Pilih Ekstrak atau Tepung Sarang Semut?


By Fery Irawan

Herbal Sarang Semut yang diekstrak diyakini memiliki khasiat paling baik dibandingkan dengan bentuk Sarang Semut yang direbus (teh) ataupun dalam bentuk tepung yang dikapsulkan.

Bila Anda ingin mendapatkan Sarang Semut dalam bentuk ekstrak, pastikan dalam kemasan labelnya tertulis ekstrak serta ada anjuran dosis pemakaiannya. Yang tidak kalah penting, pastikan produk tersebut sudah mendapat izin dari Badan POM RI sebagai obat tradisional sehingga lebih terjamin keamanannya.

Proses ekstraksi hanya dapat dilakukan oleh pabrik farmasi besar yang memiliki mesin ekstraksi. Proses pembuatannya harus memenuhi syarat “Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB)”, dimana ekstrak yang dihasilkan tidak sampai merusak kandungan aktif suatu herbal.

Tepung Sarang Semut

Tepung dihasilkan dari Sarang Semut yang dikeringkan kemudian digiling sampai halus. Kelemahan mendasar dari bentuk ini adalah ampas yang terkandung masih sangat banyak, sehingga senyawa-senyawa aktif yang terkandung dalam Sarang Semut hanya sedikit saja. Selain itu ampasnya berbahaya untuk kinerja ginjal, apalagi bila digunakan untuk waktu yang panjang.

Ekstrak Sarang Semut

Berbeda dengan bentuk tepung, bentuk ekstrak mudah diserap oleh tubuh dan tidak berbahaya untuk ginjal bahkan untuk pemakaian jangka panjang sekalipun. Kandungan senyawa-senyawa aktif dalam ekstrak Sarang Semut juga banyak karena tidak rusak akibat pemanasan berlebih. Dengan demikian akan lebih banyak senyawa aktif bermanfaat yang dapat diserap oleh tubuh.

Saat ini memang ada beberapa penjual yang menjual Sarang Semut dalam bentuk kapsul dengan harga murah, karena dibuat dari tepung Sarang Semut bukan dari ekstrak Sarang Semut.

Bentuk ekstrak dan tepung adalah dua hal yang sangat berbeda. Karena itu jangan tergiur oleh selisih harga yang tidak seberapa, pastikan produk Sarang Semut Anda sudah berbentuk ekstrak.

Bagaimana membedakan produk kapsul ekstrak Sarang Semut dengan yang masih bentuk tepung? Caranya sangat mudah, Anda bisa membuka cangkang kapsul kemudian masukkan isinya kedalam air. Bila cepat larut dalam air, itu berarti sudah dalam bentuk ekstrak. Sedangkan bila tidak larut atau mengambang, maka dapat dipastikan itu masih dalam bentuk tepung.

Sumber

Subroto, M. Ahkam, Saputro, Hendro. 2007. Gempur Penyakit dengan Sarang Semut. Jakarta: Penebar Swadaya

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}