Cara Menambah Daya Ingat yang Gampang dan Ampuh

651

Diedit:

Anda mudah lupa bahkan dalam hal-hal kecil? Ada baiknya baca artikel ini yang membahas cara menambah daya ingat. Daya ingat Anda banyak bergantung pada tingkat ketajaman dan kesehatan otak.

Entah Anda seorang pelajar yang sedang belajar untuk ujian, seorang pegawai kantor yang sering lupa, atau seorang lansia yang ingin mempertahankan ketajaman ingatan meski usia tak lagi muda, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ingatan dan performa mental Anda.

Manfaatkan Kekuatan Otak Anda!

Orang-orang bilang Anda tidak bisa mengajar trik baru kepada seekor anjing tua. Tetapi ini tidak berlaku bagi otak manusia. Otak memiliki kemampuan yang mengagumkan untuk beradaptasi dan berubah—bahkan pada usia tua sekalipun! Kemampuan ini dikenal sebagai neuroplastisitas. Dengan stimulasi yang tepat, otak dapat membentuk jalur saraf baru, mengubah koneksi yang ada, dan beradaptasi serta bereaksi dengan cara yang selalu berubah.

Kemampuan menakjubkan dari otak ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan kemampuan mempelajari informasi baru, serta sebagai cara menambah daya ingat.

Tips 1: Rajin Olahraga dan Rutin Tidur

Sama seperti seorang atlet bergantung pada tidur dan makanan bergizi untuk dapat tampil sebaik mungkin, kemampuan Anda untuk mengingat juga meningkat apabila disokong dengan pola makan sehat dan kebiasaan sehat lainnya.

Saat Anda berolahraga, otak juga ikut dilatih. Merawat tubuh dengan baik dapat meningkatkan kemampuan otak memproses dan mengingat informasi. Latihan fisik menaikkan suplai oksigen menuju otak sehingga bisa bekerja lebih optimal.

Menambah daya ingat dengan tidur. Kalau kurang tidur, otak tidak sanggup bekerja sebagaimana mestinya. Tidur sangat vital bagi kemampuan belajar dan mengingat. Penelitian memperlihatkan bahwa tidur diperlukan untuk konsolidasi memori dan selama tahap tidur yang paling dalam terjadi aktivitas kunci dari peningkatan memori.

Baca juga:  7 Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Sudah Teruji

Tips 2: Luangkan Waktu untuk Teman-Teman dan Bergembira

Ketika Anda memikirkan cara-cara menambah daya ingat, jangan cuman terpaku pada aktivitas yang tampaknya mengasah kecerdasan—misalnya bermain catur atau mengisi teka-teki silang. Beragam studi menunjukkan bahwa bersosialisasi dan bergembira memberikan manfaat bagi otak.

Manusia adalah makhul sosial. Hubungan sosial menstimulasi otak—faktanya, berinteraksi dengan sesama bisa jadi cara terbaik untuk melatih otak. Riset memperlihatkan bahwa memiliki hubungan yang dekat dan dukungan dari orang lain adalah vital bagi kesehatan emosi maupun mental.

Tertawa adalah obat terbaik. Pepatah ini juga berlaku bagi otak dan daya ingat. Gelak tawa melibatkan berbagai area di seluruh otak. Mendengarkan lelucon dan bercanda mengaktifkan area otak yang penting untuk pembelajaran dan kreativitas.

Tips 3: Kurangi Stres

Stres adalah salah satu musuh terbesar otak. Jika dibiarkan, seiring waktu stres kronis akan menghancurkan sel-sel otak dan merusak hippocampus—wilayah otak yang terlibat dalam pembentukan ingatan baru dan pengambilan ingatan lama. Ingin tahu cara agar tidak stres? Bacalah selengkapnya di artikel “10 Tips Praktis untuk Mengobati Stres“.

Tips 4: Mengonsumi Makanan Penguat Otak

Sama seperti tubuh, otak juga membutuhkan energi. Anda mungkin sudah tahu makanan yang sehat—terdiri dari buah, sayur, gandum utuh, lemak “sehat”, dan protein—memberikan segudang manfaat kesehatan, salah satunya menambah daya ingat. Yang penting bukan hanya apa yang dimakan, tetapi juga apa yang tidak dimakan. Berikut adalah tips-tips memenuhi nutrisi otak:

  • Penuhi kebutuhan omega-3. Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 sangat berguna bagi otak. Ikan merupakan sumber omega-3 yang amat baik, khususnya ikan salmon, sarden, tuna, makerel, dan hering. Jika tidak suka ikan, Anda bisa mendapatkannya dari biji kenari, flaxseed, bayam, brokoli, biji labu, dan kedelai.
  • Batasi kalori dan lemak jenuh. Penelitian menunjukkan bahwa terlalu sering makan makanan tinggi lemak (daging merah, susu, mentega, keju, krim, dan es krim) meningkatkan risiko demensia dan merusak konsentrasi serta memori.
  • Makan lebih banyak buah dan sayur. Buah dan sayuran merupakan sumber dari beragam antioksidan. Cobalah sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, serta buah-buahan seperti pisang, aprikot, mangga, blewah, dan melon.
  • Minum teh hijau. Teh hijau mengandung polifenol—antioksidan kuat yang memberi perlindungan terhadap radikal bebas yang merusak sel-sel otak. Rutin minum teh hijau bisa menambah daya ingat, kewaspadaan mental, dan memperlambat penuaan otak.
  • Minum Noni juice. Minuman herbal ini dapat berperan sebagai antioksidan sehingga memperkuat sistem pertahanan tubuh terhadap radikal bebas. Noni juice juga ampuh mengurangi stres dengan menaikkan kadar serotonin dalam darah sehingga pikiran jadi lebih rileks.
Baca juga:  Apa Penyebab Hilang Ingatan?

Demikianlah cara-cara menambah daya ingat yang bisa Anda ikuti. Dan ada satu lagi yang perlu Anda ingat: salah satu aturan emas dalam proses belajar dan mengingat adalah ulangi, ulangi, dan ulangi. Dengarkan, catat, hapalkan, dan ulangi informasi-informasi baru yang ingin Anda ingat di kemudian hari.

Advertisement
Alinesia