10 Cara Alami Mengurangi Sakit Gigi


By Fery Irawan

Tingkat sakit gigi bervariasi, mulai dari rasa ngilu-ngilu ringan sampai rasa nyeri tak tertahankan di gigi dan sekitar rahang. Adakah cara alami mengurangi sakit gigi?

Beberapa penyebab utama dari sakit gigi adalah gigi berlubang, infeksi, gigi retak, penyakit gusi, atau kelainan sendi rahang. Hal ini juga bisa terjadi karena kesalahan yang membahayakan gigi. Bagaimana Anda dapat mengatasinya?

Cara Alami Mengurangi Sakit Gigi

Sakit gigi muncul jika area tengah gigi, disebut pulpa, menjadi iritasi atau meradang. Pulpa terdiri dari ujung-ujung saraf yang sangat sensitif. Pulpa bisa meradang atau menjadi iritasi dikarenakan beberapa penyebab, di antaranya sudah disebutkan di atas.

Kalau Anda menderita sakit gigi, sebaiknya segera periksa ke dokter gigi sebelum masalahnya bertambah parah. Anda juga bisa mencoba beberapa obat sakit gigi alami untuk sementara meringankan gejalanya. Berikut adalah 10 cara membuat obat sakit gigi alami di rumah.

1. Asafetida

Masalah gigi seperti sakit gigi dan gusi berdarah bisa dirawat di rumah dengan memanfaatkan herbal asafetida. Asafetida (Ferula asafoetida) adalah tanaman yang tumbuh liar di timur Mediterania sampai ke Asia Tengah, sering kali dimanfaatkan sebagai rempah-rempah.

  • Tambahkan sejumput atau ½ sendok teh asafetida bubuk ke 2 sendok teh air perasan lemon, lalu hangatkan sebentar dengan microwave. Gunakan kapas untuk mengoleskan larutan ini ke gigi atau gusi yang sakit.
  • Alternatifnya, Anda bisa menggoreng asafetida dengan mentega jernih kemudian dimasukkan ke rongga gigi untuk segera meredakan rasa sakit.

2. Bawang Merah

Mirip seperti bawang putih, bawang merah mempunyai kandungan antiseptik dan antimikroba yang akan mengendalikan rasa sakit di gigi. Bawang merah dapat melegakan Anda dari rasa sakit dengan cara membunuh kuman-kuman penyebab infeksi pada gigi.

  • Ketika pertama kali merasa sakit gigi, segera kunyah bawang merah mentah selama beberapa menit.
  • Jika Anda tidak sanggup mengunyahnya, coba tempelkan beberapa irisan bawang merah mentah ke gigi atau gusi yang ngilu.

3. Bawang Putih

Menggunakan bawang putih juga bisa sangat membantu meringankan sakit gigi. Bawang putih mempunyai kemampuan antibiotik dan penyembuhan lainnya yang sangat efektif dalam menekan rasa sakit.

  • Campurkan satu siung bawang putih yang sudah digerus dengan sejumput garam, lalu oleskan langsung ke gigi yang sakit. Anda juga bisa langsung mengunyah 1 atau 2 siung bawang putih untuk meredakan sakit gigi.
  • Terus gunakan obat sakit gigi alami ini selama beberapa hari.

4. Cengkeh

Cengkeh mengandung sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, antioksidan, dan anestetik yang akan membantu mengurangi sakit gigi serta mengatasi infeksi yang ada.

  • Tumbuk 2 buah cengkeh utuh. Campurkan dengan sedikit minyak zaitun atau minyak sayur lain, lalu oleskan ke gigi yang terasa nyeri.
  • Alternatifnya, celupkan bola kapas ke minyak cengkeh lalu gosokkan kapas langsung ke gigi yang sakit. Atau, Anda bisa tuangkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam segelas air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

5. Daun Jambu Biji

Daun jambu yang masih segar juga sanggup bermanfaat sebagai obat sakit gigi alami, berkat kemampuan anti-inflamasi, analgesik, dan antimikroba yang dimilikinya.

  • Kunyah 1 atau 2 lembar daun jambu biji yang lembut sampai sarinya mulai meresap ke gigi yang terasa nyeri. Anda juga bisa mengunyah daun bayam mentah sebagai gantinya.
  • Alternatifnya, masukkan 4 – 5 daun jambu biji ke dalam panci berisi air lalu masak sampai mendidih. Diamkan larutan itu sampai dingin lalu tambahkan garam secukupnya. Gunakan larutan ini sebagai obat kumur.

6. Ekstrak Vanilla

Ekstrak vanilla adalah pilihan obat sakit gigi alami lain yang cukup populer karena sanggup membantu meredam rasa sakit. Selain itu vanilla juga bersifat menenangkan.

  • Celupkan kapas ke dalam ekstrak vanilla lalu gosokkan ke gigi atau gusi yang ngilu.
  • Lakukan ini beberapa kali sehari sampai Anda merasa lebih baik.

7. Es Batu

Es dapat meredakan ngilu di gigi dengan cara membuat ujung-ujung sarif menjadi mati rasa.

  • Bungkus es batu kecil dengan kain tipis. Tempelkan di pipi dekat gigi yang sakit selama beberapa menit.
  • Teknik akupresur untuk meringankan rasa sakit adalah dengan menggosokkan es batu di antara jari telunjuk dan ibu jari selama beberapa menit.

8. Garam

Segelas air garam hangat bisa membantu mengatasi sakit gigi. Anda hanya perlu mencampurkan sesendok garam ke dalam segelas air panas, lalu gunakan untuk berkumur secara menyeluruh.

Cara ini akan membantu mengurangi bengkak di gusi dan peradangan, serta mengatasi bakteri yang menyebabkan infeksi.

9. Jus Wheatgrass

Wheatgrass punya kandungan antibakteri yang akan membantu menumpas kerusakan gigi serta meredam sakit gigi. Jus dari wheatgrass dapat digunakan sebagai obat kumur untuk menyerap toksin dari gusi, menekan pertumbuhan bakteri, dan mengendalikan infeksi yang terjadi.

10. Lada

Garam bercampur lada adalah bahan alami yang bagus untuk meredakan sakit gigi karena keduanya memiliki kemampuan anti-bakteri, anti-inflamasi, dan analgesik.

  • Campurkan lada dan garam dalam jumlah yang sama, lalu tambahkan beberapa tetes air untuk membentuk pasta.
  • Oleskan pasta langsung ke gigi yang ngilu dan biarkan selama beberapa menit.
  • Lakukan cara ini setiap hari selama beberapa hari.

Terapi dengan obat sakit gigi alami ini hanya bersifat sementara dan ditujukan untuk mengurangi rasa nyeri dan ngilu di gigi. Anda sebaiknya periksa ke dokter gigi agar bisa mengetahui penyebab sakit gigi serta mengatasinya sebelum bertambah parah.

Lubang, kerusakan, dan retak di gigi juga abses di gusi bisa menimbulkan rasa ngilu yang mungkin tak tertahankan. Mungkin Anda harus menunggu beberapa waktu sebelum bisa pergi ke dokter gigi. Nah, selagi menunggu, cobalah beberapa terapi obat sakit gigi alami di atas agar Anda tidak terlalu menderita.

Sumber

Emily Cronkleton and Christine Frank, DDS. 10 Home and Natural Remedies for Toothache Pain. May 18, 2017. URL: https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.