• Home
  • Blog
  • TBC
  • Apakah TBC Tulang Belakang Bisa Sembuh & Berapa Lama Harus Minum Obat?

Apakah TBC Tulang Belakang Bisa Sembuh & Berapa Lama Harus Minum Obat?


By Cindy Wijaya

Tuberkulosis (TBC) adalah masalah kesehatan yang umum di Indonesia. Ada dua jenis TBC, TBC paru dan TBC di luar paru. Ini menjelaskan kesalahpahaman besar bahwa TBC hanya menyerang paru-paru. Karena pada kasus TBC di luar paru, bakterinya menyerang anggota tubuh lain seperti kelenjar getah bening, otak, tulang, dan tulang belakang.

Dalam artikel ini akan dibahas khusus mengenai TBC tulang belakang, yang juga disebut penyakit Pott. Penyakit ini terutama menyerang anak-anak dan orang dewasa muda.

Apakah Anda, atau orang yang dekat dengan Anda, salah seorang yang baru-baru ini didiagnosis mengidap TBC tulang belakang? Jika ya, Anda mungkin bertanya-tanya apakah TBC tulang belakang bisa sembuh? Jika bisa, berapa lama TBC tulang belakang sembuh? Simaklah penjelasannya di artikel ini.

Apakah TBC Tulang Belakang Bisa Sembuh?

Ya, TBC tulang belakang bisa sembuh dengan baik, terutama jika penyakit ini berhasil dideteksi sejak awal. Pengobatan sejak awal sangat penting sebelum penyakit menyebabkan kerusakan lebih lanjut, yang bahkan bisa menimbulkan cacat permanen.

TBC tulang belakang bisa sembuh dengan pengobatan yang tepat. Biasanya dilakukan dengan kombinasi konsumsi obat dan pengobatan lain, tergantung pada tingkat keparahan penyakit atau kerusakan yang sudah terjadi. Berikut adalah pengobatan yang umumnya diberikan pada pasien TBC tulang belakang menurut Verywell Health.

Konsumsi Obat

Apakah TBC tulang belakang bisa sembuh bergantung pada ketuntasan pasien dalam mengonsumsi obat yang diresepkan. Obat untuk TBC, yang sering disebut obat anti-TBC, biasanya dijadwalkan untuk diminum secara berkelanjutan dalam waktu 4, 6 , atau 9 bulan—tergantung pada protokol pengobatan yang ditentukan oleh penyedia layanan kesehatan Anda.

Obat-obatan anti-TBC yang digunakan dalam protokol pengobatan 4 bulan antara lain:

  • Rifapentine
  • Moxifloxacin
  • Pyrazinamide
  • Isoniazid

Sedangkan obat-obatan anti-TBC yang digunakan dalam protokol 6 atau 9 bulan antara lain:

  • Rifampicin (atau rifampin)
  • Isoniazid
  • Pyrazinamide
  • Ethambutol
Berapa Lama TBC Tulang Belakang Sembuh?
Photo by DimitrovoPhotography from Getty Images via Canva

Dalam beberapa kasus, TBC dapat menjadi resisten (kebal) terhadap obat-obatan lini pertama yang digunakan. TBC yang resisten ini sulit ditangani dan membutuhkan pengobatan lebih intensif oleh dokter ahli. Kasus-kasus ini kadang dapat diobati dengan obat anti-bakteri fluoroquinolone. Tapi obat ini punya efek samping yang cukup berat.

Prosedur Operasi

Pada sebagian besar kasus, apakah TBC tulang belakang bisa sembuh juga bergantung pada keberhasilan operasi yang dijalankan. TBC tulang belakang sering kali membutuhkan operasi pembedahan sebagai bagian pengobatan. Jenis operasi yang disarankan dokter dapat berbeda-beda tergantung pada tingkat kerusakan tulang.

Operasi yang dilakukan mungkin mencakup membersihkan jaringan yang terinfeksi (disebut debridement), menghilangkan tulang yang terkikis, memasang sekrup dan batang untuk menstabilkan tulang belakang, atau menyatukan tulang belakang.

Operasi juga mungkin melibatkan pencangkokan tulang, dengan cara mengambil sepotong tulang dari satu tempat di tubuh dan mencangkokkannya ke tulang belakang.

Berapa Lama TBC Tulang Belakang Sembuh?

