atau pancreatitis, kadar gula darah rendah, dan kanker.

  • Jantung

    Pada jantung, denyut jantung yang tak normal (Aritmia), dan gagal jantung.

  • Pembuluh darah

    Aterosklorosis, stroke, dan tekanan darah tinggi.

  • Saraf

    Kemampuan berjalan berkurang, kerusakan saraf pada tungkai dan lengan yang mengontrol pergerakan.

  • Otak

    Kurang koordinasi, kebingungan, psikosa, dan ingatan jangka pendek buruk.

Baca Juga:  Minum Alkohol Kebiasaan atau Penghancur Kebahagiaan

Penyakit yang Ditimbulkan oleh Bahaya Alkohol

Penyakit-penyakit yang dapat ditimbulkan karena konsumsi minuman dengan alkohol

  • Tekanan Darah Tinggi

    Alkohol bisa mengganggu sistem dari saraf simpatik, yang mempunyai fungsi mengatur konstruksi juga dilatasi (Pengecilan dan pelebaran) pembuluh darah. Kondisi ini sebagai reaksi dari tubuh atas stress, penggunaan tenaga, dan perubahan suhu.

  • Kerusakan Saraf

    Alkohol juga bersifat racun pada sel saraf, yang mengakibatkan kerusakan saraf, disebut juga dengan Neuropati alkoholik. Akan muncul rasa nyeri yang layaknya ditusuk-tusuk ke alat gerak, disfungsi ereksi, kelemahan otot, dan keinginan mendesak untuk segera buang air kecil.

  • Gangguan Liver

    Terlalu sering konsumsi minuman beralkohol juga bisa mengakibatkan gangguan liver. Alkohol bisa memicu liver supaya bekerja dengan lebih keras ketika menyaring cairan yang Anda minum tersebut. Oleh karenanya, liver pun akan membengkak, banyak mengandung air. Berdasarkan berbagai data yang ada, sekitar 10 hingga 20% pasien liver disebabkan oleh minuman alkohol.

Herbal untuk Menyembuhkan Liver karena Pengaruh Alkohol

Apabila Anda sudah terlanjur terkena penyakit liver, maka solusi yang dapat Anda coba adalah dengan konsumsi obat herbal yang tepat. Adapun obat atau bahan herbal yang cocok untuk mengatasi penyakit liver adalah herbal Sarang Semut. Memang Sarang Semut sudah terbukti mampu menyembuhkan berbagai penyakit berat.

Tak hanya itu, Sarang Semut juga mampu mengobati penyakit kanker payudara, paru-paru, rahim, usus, prostat, kulit serta kanker darah. Apalagi sekarang sudah tersedia ekstrak dari Sarang Semut, sehingga apabila Anda hendak mengkonsumsinya sudah tidak sulit lagi. Bahkan harganya pun terjangkau. Sekian artikel mengenai bahaya alkohol untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}