Pilih Ekstrak Sarang Semut atau Tepung Sarang Semut

685

Diedit:

5
(1)

Herbal Sarang Semut yang diekstrak diyakini memiliki khasiat paling tinggi dibandingkan dengan bentuk Sarang Semut yang direbus ataupun dalam bentuk tepung. Benarkah ekstrak sarang semut lebih baik dibandingkan dengan tepung sarang semut?

Dalam artikel ini Anda akan melihat penjelasan penting yang perlu diteliti dengan baik. Sebelum memilih jenis sarang semut tertentu. Temukan info selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Produk Ekstrak Sarang Semut atau Tepung Sarang Semut

Proses ekstraksi hanya dapat dilakukan oleh pabrik farmasi besar. Proses pembuatannya harus memenuhi syarat “Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB)”, dimana ekstrak yang dihasilkan tidak akan merusak kandungan aktif suatu herbal.

Bila Anda ingin mendapatkan Sarang Semut dalam bentuk ekstrak, pastikan dalam kemasannya (label) tertulis ekstrak serta ada anjuran dosis pemakaiannya. Yang tidak kalah penting, pastikan produk tersebut sudah mendapat izin dari BPOM sebagai obat tradisional sehingga terjamin keaslian dan keamanannya.

Saat ini memang ada beberapa penjual yang menjual Sarang Semut dalam bentuk kapsul dengan harga murah, karena dibuat dari tepung Sarang Semut bukan dari ekstrak Sarang Semut. Ini dua hal yang sangat berbeda. Karena itu jangan mudah tergiur oleh harga murah.

Tepung Sarang Semut

Tepung dihasilkan dari Sarang Semut yang dikeringkan kemudian digiling sampai halus. Kelemahan mendasar dari bentuk ini adalah ampas yang terkandung masih sangat banyak, sehingga senyawa-senyawa aktif yang terkandung dalam Sarang Semut hanya sedikit saja. Selain itu ampasnya berbahaya untuk kinerja ginjal, apalagi bila digunakan untuk waktu yang panjang.

Cara Membedakan Produk Tepung dan Ekstrak

Bagaimana membedakan produk kapsul ekstrak Sarang Semut dengan yang masih bentuk tepung? Caranya sangat mudah, Anda bisa membuka cangkang kapsul kemudian masukkan isinya kedalam air. Bila cepat larut dalam air, itu berarti sudah dalam bentuk ekstrak. Sedangkan bila tidak larut atau sebagian besar mengambang, maka dapat dipastikan itu masih dalam bentuk tepung.


Subroto, M. Ahkam, Saputro, Hendro. 2007. Gempur Penyakit dengan Sarang Semut. Jakarta: Penebar Swadaya


Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Rating: 5 / 5. Pemilih: 1

Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?