Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Ilustrasi: Apa Itu Kanker Tenggorokan? Ilustrasi: Apa Itu Kanker Tenggorokan?

Apa Itu Kanker Tenggorokan?

Tahukah Anda apa itu kanker tenggorokan? Apakah ini sama dengan kanker mulut atau kanker rongga mulut? Mari kita lihat bersama-sama. Walaupun lokasi tenggorokan berada di dalam mulut, kanker yang menimpa bagian tersebut tidak bisa disebut kanker mulut. Ingatlah bahwa kanker mulut terjadi dari area bibir sampai bagian dalam mulut, tepatnya didepan amandel. Sedangkan kanker tenggorokan meliputi bagian; tenggorokan (pharynx), kotak suara (larynx) dan tonsil. Kanker tenggorokan mulai dari bagian berbentuk tabung berotot di belakang hidung sampai leher.

Kanker tenggorokan masih termasuk dalam kategori penyakit kanker yang menyerang kepala dan leher. Setidaknya 90% kanker tenggorokan merupakan jenis karsinoma sel skuamosa. Lalu berapa banyak kasus kanker tenggorokan yang terjadi? Berdasarkan data yang diperoleh dari National Cancer Institute, ada 3,3 per 100.000 pria dan wanita yang mengalami kanker tenggorokan setiap tahunnya. Lalu, ada sekitar 1,1 per 100.000 pria dan wanita mengalami kematian setiap tahun, di sepanjang tahun 2007 hingga 2011. Bahkan di Amerika Serikat ada 89.265 orang yang hidup dengan kanker tenggorokan tepatnya di area kotak suara atau laring (tahun 2011). Bagaimana dengan tahun 2014?

Ada perkiraan kasus baru berupa kanker laring sebanyak 12.630 dan 3.610 orang meninggal karenanya. Diantara beberapa penyakit kanker lainnya, jenis kanker laring masuk dalam urutan ke-20. Dari perkiraan ini kanker laring tergolong langka. Jenis kanker tenggorokan tidak hanya kanker laring saja, ini bergantung lokasi yang terserang di sekitar tenggorokan Anda. Beberapa bagian lain yang juga beresiko terserang kanker ialah; oropharynx, hypopharynx, dan nasopharynx. Mungkin terdengar asing di telinga Anda, Anda dapat menemukan penjelasannya di artikel lainnya.

Tahukah Anda apa itu kanker? Kanker merupakan penyakit berat yang ditandai dengan munculnya benjolan tidak normal. Untuk kanker tenggorokan benjolan ini berada di tenggorokan, apabila benjolan bersifat jinak atau tidak mengalami penyebaran dan proses pembesarannya lambat – ini disebut dengan tumor. Sedangkan jika benjolan tampak ganas dan memiliki tingkat penyebaran yang cepat – barulah bisa disebut kanker. Namun, baik tumor atau kanker, keduanya sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Waspadalah karena tumor dapat berubah menjadi kanker.

Sekarang mari kita ulas lebih jauh bagian-bagian dari organ yang disebutkan tadi, agar Anda memahami dimana letak kanker yang Anda miliki sewaktu dokter menyebutkan jenis-jenis kanker tenggorokan. Berawal dari faring (pharynx) organ ini berkaitan dengan sistem pernapasan dan pencernaan dalam tenggorokan Anda, terdiri dari 3 bagian; berawal dari nasopharynx yang letaknya bagian terdalam (belakang) rongga hidung. Lalu, oropharynx yang berada dibelakang rongga bukal atau rongga mulut. Terakhir, laryngopharynx yang berada di bagian belakang laring dan berhubungan dengan oropharynx juga nasopharynx. Tampaknya agak sedikit sulit membayangkan lokasinya karena berada di dalam.

Agar lebih mudah, ingatlah fungsi dari ketiga organ tadi, misalnya; nasofaring (nasopharynx) hanya mengijinkan udara yang masuk melalui hidung. Orofaring (oropharynx) hanya dilalui oleh makanan yang sudah dihaluskan gigi melalui mulut. Laringofaring (laryngopharynx) hanya mengijinkan udara yang akan diteruskan ke paru-paru. Sedangkan laring, berada dibagian tengah, tempat dihasilkannya pita suara. Lalu, tonsil atau amandel yang berada di kedua sisi mulut. Untuk mengetahui lebih banyak tentang kanker tenggorokan, silahkan melihat beberapa artikel lainnya dalam web ini!

addfriends en 130
PENTING: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami.

Log In or Register