Manfaat Daun Salam: Untuk Diabetes, Pencernaan, Jantung, dan Masih Banyak Lagi

434
Shutterstock

Diedit:

Bagi para pencinta kuliner Indonesia pastinya tidak asing lagi dengan daun salam. Karena daun ini terutama digunakan sebagai rempah pengharum masakan, baik untuk memasak daging, ikan, sayuran, maupun nasi. Bagi para pencinta herbal daun ini juga cukup populer karena manfaatnya sebagai obat tradisional.

Daun salam mengandung beragam senyawa, vitamin, dan mineral penting yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Masyarakat Indonesia sudah kenal dengan manfaat daun salam untuk mengatasi diare, masalah rematik, kolesterol tinggi, darah tinggi, gangguan pencernaan, juga diabetes. Berikut ini akan dijelaskan sejumlah khasiat daun salam bagi kesehatan.

Pengobatan Diabetes:

Daun salam diketahui dapat secara efektif digunakan dalam pengobatan diabetes tipe 2, karena daun ini menyebabkan berkurangnya kadar gula darah, kolesterol, serta trigliserida. Untuk mendapat hasil maksimal, Anda bisa mengubah daun salam menjadi bentuk bubuk kering, lalu dikonsumsi selama 30 hari.

Kadar gula darah akan berkurang sekaligus juga membantu mengendalikan fungsi jantung Anda. Ini karena kandungan antioksidan daun salam memungkinkan tubuh untuk memproses insulin lebih efisien, sehingga menjadikannya pilihan herbal yang baik untuk penderita diabetes dan mereka yang memiliki resistensi insulin.

Baik untuk Pencernaan:

Khasiat daun salam bagus untuk melancarkan pencernaan dan sanggup mengatasi masalah pencernaan, seperti heartburn dan perut kembung. Meminum ramuan teh daun salam bisa meringankan gangguan pencernaan yang umum seperti sembelit, kenaikan asam lambung, dan buang air besar yang tidak teratur.

Di dalam daun salam terdapat enzim yang memungkinkan pemecahan protein, sehingga membuatnya menjadi rempah yang sangat baik untuk makanan non-vegetarian. Jika terjadi gangguan pencernaan atau kembung, Anda bisa mengambil 5 gram daun salam, tambahkan sepotong jahe, dan rebus di dalam 200 ml air sampai airnya tersisa ¼.

Tambahkan madu dan minum ramuan ini 2 kali sehari untuk menghilangkan masalah pencernaan. Ada juga manfaat daun salam untuk menambah nafsu makan, yang berguna ketika Anda sedang dalam masa pemulihan dari suatu penyakit.

Baik untuk Kardiovaskular:

Kandungan fitonutrien kuat dalam daun salam memberi perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke. Ada kandungan senyawa seperti rutin, salisilat, asam caffeic, dan fitonutrien yang meningkatkan kesehatan jantung serta memperbaiki fungsi jantung.

Untuk mendapatkan manfaat ini, rebuslah 3 gram daun salam dan 3 – 4 gram bunga mawar liar di dalam 300 ml air sampai airnya tersisa kira-kira 75 ml. Saring dan minumlah ramuan ini untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda, serta meredakan gejala-gejala gangguan jantung.

Pengobatan Pilek dan Infeksi:

Daun salam efektif dalam melawan gejala-gejala pilek, flu, dan infeksi. Jika Anda merasakan keluhan-keluhan pernapasan, rebuslah air lalu tambahkan 2 – 3 helai daun salam. Didihkan selama 10 menit. Kemudian rendam kain di dalam air rebusan ini, lalu letakkan kain di atas dada untuk mengurangi gejala flu, pilek, dan batuk.

Anda juga bisa meminum teh daun salam untuk menurunkan demam. Untuk membuat teh daun salam, rebuslah beberapa daun salam dalam 200 ml air sampai airnya tersisa ¼. Saring dan minumlah ramuan teh ini untuk menurunkan demam dan mengatasi bersin-bersin.

