Blog Herbal No. 1 Indonesia

Daun Salam untuk Darah Tinggi: Manfaat dan Cara Merebusanya


By Cindy Wijaya

Seorang penderita hipertensi diwajibkan untuk menjaga gaya hidupnya agar tekanan darahnya terkontrol. Ini mencakup menjaga pola makan, rutin olahraga, mengurangi stres, hingga tidur yang cukup. Ada lagi yang biasanya harus dilakukan oleh penderita hipertensi, yaitu rutin minum obat dokter.

Apakah Anda termasuk salah seorang yang harus terus-menerus minum obat dokter? Bisa jadi Anda sedang mencoba mencari alternatif yang lebih aman dan alami untuk mengendalikan tekanan darah. Salah satu yang mungkin terlintas saat Anda sedang mencari adalah daun salam.

Ya, rebusan daun salam adalah salah satu herbal yang dipercaya banyak orang dapat menurunkan tekanan darah. Jika benar tentunya akan bermanfaat karena ini pilihan yang lebih alami dan mudah diperoleh untuk mengurangi ketergantungan pada obat. Karena itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai manfaat daun salam untuk menurunkan darah tinggi.

Manfaat Daun Salam untuk Darah Tinggi

Daun dari tanaman salam (Syzygium polyanthum) memiliki kandungan minyak atsiri yang mengandung senyawa sitral, seskuiterpen, lakton, augenol, dan fenol. Selain itu salam juga mengandung saponin, triterpen, flavonoid, tannin, polifenol, dan alkaloid.

Kandungan flavonoid di dalam daun salam berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu mencegah terjadinya oksidasi di dalam sel-sel tubuh. Semakin tinggi oskidasi sel di dalam tubuh semakin besar juga risiko mengalami penyakit degeneratif. Karena itu flavonoid dapat membantu mencegah penyakit seperti hipertensi, juga menurunkan kolesterol, gula darah, dan asam urat tinggi.

Herbal ini termasuk pilihan favorit masyarakat karena mudah didapat dan jika membeli pun harganya terjangkau. Di samping itu daun salam juga punya berbagai khasiat lain, yaitu sebagai obat alami untuk maag, diare, diabetes, kolesterol, dan asam urat.

Mekanisme kerja dari kandungan kimia dalam daun salam dapat merangsang sekresi cairan empedu sehingga kolesterol akan keluar bersamaan dengan cairan empedu menuju usus dan merangsang sirkulasi pembuluh darah, sehingga mengurangi terjadinya pengendapan lemak pada pembuluh darah.

Pernah dilakukan penelitian untuk membandingkan efektivitas daun alpukat dan daun salam terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi. Hasilnya menunjukkan rebusan daun salam untuk darah tinggi lebih efektif dibandingkan daun alpukat. Sebagai informasi, daun alpukat juga merupakan salah satu herbal yang diyakini ampuh menurunkan tekanan darah.

Penelitian tentang Daun Salam untuk Darah Tinggi

Berbagai penelitian sudah dilakukan untuk membuktikan khasiat daun salam untuk menurunkan tekanan darah. Salah satunya penelitian yang dimuat dalam jurnal Wiraraja Medika tahun 2018, yang meninjau pengaruh rebusan daun salam terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi.

Populasi yang ditinjau adalah lansia penderita hipertensi di wilayah kerja UPT Puskesmas Guluk-guluk sebanyak 175 orang, dengan sampel sebanyak 30 orang yang sudah ditentukan.

Penelitian dilakukan dengan cara pemeriksaan tekanan darah terlebih dulu. Kemudian para partisipan diberikan air rebusan daun salam selama 7 hari diminum 2 kali sehari sebelum makan. Lalu dilakukan kembali pemeriksaan pengukuran tekanan darah setelah hari ke-7.

Hasilnya didapati bahwa air rebusan daun salam memang berpengaruh untuk menurunkan tekanan darah pada para lansia penderita hipertensi tersebut.

Ini selaras dengan hasil penelitian lain yang dipublikasikan dalam Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah tahun 2021. Penelitian ini memeriksa pengaruh rebusan daun salam terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi dengan riwayat stroke.

