Flu Lambung (Gastroenteritis): Bagaimana Cara Mencegahnya?

533

Diedit:

Flu lambung paling sering ditularkan melalui kontak dengan penderitanya maupun dengan benda-benda yang terkontaminasi virus flu lambung. Obat yang efektif menyembuhkan flu lambung masih sangat langka, sebab itu Anda harus tahu cara mencegah flu lambung.

Berikut ini dibahas beberapa cara sederhana untuk mencegah penularan virus flu lambung.

Vaksin. Vaksin rotavirus biasanya diberikan ketika anak Anda berusia satu tahun. Tidak hanya mencegah flu lambung, vaksin rotavirus juga efektif untuk mencegah berbagai penyakit lain yang berhubungan dengan diare.

Cuci tangan dengan benar. Dan pastikan juga Anda mengajari anak cara mencuci tangan dengan benar, khususnya setelah menggunakan toilet. Cucilah tangan paling tidak selama 20 detik dengan menggunakan air bersih. Bersihkan sela-sela kuku, bagian bawah kuku, dan garis lipatan tangan Anda kemudian bilas sampai bersih. Gunakan tisu basah atau hand sanitizer hanya jika air bersih dan sabun tidak tersedia.

Pisahkan barang-barang pribadi Anda. Jangan berbagi peralatan makan, meski dengan orang serumah dan gunakan handuk Anda sendiri. Karena virus flu lambung paling sering ditularkan dari benda-benda yang terkontaminasi.

Jaga jarak. Sebisa mungkin, hindari kontak jarak dekat dengan siapapun yang sedang menderita flu lambung.

Sterilkan permukaan perabotan rumah. Jika seseorang yang tinggal serumah dengan Anda terserang flu lambung, sterilkan perabotan rumah, seperti permukaan meja, dengan mencampurkan 2 gelas cairan pemutih ke dalam setiap satu galon air.

Pedoman Mencegah Flu Lambung Ketika Bepergian

Ketika bepergian jauh, misalnya ke luar kota atau negeri, Anda beresiko tertular flu lambung dari makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Pedoman berikut ini dapat bermanfaat bagi Anda untuk mengurangi resiko tersebut.

  • Minumlah hanya dari botol yang tersegel dengan baik atau air berkarbonasi
  • Jangan konsumsi es batu, karena es batu tersebut kemungkinan terbuat dari air yang terkontaminasi
  • Gunakan air dalam kemasan untuk menyikat gigi
  • Jangan konsumsi makanan mentah—termasuk buah yang sudah dikupas, sayuran mentah dan salad, karena sangat mungkin sudah disentuh oleh tangan yang terkontaminasi
Baca juga:  Flu Lambung (Gastroenteritis), Apa Penyebabnya?

Cara Mengobati Flu Lambung dan Mencegah Dehidrasi

Diare flu lambung bisa saja mengarah pada dehidrasi—kondisi tubuh ketika banyak kehilangan cairan, garam serta mineral esensial lain. Jika Anda terserang flu lambung, cara terbaik untuk mengobati flu lambung dan mencegah terjadinya dehidrasi biasanya adalah dengan membuat lambung serta tubuh Anda senyaman mungkin. Caranya yaitu:

  • Biarkan lambung tenang dengan tidak makan atau minum selama beberapa jam setelah muntah atau diare.
  • Isap kepingan es batu atau minum air sedikit demi sedikit namun sering. Selain itu, Anda juga bisa minum air soda atau minuman isotonik tanpa kafein, tapi tetap diminum sedikit demi sedikit.
  • Secara bertahap mulailah makan makanan lunak dan mudah dicerna, misalnya bubur, roti atau biskuit lunak. Berhenti makan jika Anda mulai merasa mual.
  • Perbanyak istirahat.
  • Hati-hati ketika memilih obat diare dan sebisa mungkin hindari obat jenis ibuprofen.

Pada anak-anak, cara mengobati flu lambung yang terbaik adalah dengan mengganti cairan dan garam yang hilang akibat diare (rehidrasi). Berikanlah anak Anda larutan rehidrasi guna mencegahnya mengalami dehidrasi.