Noni Juice sebagai Obat Stres Alami

101
noni juice untuk obat stres alami
Buah Noni

Diedit:

Kita mungkin begitu sering menggunakan kata ‘stres’ setiap hari. Tak heran karena hidup di dunia sekarang ini menuntut banyak sekali hal yang bisa membuat kita tertekan, secara emosi, fisik, maupun mental. Bagaimana dengan konsumsi obat stres alami seperti; Noni Juice?

Situasi sehari-hari atau yang datang tak terduga dapat membuat Anda stres. Misalnya sewaktu lupa membayar tagihan bulanan padahal sudah jatuh tempo. Saat bos memberikan tugas yang Anda sendiri tidak yakin bisa menyelesaikannya. Ketika harus berbicara di depan banyak orang sementara Anda orangnya pemalu, atau situasi-situasi menegangkan lainnya.

Seperti Apa Noni Juice Sebagai Obat Stres Alami?

Noni juice adalah minuman obat stres alami yang terbuat dari buah Noni (Morinda citrifolia), tumbuhan yang banyak tumbuh secara alami di pulau Jawa. Sudah sejak lebih dari 5000 tahun lalu buah ini dimanfaatkan secara tradisional oleh penduduk Indonesia untuk diambil nutrisi dan manfaat kesehatannya.

Bahkan manfaat Noni juga kesohor di Tahiti, pulau yang berjarak ribuan kilometer dari Indonesia. Di Tahiti, sejak 1.600 tahun lalu, buah Noni dianggap sebagai buah suci yang dihormati oleh para tabib (Kahuna) di desa-desa Tahiti karena kemampuannya untuk mengatasi berbagai penyakit.

Hingga saat ini Noni sudah dikenal di berbagai belahan dunia dan telah membantu begitu banyak orang untuk terbebas dari masalah kesehatan yang mereka alami. Tak mengherankan jika ada yang menyebutkan obat stres alami ini sebagai minuman kesehatan terbaik di dunia.

Riwayat Noni yang demikian lama ditambah dengan riset-riset yang cukup membuktikan manfaat dari kandungan-kandungan di dalamnya. Maka layak bila memasukkan Noni juice ke dalam daftar langkah untuk mengatasi stres. Seraya Anda terus memperbaiki pola hidup, mulai dari kebiasaan makan, kebiasaan tidur, ataupun aktivitas lainnya yang terkait dengan kondisi tersebut.

Apa yang Terjadi dalam Tubuh Ketika Anda Stres?

Dari luar seseorang yang sering stres mungkin terlihat baik-baik saja, tetapi tak banyak orang tahu apa yang sedang terjadi di dalam tubuh ketika stres. Terus-menerus merasakan tekanan secara emosi, fisik, atau mental bisa merugikan kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Baca juga:  Apa Itu Obat Stres?

Tubuh Anda dirancang untuk memiliki sistem tanggap darurat yang aktif saat sedang stres. Sistem ini akan membuat hormon-hormon dilepaskan untuk mempercepat detak jantung, pernapasan, serta meningkatkan tekanan darah. Kemudian jumlah sel darah dan kadar glukosa akan naik drastis dalam aliran darah.

Serangkaian reaksi tersebut terjadi dalam tubuh untuk mempersiapkan diri terhadap penyebab stres. Sesudah penyebab stres teratasi atau berlalu, maka tubuh Anda akan kembali normal. Tetapi kalau penyebab stres tidak kunjung diatasi. Anda akan selalu merasa tegang atau cemas, selayaknya mesin yang terus-terusan aktif. Oleh sebab itu, Anda mesti tahu bagaimana cara mengatasi stres agar tetap sehat secara emosi, fisik, maupun mental.

Badan American Psychological Association mengungkapkan, bahwa stres itu seperti dua sisi mata uang koin. Di satu sisi bisa membuat hidup jadi lebih menarik, namun di sisi lain bisa menjadi racun yang mematikan — tergantung bagaimana Anda mengendalikannya.

Dalam upaya mengurangi stres, Anda perlu melakukan beberapa hal untuk membantu tubuh. Lembaga National Institutes of Health (NIH) di Amerika Serikat menyatakan bahwa mengubah gaya hidup merupakan awal terbaik untuk mengatasi stres.

“Awali dengan mengupayakan pola makan sehat dengan gizi seimbang, cukup tidur, dan olahraga teratur. Batasi konsumsi kafein serta alkohol, dan jangan konsumsi nikotin, kokain, atau zat-zat terlarang lainnya.”