Para partisipan diberikan rebusan daun salam sebanyak 1 gelas (250 ml) diminum 2 kali sehari (pagi dan sore) masing-masing setengah gelas (125 ml) selama 2 minggu. Hasilnya didapati terjadi penurunan tekanan darah sistolik (angka atas) maupun diastolik (angka bawah).

Dari dua hasil penelitian tersebut, juga berbagai penelitian lain, dapat disimpulan bahwa memang terdapat khasiat rebusan daun salam untuk darah tinggi.

Cara Merebus Daun Salam untuk Darah Tinggi

Air rebusan daun salam yang diminum secara rutin dapat membantu mengendalikan tekanan darah pada penerita hipertensi. Berikut cara merebus daun salam untuk darah tinggi:

  • Siapkan daun salam segar sebanyak 7 – 15 lembar dan air sebanyak 3 gelas.
  • Cuci semua daun salam sampai bersih.
  • Rebus bersama air 3 gelas di dalam panci sampai airnya tersisa 1 gelas.
  • Ramuan daun salam siap diminum.

Minumlah air rebusan daun salam tersebut sebanyak 2 kali sehari di pagi dan sore hari, masing-masing ½ gelas (125 ml).

Dan untuk memaksimalkan manfaat herbal ini, Anda juga perlu mengupayakan gaya hidup sehat misalnya dengan pola makan bergizi seimbang, teratur berolahraga, tidak merokok, dan tidur yang cukup.

Penting untuk diingat bahwa herbal sebaiknya tidak langsung digunakan sebagai pengganti obat medis yang sedang Anda konsumsi, kecuali Anda sudah terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter.

Ilustrasi Rebusan Daun Salam untuk Darah Tinggi
Photo Credit: Rui Elena/Shutterstock

Efek Samping Daun Salam untuk Hipertensi

Memang daun salam sudah terbukti bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk menurunkan tekanan darah. Namun tanaman herbal ini juga punya risiko efek samping, antara lain:

  • Masalah pada saluran pencernaan
  • Reaksi alergi
  • Infeksi kulit
  • Sesak napas

Tidak semua yang mengonsumsi daun salam akan mengalami efek samping seperti di atas. Bisa jadi ada efek samping lain yang tidak disebutkan di atas. Jadi sebaiknya selalu pantau kondisi Anda sewaktu mengonsumsi herbal ini.

Bila Anda sedang mengonsumsi obat medis, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum mulai meminum rebusan daun salam. Dikhawatirkan akan terjadi interaksi negatif antara obat tersebut dengan rebusan daun salam.

Kesimpulan tentang Daun Salam untuk Darah Tinggi

Apakah benar ada khasiat rebusan daun salam untuk darah tinggi? Sejumlah penelitan telah membuktikan bahwa rebusan daun salam memang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Bagaimana cara merebus daun salam untuk darah tinggi? Anda hanya perlu menyiapkan daun salam segar 7 – 15 lembar, cuci bersih lalu rebus bersama 3 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas. Minum air rebusan daun salam itu 2 kali sehari (pagi dan sore) masing-masing setengah gelas.

Apakah ada efek samping daun salam untuk hipertensi? Dikhawatirkan ada interaksi negatif antara daun salam dengan obat yang dikonsumsi pasien hipertensi. Karena itu disarankan berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum meminum rebusan daun salam.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat rebusan daun salam untuk darah tinggi. Semoga informasi ini menambah wawasan Anda terhadap tanaman-tanaman obat yang ada di sekitar kita. Temukan juga artikel-artikel informatif lain seputar pemanfaatan herbal hanya di Deherba.com.

Sumber

Hidayat, Syaifurrahman & Hasanah, Laylatul & Susantin, Dewi. (2018). PENGARUH REBUSAN DAUN SALAM TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI. WIRARAJA MEDIKA. 8. 14-21. DOI: http://dx.doi.org/10.24929/fik.v8i2.647

Trio Gustin Rahayu. (2021). Syzygium Polyanthum Effects on Blood Pressure Decrease of Patients with Post Stroke. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah, 10(1), 84-8. DOI: 10.12345/jikp.v10i1.215

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}