Sebagaimana sudah disinggung di atas, protokol pengobatan TBC tulang belakang dapat berbeda-beda tergantung pada ketentuan dari penyedia layanan kesehatan Anda. Hal ini juga dapat menjadi gambaran tentang berapa lama TBC tulang belakang sembuh.

Asian Spine Journal Vol. 6 No. 4 menjelaskan bahwa pada umumnya kombinasi obat anti-TBC rifampicin, isoniazid, ethambutol, dan pyrazinamide diberikan selama 2 bulan awal, lalu dilanjutkan dengan kombinasi rifampicin dan isoniazid selama beberapa bulan selanjutnya.

Jangka waktu total pengobatan yang sering digunakan dalam protokol TBC tulang belakang adalah 6, 9, 12, atau 18 bulan. Tetapi berapa lama TBC tulang belakang sembuh dapat menjadi lebih cepat jika dikombinasikan dengan operasi bedah.

Misalnya, telah dibuktikan bahwa kombinasi obat-obatan anti-TBC selama 6 atau 9 bulan dan operasi surgical excision of the lesion with bone grafting sama efektifnya dengan pengobatan selama 18 bulan.

Selain itu, konsumsi obat-obatan anti-TBC dalam jangka pendek (kurang dari 6 bulan) telah dilaporkan sama efektifnya dengan pengobatan anti-TBC standar jangka panjang apabila dikombinasikan dengan operasi anterior partial excisions of pathological vertebrae, large iliac strut graft, dan anterior or posterior internal instrumental fixation.

Meski total waktu pengobatan membutuhkan berbulan-bulan, tapi gejala-gejala TBC dan nyeri tulang belakang biasanya membaik dalam waktu lebih cepat. China Journal of Orthopaedics and Traumatology Vol. 23 No. 7 menjelaskan bahwa setelah 4-6 minggu konsumsi obat-obatan anti-TBC, gejala-gejala tersebut membaik pada hampir semua pasien.

Rekomendasi Herbal untuk Dukung Penyembuhan TBC Tulang Belakang

Di samping obat-obatan anti-TBC, pasien juga biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi asupan bermanfaat lain yang membantu mengatasi gejala dan infeksi bakteri penyebab TBC.

Salah satu asupan yang kami rekomendasikan ialah herbal Noni juice, yang terbuat dari sari buah Noni (Mengkudu). Buah ini sudah sejak lama dikonsumsi sebagai pengobatan TBC secara tradisional. Kini penelitian modern sudah membuktikan khasiatnya dalam mendukung kesembuhan TBC.

Noni Juice Dukung TBC Tulang Belakang Bisa Sembuh dengan Baik
Photo by Ninetechno from Getty Images via Canva

Salah satunya penelitian yang diterbitkan KnE Life Sciences Vol. 6 No. 1 Tahun 2021 meneguhkan khasiat Noni sebagai anti-TBC yang dapat digunakan sendiri maupun dikombinasikan dengan obat anti-TBC standar. Bahkan Noni didapati mampu menunjukkan efek anti-TBC yang signifikan terhadap bakteri penyebab TBC yang sudah mengembangkan resistensi (kebal) dengan obat.

Karena itu, para peneliti menyimpulkan bahwa Noni dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk penderita TBC. Herbal Noni juice dapat dikombinasikan dengan pengobatan standar untuk menambah keefektifannya sehingga TBC tulang belakang bisa sembuh dengan lebih baik.

Kesimpulan

Apakah TBC tulang belakang bisa sembuh? Ya bisa sembuh dengan baik, terutama jika dideteksi dan ditangani sejak awal. Jadi segeralah periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala seperti sakit punggung yang disertai demam, berkeringat di malam hari, berat badan turun, sakit badan, dan kelelahan.

Berapa lama TBC tulang belakang sembuh? Pengobatan anti-TBC biasanya ditentukan untuk dijalani selama periode 4, 6, 9, 12, atau 18 bulan. Periodenya mungkin bisa dipersingkat jika pengobatan dikombinasikan dengan operasi bedah yang tepat.

Adakah herbal yang dapat mendukung proses penyembuhan TBC tulang belakang? Penelitian menunjukkan bahwa Noni dapat dikonsumsi untuk menambah keefektifan obat-obatan anti-TBC sehingga TBC tulang belakang bisa sembuh dengan lebih baik.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang apakah TBC tulang belakang bisa sembuh. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}