Seperti yang dianjurkan NIH, memenuhi asupan gizi adalah salah satu cara untuk membantu menjaga kondisi tubuh saat melawan stres. Dan Noni juice adalah suplemen obat stres alami yang tepat untuk membantu memenuhinya, sehingga Anda dibantu dilindungi dari pengaruh negatif stres.

Meredakan Dampak Negatifnya dengan Obat Stres Alami

Salah satu kunci penting untuk membantu Anda melawan dampak stres yang merusak tubuh adalah mengonsumsi antioksidan, vitamin, juga mineral vital yang mempertahankan kondisi kesehatan serta mencegah kerusakan pada tubuh.

Baca juga:  Cara Menurunkan Hormon Kortisol secara Alami

Ternyata beberapa jenis antioksidan alami terdapat dalam Noni Juice, sehingga menjadikannya sebagai herbal yang layak untuk dicoba. Pengaruh dari Noni Juice dapat meringankan dampak negatif yang dihasilkan karena stres berlebih. Kandungan antioksidan ini membantu Anda untuk meregenerasi kerusakan sel yang terjadi karena stres berlebih, serta membuat Anda relaks.

Beberapa kandungan Noni juice sanggup mencegah penyakit jantung, sejumlah jenis kanker, dan bahkan mampu mengurangi rasa sakit. Khasiatnya tersebut tak terlepas dari kemampuan kandungan antioksidan di dalam Noni yang bisa mencegah kerusakan akibat reaksi kimia di dalam tubuh, termasuk reaksi yang dipicu penyebab stres.

Noni membuat tidur Anda lebih nyenyak

Sebagaimana sudah dijelaskan, Noni mampu merangsang pembentukan melatonin. Melatonin merupakan semacam alarm alami yang mengingatkan tubuh Anda untuk beristirahat. Sehingga dengan meningkatnya kadar melatonin, tubuh akan lebih mudah dibantu untuk rileks, merasa mengantuk, lalu tertidur pulas.

Jika Anda memenuhi kebutuhan tidur setiap malam serta mendapat tidur nyenyak yang berkualitas (tidak sebentar-sebentar terbangun), tubuh pun akan lebih kuat dalam menghadapi penyebab-penyebab stres. Penelitian membuktikan bahwa menjaga pola tidur yang teratur dan berkualitas dapat menurunkan stres dan meningkatkan “mood” setelahnya.

Perlu diingat, kuantitas dan kualitas tidur merupakan 2 hal yang berbeda. Sekalipun Anda tidur lebih lama (kuantitas), namun terbangun dengan rasa lelah — itu merupakan pertanda bahwa kualitas tidur yang Anda miliki tidak terpenuhi dengan baik. Seseorang yang memiliki kualitas tidur yang baik akan bangun dengan perasaan puas dan segar, bukan kelelahan.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal berjudul “Noni Helps Protect Brain from Stress” meneliti bagaimana manfaat Noni juice sebagai obat stres alami dapat melindungi otak dari dampak stres.

Hasil dari penelitian tersebut mendapati bahwa Noni juice sebagai obat stres alami bekerja dengan cara mengurangi gangguan stres terhadap fungsi kognitif (kemampuan berpikir). Juga dengan memperbaiki kinerja pembuluh darah yang mengalirkan darah ke bagian-bagian otak.

Tahukah Anda?

Kekurangan serotonin dalam tubuh bisa mengakibatkan munculnya migrain, pusing, stres, depresi, bahkan juga penyakit Alzheimer. Cari tahu lebih banyak bagaimana kinerja herbal stres dengan konsumsi Noni Juice.

Jika Anda berminat untuk mencobanya sebagai obat stres alami, pastikan produk Noni juice yang dipilih benar-benar mengandung 100 persen sari buah Noni. Ada beberapa produk yang mencampurkan sari buah Noni dengan sari buah-buah lain, sehingga mengurangi keefektifan Noni juice sebagai obat stres alami.

Anda dianjurkan untuk secara teratur mengonsumsi Noni juice agar mengurangi tingkat stres dan dampak negatifnya bagi tubuh, setidaknya selama satu bulan. Imbangi juga dengan pola makan sehat bergizi seimbang, cukup tidur, dan olahraga untuk mengatasi stres hingga ke akar-akarnya.


Muto J, Hosung L, Uwaya A, Isami F, Ohno M, dan Mikami T. 2008. Morinda citrifolia fruit reduces stress-induced impairment of cognitive function accompanied by vasculature improvement in mice. URL: https://www.wellnessresources.com/studies/noni-helps-protect-brain-from-stress. Accessed: 2018-10-17.