Ayo Buat Ginger Ale Sendiri di Rumah!

587

Diedit:

Minuman soda tidaklah selalu buruk seperti yang selama ini kita kira. Selama ratusan tahun dalam kebudayaan di berbagai belahan dunia, sudah ada miuman “soda” fermentasi alami yang terbuat dari teh herbal manis atau campuran jus buah. Minuman fermentasi alami ini mengandung enzim serta probiotik yang meningkatkan kesehatan. Pastilah minuman soda seperti itu jauh dari cap “tidak sehat” seperti yang dimiliki kebanyakan minuman soda saat ini.

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu minuman soda menyehatkan yang terbuat dari jahe yang sudah difermentasi—ginger ale. Seperti yang sudah diketahui, jahe adalah herbal yang populer digunakan dalam berbagai kebudayaan dunia karena manfaat kesehatan yang dimilikinya.

Artikel ini akan membahas mengenai resep membuat ginger ale alami untuk menciptakan minuman soda fermentasi yang menyehatkan. Namun perlu diketahui bahwa campuran minuman jahe ini bisa mengandung sedikit alkohol bila disimpan di tempat bersuhu ruangan selama berminggu-minggu. Karena itu kita akan menggunakan metode “brew” singkat untuk menciptakan minuman soda tanpa alkohol.

Resep yang akan dijelaskan berikut ini akan menghasilkan sebanyak 2 liter ginger ale. Resep dapat disesuaikan sesuai kebutuhan Anda, dilebihkan atau dikurangkan, dengan menggunakan perbandingan ¼ cangkir gula per 1 liter air dan menambahkan ½ cangkir whey per 1 liter air.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Ginger Ale

  • 1 rimpang jahe segar seukuran 2-5 cm, cincang sampai halus. Sesuaikan ukuran rimpang jahe dengan selera Anda, jika ingin rasa jahenya lebih kuat bisa menggunakan rimpang berukuran 4-5 cm.
  • ½ cangkir gula.
  • ½ cangkir air perasan lemon atau jeruk nipis yang masih segar.
  • ½ sendok teh garam laut.
  • 8 cangkir air yang sudah difilter (tanpa kandungan klorin).
  • ¼ cangkir whey.
Baca juga:  Jahe: Kegunaan dan Efek Sampingnya

Langkah-Langkah Membuat Ginger Ale

  • Masukkan 3 cangkir air, jahe yang sudah dicincang halus, gula, dan garam laut ke dalam panci. Kemudian masak hingga mendidih.
  • Biarkan campuran tersebut mendidih selama sekitar 5 menit sampai gula larut dan aromanya mulai tercium seperti aroma jahe.
  • Matikan api dan tambahkan air tambahan. Penambahan air ini bertujuan untuk mendinginkan campuran tersebut. Jika masih belum dingin, biarkan sampai dingin dalam suhu ruangan sebelum pindah ke langkah selanjutnya.
  • Tambahkan air perasan lemon atau jeruk nipis dan whey.
  • Pindahkan campuran tersebut dari panci ke dalam toples kaca berukuran 2 liter yang memiliki penutup kedap udara. Aduk campuran tersebut sampai rata dan tutup rapat-rapat.
  • Letakkan di meja dalam suhu ruangan selama 2-3 hari sampai campurannya berkarbonasi, lalu pindahkan ke dalam kulkas untuk disimpan (bisa disimpan dalam waktu yang sangat lama).
  • Perhatikan langkah ini baik-baik saat meletakkan toples di meja. Waktu fermentasi campuran tersebut sangat bergantung pada suhu dan mungkin harus diaduk selama menunggu waktu fermentasi sewaktu masih ditaruh di meja dalam suhu ruangan. Tunggu waktu fermentasi sampai campurannya bergelembung dan bersuara “mendesis” seperti suara botol minuman soda saat dibuka tutupnya.
  • Seperti umumnya minuman fermentasi tradisional, tingkat fermentasi bergantung pada suhu di rumah Anda dan gula yang digunakan. Campuran akhir harus memiliki aroma jahe dan sedikit fermentasi serta harus bersoda. Perhatikan dengan saksama jangan sampai campuran menjadi terlalu berkarbonasi karena hal ini bisa menyebabkan tekanan berlebihan dan memecahkan toples.
  • Jika Anda merasa sudah selesai tahap fermentasinya, campuran ginger ale boleh disaring terlebih dulu dan dipindahkan ke botol kaca yang biasa untuk menyimpan minuman anggur sebelum disimpan di dalam kulkas.
  • Sebelum diminum, saring campuran untuk terakhir kalinya dan Anda pun boleh menikmati minuman soda ginger ale buatan sendiri ini.

Jahe telah digunakan dalam pengobatan Cina sejak ribuan tahun lalu dan diyakini sanggup membantu meringankan gangguan pencernaan, meringankan mual, menurunkan demam, meredakan batuk dan masalah pernapasan lain, melancarkan peredaran darah, meringankan nyeri otot, menghilangkan ketombe, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, serta mengurangi risiko kanker.

Ginger ale rumahan bermanfaat untuk meringankan gangguan pencernaan serta mengandung probiotik dan enzim. Mulailah dengan mencoba minum dalam jumlah yang sedikit dulu (sekitar 4 ons), karena probiotik dan enzim dapat menyebabkan sakit perut bagi mereka yang tidak terbiasa mengonsumsi produk fermentasi.

Baca juga:  Cara Gampang Membuat Teh Jahe yang Nikmat dan Berkhasiat
Advertisement
Alinesia