Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami

396

Diedit:

Sebanyak 30% wanita akan mengalami penipisan rambut. Biasanya yang pertama kali terlihat ialah kuncir kuda yang menipis atau kulit kepala sedikit lebih terlihat. Dampak penuaan yang satu ini memang tidak bisa dihindari, tapi ada banyak cara untuk memperlambat proses penipisan rambut. Berikut adalah 6 cara mengatasi rambut rontok secara alami.

Ingatlah bahwa tidak ada cara instan untuk mengurangi kerontokan rambut. Semuanya butuh proses, mulai dari mengonsumsi makanan yang tepat, mengendalikan stres, sampai merawat rambut dengan cara yang benar.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi-Nutrisi Penting

Protein amat dibutuhkan oleh rambut. Jadi penuhilah kebutuhan protein sehat, misalnya dari telur dan ikan. Hal ini berguna untuk mendapatkan kulit kepala dan rambut yang sehat. Ikan salmon, tuna, dan ikan kembung memiliki asam lemak omega-3 yang membantu memberikan kelembapan rambut dan mencegah rambut kering serta rapuh. Makanan yang kaya vitamin B juga membantu menyehatkan folikel-folikel rambut. Buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak (contohnya dada ayam) adalah sumber vitamin B yang baik.

Mengendalikan Stres

Terlalu stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh maupun rambut. Stres terus-menerus dapat menyebabkan kadar hormon kortisol meningkat tajam sehingga memicu peningkatan kerontokan rambut. Untuk meredakan stres dan dampaknya terhadap rambut, cobalah cari cara untuk menjernihkan kembali pikiran. Misalnya dengan rutin olahraga atau mengerjakan hobi yang bikin Anda rileks.

Rawat Kulit Kepala Anda

Jika Anda memastikan kulit kepala tetap sehat dan terhidrasi dengan baik, maka rambut Anda pun jadi kuat dan tahan terhadap kerusakan. Makanan yang mengandung vitamin E, seperti kacang almond, bayam, brokoli, dan stroberi, bisa melancarkan sirkulasi udara di kulit kepala. Kulit kepala juga membutuhkan vitamin C dan zink yang bisa didapatkan dari produk susu, biji-bijan dan kacang-kacangan.

Baca juga:  Kiat Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

Cobalah Suplemen Biotin

Hasil dari sejumlah studi memperlihatkan bahwa suplemen biotin dapat memperbaiki kerontokan rambut dan kerapuhan kuku. Biotin adalah bagian dari vitamin B kompleks yang membantu proses metabolisme lemak dan protein. Beberapa ahli menyarankan untuk mengonsumsi suplemen biotin setiap hari karena suplemen ini tergolong aman.

Coba Model Rambut Baru

Ini mungkin adalah cara mengatasi rambut rontok yang paling sederhana. Berkreasi dengan potongan rambut adakalanya mampu menyembunyikan masalah rambut tipis. Tanyakanlah pada penata rambut Anda mengenai model rambut yang bisa memberi kesan rambut tebal. Ada yang merasa dengan mengubah posisi belahan rambut saja sudah cukup untuk menutupi bagian yang menipis.

Kurangi Penggunaan Alat Pengering Rambut

Berbicara soal model rambut, jangan pilih model yang harus ditata dengan alat pemanas setiap hari. Suhu panas bisa menyebabkan rambut rusak dan terbakar, serta rontok sebelum waktunya. Ditambah lagi, rambut tipis cenderung mudah rusak sehingga Anda seharusnya menghindari penggunaan alat-alat pemanas rambut.

Demikianlah 6 cara mengatasi rambut rontok yang bisa Anda terapkan. Langkah sederhana, seperti mengganti sisir sikat menjadi sisir bergigi besar juga bisa membantu mengurangi kerontokan rambut.

Advertisement
Alinesia