Meredakan Rasa Sakit:

Minyak yang diekstraksi dari daun salam memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat meredakan sakit akibat terkilir, keseleo, artritis, rematik, serta rasa sakit atau nyeri yang umum. Pijat-pijat bagian pinggir dahi Anda dengan minyak daun salam untuk membantu mengatasi migrain dan sakit kepala.

Jika merasakan nyeri sendi, Anda bisa membuat tapal daun salam dengan daun tanaman jarak, kemudian ikatkan di sekitar sendi yang meradang untuk mengurangi rasa sakit serta pembengkakan. Jika sakit kepala, Anda bisa merebus beberapa daun salam dalam air selama beberapa menit. Saring dan minumlah ramuan ini saat masih panas. Anda juga bisa mengoleskan daun salam yang sudah dilumatkan di dahi untuk mendapatkan kelegaan dari sakit kepala yang parah.

Kemampuan Anti Kanker:

Daun salam mengandung asam caffeic, quertecin, euganol, dan katekin yang semuanya memiliki kemampuan kemo-protektik yang memberikan ketahanan terhadap berbagai jenis kanker. Daun salam juga mengandung fitonutrien bernama parthenolide yang secara spesifik mengendalikan proliferasi (perkembang-biakan) dari sel-sel kanker serviks.

Mengatasi Masalah Menstruansi:

Terdapat manfaat daun salam jika dikonsumsi secara oral (diminum) untuk menormalkan periode menstruasi normal. Daun salam juga dapat membantu mengatasi masalah keputihan yang tidak normal.

Pengobatan Masalah Ginjal:

Daun salam dapat membantu pengobatan infeksi ginjal dan bahkan batu ginjal. Untuk mendapatkan khasiat daun salam ini, rebuslah 5 gram daun salam di dalam 200 ml air sampai airnya tersisa 50 ml. Saring dan minumlah ramuan ini 2 kali sehari untuk menghentikan pembentukan batu ginjal.

Pengusir Nyamuk:

Daun salam merupakan bahan alami pengusir nyamuk karena mengandung asam laurat. Selembar daun salam akan berfungsi sebagai penangkal serangga. Anda juga bisa melumatkan daun salam dan mengoleskannya ke bekas gigitan serangga untuk meredakan rasa sakitnya.

Membantu Tidur Pulas:

Mengonsumsi daun salam sebelum waktu diru membantu Anda lebih cepat tertidur dan tidur lebih nyenyak. Untuk mendapat khasiat daun salam ini, campurkan beberapa tetes minyak daun salam ke dalam air lalu minumlah.

Meredakan Stres pada Kulit:

Daun salam membantu menghilangkan stres pada kulit Anda, sehingga mencegah kemunculan keriput serta jerawat. Untuk mendapatkan manfaat ini, rebuslah 5 daun salam kering di dalam 2 gelas air, dan tutuplah panci sampai mendidih.

Kemudian buka tutupnya dan biarkan mendidih selama 2 menit. Setelahnya tuangkan ke dalam mangkuk besar dan dekatkan kepala ke atas mangkuk, tutupi kepala dengan handuk, dan hirup uap panasnya.

Menghilangkan Kutu Rambut:

Untuk menghilangkan kutu rambut, rebuslah sekitar 50 gram daun salam yang sudah digerus di dalam 400 ml air sampai airnya tersisa 100 ml. Saring dan terapkan air rebusan pada akar-akar rambut. Diamkan 3 – 4 jam lalu bilas.

Kini Anda sudah tahu bahwa ada cukup banyak khasiat daun salam bagi kesehatan. Tetapi ingat, walaupun herbal ini sudah umum dimanfaatkan dalam masakan, Anda tetap harus berhati-hati sewaktu mengonsumsinya.

Daun salam sulit sekali dicerna, jadi Anda sebaiknya tidak memakannya utuh-utuh. Itu sebabnya daun ini hanya digunakan ketika memasak, dan setelahnya dibuang. Bila Anda belum terbiasa mengonsumsi daun salam, ada baiknya mulai sedikit demi sedikit. Ambil lah manfaat daun salam sesuai yang Anda butuhkan dengan mengolahnya seperti yang telah dibahas di atas.

Advertisement
Alinesia