Gejala Sinusitis: Waspadai Tanda-Tandanya

520

Diedit:

Sinusitis merupakan penyakit yang menyerang cukup banyak orang, termasuk masyarakat di Indonesia. Anda perlu mengetahui apa saja gejala sinusitis, sehingga dapat diberikan pengobatan secepat mungkin.

Sinusitis merupakan penyakit yang berupa peradangan atau inflamasi yang terjadi di dinding sinus. Peradangan tersebut disebabkan karena faktor infeksi virus dan bakteri. Untuk Anda ketahui bahwa sinus ini merupakan sebuah rongga kecil dengan isi udara, dan lokasi dari sinus terdapat pada tulang dahi atau pipi. Memang sinusitis ini termasuk ke dalam kategori penyakit umum, dan bisa terjadi pada orang dari berbagai usia. Sekarang mari berlanjut ke topik gejala sinusitis.

Gejala Sinusitis

Berikut di bawah ini merupakan beberapa gejala sinusitis, yang harus Anda waspadai:

  • Batuk-batuk
  • Sakit kepala
  • Hidung berair atau tersumbat
  • Demam hingga 38 derajat Celcius bahkan lebih
  • Kehilangan indera penciuman
  • Nyeri di bagian wajah, juga terasa sakit saat ditekan

Itulah beberapa gejala sinusitis yang perlu untuk Anda ketahui. Jika Anda menderita beberapa gejala tersebut, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter THT untuk mendapatkan pengobatan.

Sebenarnya terdapat 4 pasang sinus pada kerangka kepala seseorang. Adapun itu ada pada bagian belakang dahi, belakang mata, ke-2 sisi batang hidung, dan belakang tulang pipi. Sinus sendiri memiliki fungsi untuk membuka lubang di hidung, serta membantu dalam mengendalikan kelembaban udara dan suhu yang masuk menuju organ paru-paru seseorang. Mukosa atau lendir yang diproduksi sinus akan mengalir menuju hidung dari saluran-saluran yang berukuran kecil. Saluran tersebut dapat terhalang apabila sinus mengalami peradangan atau infeksi.

Penyebab Sinusitis

Selain mengetahui gejala sinusitis, Anda juga harus tahu penyebabnya. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus. Mungkin Anda sudah membaca sebelumnya, bahwa selain infeksi virus, sinusitis juga disebabkan karena infeksi bakteri. Jika sudah terserang maka akan muncul gejala sinusitis pada tubuh Anda.

Baca juga:  Kenali 6 Gejala Sinusitis Ini untuk Tahu Kapan Harus ke Dokter

Jika mengalami gejala sinusitis, maka sebelumnya Anda mungkin terserang penyakit pilek atau flu, karena virus penyebab pilek atau flu tersebut akan disebarkan sinus yang berasal dari saluran pernafasan bagian atas. Setelah penyakit flu atau pilek menyerang, maka ada kemungkinan infeksi bakteri sekunder yang terjadi. Kondisi tersebut dapat menyebabkan dinding sinus mengalami inflamasi atau peradangan. Jika itu terjadi, maka gejala sinusitis mungkin akan muncul. Infeksi pada gigi pun juga dapat membuat sinus terinfeksi. Itulah yang perlu Anda ketahui mengenai penyebab sinusitis, selain gejala sinusitis tentunya.

Diagnosis Sinusitis

Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam rangka mendiagnosis penyakit sinusitis yang dialami oleh seseorang. Selain melihat gejala sinusitis, pemeriksaan oleh dokter THT juga dapat dilakukan sebagai cara utama. Dokter pun akan melihat gejala yang ada. Namun dokter THT yang memang spesialis, tentu akan lebih mengerti apakah itu memang gejala sinusitis ataukah gejala penyakit yang lain. Contohnya saja, apakah pasien mengalami gangguan hidung beringus, hidung tersumbat, yang juga diikuti oleh rasa nyeri yang muncul di wajah. Apabila penyakit sinusitis yang terjadi sudah dalam kondisi parah, atau mungkin muncul kembali, maka kunjungan dan konsultasi ke dokter THT wajib untuk Anda lakukan. Tentunya, jika sinusitis terulang, di mana sebelumnya Anda pernah terkena juga, maka gejala sinusitis tentu sudah bukan hal yang asing lagi bagi Anda.

Selain melihat gejala sinusitis, dokter spesialis juga akan menggunakan peralatan medis. Dengan begitu, hasil pemeriksaan yang lebih akurat pun bisa diperoleh. Alat yang digunakan untuk memeriksa tersebut yaitu CT Scan. Tentunya CT Scan juga akan lebih baik jika dilengkapi dengan diagnosis gejala sinusitis sebelumnya. Selain itu, CT Scan juga memiliki kemampuan untuk mencari tahu informasi tentang apa penyebab dari penyakit sinusitis yang diderita oleh pasien. Mungkin memang Anda harus membayar lebih untuk melakukan pemeriksaan tersebut, namun itu sebaiknya Anda lakukan, apalagi jika sinusitis Anda sudah cukup parah.

Baca juga:  Pilihan Obat Sinusitis Alami Agar Hidung Tersumbat Jadi Plong

Pengobatan Sinusitis

Setelah melihat gejala sinusitis, dokter pun akan memberikan pengobatan untuk Anda. Namun untuk kasus di mana penyakit ini disebabkan karena infeksi virus, maka biasanya dibiarkan, sebab sinusitis akan sembuh dengan sendirinya. Penyakit sinusitis dapat sembuh sendirinya dalam kurun waktu kurang lebih 2 – 3 minggu, hingga sembuh total secara keseluruhan. Memang kondisi tersebut apabila dibandingkan, ternyata lebih lama dibandingkan jika Anda menderita penyakit pilek, dan keduanya berkaitan. Gejala sinusitis dapat dikurangi jika Anda hanya menderita penyakit sinusitis yang ringan, cukup menggunakan dekongestan dan obat untuk membantu menghilangkan rasa sakit.

Itulah beberapa gejala sinusitis yang perlu untuk Anda mengerti. Jika Anda sudah mulai merasakan gejala sinusitis tersebut, maka konsultasi ke dokter secepat mungkin adalah yang terbaik. Karena Anda mungkin tidak mengerti apa faktor penyebab penyakit sinusitis yang Anda derita tersebut karena infeksi virus, atau karena infeksi bakteri. Dengan diagnosis yang tepat, dokter bisa memberikan saran pengobatan yang tepat juga.