Cara Menghilangkan Bau Kaki Sampai Tuntas!

1023

Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang sering berkeringat. Apalagi jika kaki hampir selalu ditutupi dengan sepatu sepanjang hari di cuaca yang panas, sudah pasti akan menimbulkan bau tidak sedap menempel di kaki. Kondisi ini tentu saja tidak nyaman dan memalukan. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau kaki?

Bau kaki disebabkan oleh penumpukan bakteri yang berkembang biak pada kaki yang lembap. Bakteri-bakteri tersebut juga memakan keringat di kaki dan menghasilkan asam yang memiliki bau tidak sedap.

Seorang pakar kesehatan dari Atlanta, Rondrick Williamson, mengatakan bahwa kemunculan bau di kaki merupakan proses alami tubuh dan bisa dihindari dengan terus menjaga kaki tetap kering. Dibawah ini adalah 6 cara menghilangkan bau kaki yang bisa Anda ikuti.

  • Rendam kaki dengan air garam.

    Garam sanggup menyingkirkan kelembapan dari kulit sehingga bakteri yang berkembang biak juga ikut tersingkir. Rendamlah kaki Anda dalam larutan air garam sekitar 20 menit untuk membantu menghilangkan problem bau kaki.

  • Rendam kaki dengan larutan cuka.

    Cuka juga mampu menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi bakteri untuk berkembang biak. Oleh karena itu, rendamlah kaki dengan larutan cuka selama kurang lebih 30 menit setiap hari untuk mengurangi bakteri-bakteri penyebab bau tak sedap.

  • Menggunakan teh.

    Kandungan asam dalam teh dapat menyempitkan pori-pori di kaki sehingga keringat yang keluar lebih sedikit. Teh juga berfungsi sebagai antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri di kaki. Dengan merendam kaki dalam air teh selama setidaknya 30 menit dapat membantu mengurangi bau kaki.

  • Menggunakan tepung.

    Cara menghilangkan bau kaki yang satu ini cenderung unik yakni dengan menaburkan tepung jagung ke dalam sepatu untuk mengurangi kelembapan di kaki.

  • Menyemprotkan sepatu.

    Dengan cairan desinfektan yang mengandung etanol atau bahan anti-bakteri lainnya untuk membasmi bakteri penghuni sepatu. Dengan begitu, risiko timbulnya bau kaki juga akan berkurang.

  • Pilih kaus kaki yang sesuai.

    Kaus kaki berbahan nilon dapat dengan baik menyerap keringat di kaki dan bahan katun sanggup memberikan sirkulasi udara yang baik sehingga kaki bisa “bernapas”. Jika diperlukan selalu bawa kaus kaki cadangan kalau-kalau kaus kaki yang dipakai basah kuyup oleh keringat.

  • Bersihkan kaki.

    Ini adalah cara menghilangkan bau kaki yang paling wajar. Membersihkan kaki hanya dengan air dan sabun saja belum cukup. Anda perlu menyingkirkan bakteri dan sel-sel kulit mati dengan menggosok seluruh permukaan kaki dengan handuk atau sikat halus dan sabun anti-bakteri. Jangan lupa gosok juga sela-sela jari kaki Anda.

  • Keringkan kaki.

    Ketika mengeringkan kaki setelah mandi, keringkanlah dengan saksama. Kelembapan akibat air yang tersisa menciptakan lahan yang produktif bagi pertumbuhan bakteri. Keringkanlah sampai benar-benar kering, terutama di bagian sela-sela jari kaki.

Demikianlah cara-cara menghilangkan bau kaki yang bisa Anda ikuti. Sebenarnya masalah bau kaki hanya timbul apabila kaki lembap, jadi sebisa mungkin jaga kaki Anda tetap kering dan bersih.