Ini Dia Tips Jitu Untuk Berhenti Merokok

476

Diedit:

Sulit rasanya memang berhenti merokok sekalipun Anda sudah hafal di luar kepala apa saja bahaya dari merokok terhadap kesehatan Anda. Masalahnya dalam rokok terdapat kandungan senyawa yang bersifat candu sehingga menyebabkan efek ketagihan yang susah dihentikan.

Biasanya mereka yang sudah terbiasa merokok akan kesulitan mengatasi kondisi ketika tubuh membutuhkan rokok. Nikotin memberi efek nyaman yang candu sehingga ketika tubuh tidak mendapat suplai nikotin, tubuh akan terasa tidak nyaman.

Biasanya berawal dari mulut yang akan terasa tawar, tubuh tidak terasa segar dan lesu, bahkan beberapa orang mengalami gejala seperti masuk angin ketika tidak bisa merokok. Beberapa orang juga mengeluhkan kesulitan untuk berkonsentrasi ketika tidak bisa merokok. Akhirnya tidak ada pilihan lain selain tetap merokok, sekalipun mereka sadar sepenuhnya akan bahaya rokok.

Sebenarnya bukan mustahil untuk bisa berhenti merokok. Asalkan sungguh-sungguh dengan niat Anda dan menjalankan beberapa tips berikut, keinginan Anda untuk hidup bebas rokok akan terwujud. Apa saja tips untuk berhenti merokok tersebut?

  • Makan lebih banyak sayur dan buah mentah

    Konon beberapa orang mengatakan bahwa sayuran dan buah membuat rasa dari rokok terasa tidak lagi nyaman di lidah. Ada efek pahit dan tawar yang kurang disukai sehingga membuat rokok tak lagi nyaman untuk dikonsumsi. Bila Anda mulai merasa butuh merokok, alihkan dengan sebuah apel atau beberapa buah wortel kupas mentah. Memang terasa asing awalnya, tetapi akan terbiasa pada akhirnya.

  • Perbanyak olahraga

    Ada beberapa alasan kenapa olahraga membuat seseorang lebih berniat untuk berhenti merokok. Ketika tubuh mulai tidak terkontaminasi rokok setidaknya selama 4 hari, tubuh akan memproduksi lebih banyak energi, dan otot juga lebih tahan terhadap tekanan. Anda lebih tahan lelah, tubuh terasa lebih bugar dan rasa segar, ini akan membuat Anda sayang untuk merokok. Lagi pula beberapa orang mengaku enggan merokok di saat lelah dan terengah-engah.

  • Manfaatkan pijat refleksi atau akupuntur

    Dalam titik akupuntur dan refleksi, terdapat titik yang dapat mengendalikan kecanduan akan rokok. Penekanan pada titik tersebut akan membantu menghentikan efek candu yang sudah terekam dalam otak dan membantu menciptakan halusinasi rasa yang membuat Anda justru merasa kurang nyaman ketika merokok.

  • Alihkan dengan makan kacang

    Beberapa pakar kesehatan melihat bagaimana kacang-kacangan berlemak tak jenuh semacam almond, kenari, atau kacang tanah dapat membentuk manipulasi pada rekaman candu dalam otak. Selain itu kacang memberi efek candu yang berbeda yang akan menggantikan candu Anda terhadap rokok untuk sementara waktu. Anda mungkin juga pernah mengalami betapa sulitnya berhenti mengemil kacang kecuali sudah habis satu toples.

  • Manfaatkan permen karet

    Rokok membantu orang menjadi lebih rileks sekaligus lebih fokus. Itu memang khasiat dari nikotin, meski sayangnya memberi efek candu dan menyisakan begitu banyak toksin dalam tubuh. Gantikan kebutuhan Anda untuk meningkatkan fokus dan menjaga tubuh tetap rileks dengan permen karet. Permen karet akan membuat Anda nyaman, membantu menekan rasa tawar pada mulut karena efek candu, dan meningkatkan aliran darah menuju otak, sehingga baik untuk konsentrasi dan fokus.

  • Manfaatkan khasiat jahe

    Jahe juga bisa membantu Anda merasa lebih nyaman dalam mengatasi kecanduan rokok. Berhenti merokok memang perlu proses dan kadang membuat rasa tidak nyaman pada tubuh selama beberapa hari. Atasi rasa tidak nyaman pada tubuh dengan wedang jahe.

Baca juga:  Berhenti Merokok: Tips untuk Melewati Hari-Hari Awal yang Sulit

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda jajal untuk mengatasi kecanduan rokok. Berhenti merokok membutuhkan niat yang kuat, dukungan orang di sekitar Anda, dan tentu saja semangat yang tinggi. Jadi selamat berjuang untuk berhenti merokok sekarang juga.

Advertisement
Alinesia