Apa Penyebab Hilang Ingatan?

383

Diedit:

Ini adalah skenario populer yang dibuat di film-film: Setelah seseorang terbentur keras di kepalanya, ia bepergian kesana-kemari tanpa tujuan, tidak bisa mengingat siapa dirinya atau darimana ia berasal. Ini hanyalah rekayasa dalam film. Tapi bagaimana dengan hilang ingatan yang sebenarnya? Apa penyebab hilang ingatan?

Hilang ingatan yang sangat parah dan terjadi mendadak seperti skenario diatas memang jarang. Tapi kehilangan ingatan adalah masalah yang banyak dialami oleh kebanyakan orang sampai taraf tertentu. Seringkali itu adalah lupa/hilang ingatan jangka pendek yang kadang-kadang mengganggu aktivitas sehari-hari. Dibalik itu ada banyak penyebab hilang ingatan, beberapa diantaranya akan dibahas disini.

Penyebab Hilang Ingatan

Pengobatan. Sejumlah obat resep maupun yang dijual bebas bisa memengaruhi daya ingat atau menyebabkan hilang ingatan. Obat-obat yang dicurigai jadi pelakunya ialah obat antidepresan, antihistamin, anti-kecemasan, relaksasi otot, penenang, dan obat-obat pereda nyeri yang biasa diberikan setelah operasi.

Alkohol, Tembakau, dan Penggunaan Obat. Minum alkohol berlebihan telah lama diketahui sebagai penyebab hilang ingatan. Merokok memengaruhi daya ingat dengan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke otak. Berbagai studi memperlihatkan bahwa perokok lebih sulit mengingat nama daripada non perokok. Sementara itu, obat-obatan terlarang dapat mengubah zat-zat kimia otak sehingga membuatnya sulit untuk mengingat memori.

Kurang Tidur. Jumlah waktu maupun kualitas tidur amat penting untuk ingatan Anda. Tidur terlalu sedikit atau sering terbangun malam hari dapat menyebabkan kelelahan yang mengurangi kemampuan Anda untuk memperkuat dan mengambil informasi dari suatu ingatan.

Stres dan Depresi. Menjadi depresi dapat menyulitkan Anda untuk berkonsentrasi dan fokus, sehingga memengaruhi daya ingat. Stres dan kecemasan juga bisa membuyarkan konsentrasi. Ketika Anda merasa tertekan dan otak banyak pikiran, kemampuan Anda untuk mengingat jadi jauh berkurang. Stres yang disebabkan trauma emosi juga bisa memicu hilang ingatan.

Kekurangan Nutrisi. Asupan nutrisi yang baik—termasuk lemak dan protein yang berkualitas baik—penting agar otak berfungsi dengan semestinya. Kekurangan vitamin B1 dan B12 khususnya dapat memengaruhi memori.

Cedera Kepala. Seperti skenario di awal artikel, benturan keras ke kepala—akibat terjatuh atau kecelakaan, misalnya—dapat mencederai otak dan menyebabkan hilang ingatan jangka pendek maupun panjang. Meski begitu, ingatan biasanya akan pulih secara perlahan.

Stroke. Stroke bisa menyebabkan hilang ingatan jangka pendek. Orang yang pernah terserang stroke mungkin bisa dengan jelas mengingat kenangan masa kecil tapi kesulitan ketika harus mengingat menu makanan yang baru saja dimakannya.

Disamping penyebab-penyebab hilang ingatan di atas, masih ada lagi penyebab yang lainnya. Apabila Anda merasa daya ingat mulai berkurang drastis sehingga menyulitkan kegiatan sehari-hari, ada baiknya untuk datang menemui dokter untuk mencari tahu penyebab dan pengobatan terbaik bagi Anda.

Baca juga:  Cara Menambah Daya Ingat yang Gampang dan Ampuh
Advertisement
Alinesia