Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo Hidung secara Efektif?

503

Diedit:

Cara menghilangkan gangguan komedo hidung secara efektif dapat membantu Anda tampil lebih percaya diri. Itu karena memang komedo seringkali mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri Anda menjadi berkurang. Juga, apabila gangguan komedo Anda biarkan saja tak dihilangkan dapat berubah menjadi jerawat ke depannya.

Oleh karenanya, apabila Anda belum mengerti bagaimana solusi yang tepat untuk menghilangkan gangguan kulit ini, Anda dapat membacanya di artikel kesehatan kali ini. Anda juga wajib mengetahui apakah sebenarnya penyebab mengapa timbul komedo pada hidung. Dengan begitu, apabila Anda sudah berhasil menghilangkan komedo, Anda tak akan terkena lagi karena sudah tahu bagaimana menghindari faktor penyebabnya. Mari baca selengkapnya.

Komedo Berawal dari Pori-Pori Tersumbat

Komedo merupakan keadaan di mana pori di kulit seseorang tersumbat. Penyumbatan pori ini bisa tertutup, bisa juga terbuka. Bagi penyumbatan yang terbuka memiliki sebutan blackhead, dan untuk penyumbatan tertutup itu memiliki sebutan whitehead.

Untuk Anda ketahui bahwa ciri komedo blackhead yakni pori kulit yang membesar juga disertai warna menghitam. Di sisi lain, komedo whitehead terlihat seperti sebuah tonjolan yang berwarna putih serta berukuran kecil. Komedo ini disebabkan oleh sel kulit mati serta sekresi dari kelenjar minyak yang berlebih pada kulit Anda.

Bahan-Bahan Penghilang Komedo yang Ampuh

Sekarang Anda telah mengerti macam komedo dan penyebabnya, dan kini Anda perlu tahu bagaimana cara menghilangkannya dengan efektif. Berikut beberapa cara yang layak untuk Anda coba.

  • Lobak

    Lobak merupakan salah satu cara herbal yang dapat Anda gunakan dalam melawan komedo. Lobak benar-benar bagus untuk membantu dalam menghilangkan komedo. Pertama Anda tumbuklah lobak yang sudah disiapkan sampai halus benar, selanjutnya tambahkan air.

    Gunakan tumbukan tersebut menjadi sebuah masker wajah. Gunakan masker wajah berbahan lobak tersebut dalam kurung waktu 30 menit. Disiplinlah dalam melakukan hal ini hingga komedo mengganggu hilang dari hidung Anda.

  • Air garam

    Penghilang komedo alami yang lainnya yaitu air garam. Caranya cukup mudah, sama dengan masker lobak, namun di sini Anda menggunakan air garam untuk cuci wajah langsung, tanpa dijadikan masker. Takaran garam yang digunakan 1 sendok makan. Untuk air yang digunakan, gunakanlah air hangat jangan menggunakan air dingin.

    Mengapa air garam terbukti efektif untuk menghilangkan komedo? Itu karena air garam ini akan membantu dalam menghilangkan minyak yang berlebihan. Alasan itulah yang menyebabkan mengapa air garam begitu bagus untuk Anda manfaatkan. Juga, uang yang perlu untuk Anda keluarkan dalam menyiapkan air garam tidaklah banyak, garam juga gampang untuk diperoleh.

Baca juga:  10 Cara Menghilangkan Komedo Hanya dalam Hitungan Hari!

Obat untuk Menghilangkan komedo

Anda bisa mendapatkan obat untuk menghilangkan komedo di apotek terdekat. Apotek biasanya menjual beberapa macam obat yang dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan komedo, ada yang berupa obat salep dan ada yang berupa obat plester, tergantung Anda lebih suka menggunakan yang mana. Apabila ditempelkan di hidung lalu ditarik, kotoran yang sebelumnya menempel pada pori hidung pun akan ikut terangkat.

Namun kelemahannya terkadang rambut di wajah juga akan tercabut, inilah yang menyebabkan rasa sakit apabila Anda menggunakan pengobatan dengan plester tersebut. Ada juga obat herbal bengkoang, juga dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan komedo mengganggu. Obat herbal lebih unggul dalam hal itu tidak akan menimbulkan efek samping merugikan bagi tubuh Anda. Jadi, pilihlah cara menghilangkan komedo hidung yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.