Apa Itu Kanker Kulit?

507

Diedit:

Melihat kata kanker, bagaimana Anda memandangnya? Ya, beberapa orang bisa jadi khawatir terhadap dampak buruk setelahnya. Kanker kulit juga menjadi salah satu jenis kanker yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang.

Darimana kita dapat mengetahui faktanya? Seorang pakar penyakit kulit profesional di Amerika Serikat, bernama Rogers, HW mengatakan ‘Kanker kulit menjadi penyakit yang sangat umum ditemui penduduk Amerika Serikat dari antara jenis kanker lainnya, bayangkan ada lebih dari 3,5 juta kasus kanker kulit diantara 2 juta orang yang melakukan pemeriksaan medis setiap tahunnya. Bahkan selama periode tahun 1992 hingga 2006 ada peningkatan pengobatan kanker kulit Non-Melanoma sebesar 77% yang menandakan maraknya wabah kanker’.

Lalu, bagaimana dengan warga negara Indonesia? Data WHO (World Health Organization) pada tahun 2011, menunjukkan bahwa angka kematian akibat kanker kulit di Indonesia masih berkisar antara 0,8 dan menempati urutan ke-122.

Jumlah ini sangat sedikit jika dibandingkan dengan Amerika serikat yang berkisar hingga 2,8 dengan urutan ke-29. Dari jumlah data yang berhasil dikumpulkan, Anda dapat menemukan bahwa kanker kulit memiliki beragam jenis?

Pertama, karsinoma sel basal yang sering dijumpai oleh mereka yang memiliki usia antara 20 hingga 30 tahun. Dampak dari jenis kanker ini tidak selalu fatal, hanya saja area kulit yang terinfeksi dapat berubah bentuk atau cacat apabila dibiarkan terus bertumbuh.

Jenis kanker kulit Karsinoma sel basal sering kali menyerang bagian kulit kepala, telinga, wajah, leher, bahu, serta punggung. Kanker ini juga dapat menyebabkan pertumbuhan pada luka yang tidak normal dan tidak terkendali pada tepatnya di area sel basal—namun tidak selalu mengalami menyebar ke area tubuh lainnya.

Kedua, Karsinoma sel skuamosa yang memiliki risiko kematian pada orang yang berusia 50 hingga 70 tahun. Selama 30 tahun terakhir ini terdapat peningkatan kasus karsinoma sel skuamosa hingga 200%. Dan, dari 3900 hingga 8800 pasien, ada 2% pasien yang meninggal dunia di Amerika Serikat.

Baca juga:  Jenis-Jenis Kanker Kulit, Apa Saja Perbedaannya?

Laporan tersebut sesuai dengan keterangan dari Karia PS yang bekerja di departemen penyakit kulit Amerika Serikat—Brigham and Women’s Hospital, Boston. Sewaktu jenis kanker ini menyerang sering kali seluruh bagian tubuh, seperti; kulit kepala, wajah, tepi telinga, bawah bibir, leher, tangan, lengan, dan kaki dapat terjangkiti—selaput lendir dan alat kelamin juga tidak luput dari serangannya.

Ketiga, Melanoma yang menjadi salah satu jenis kanker kulit berbahaya, karena setiap tahun dapat membunuh sekitar 9700-an orang Amerika Serikat. Jenis kanker ini dialami oleh mereka yang memiliki kerusakan DNA pada sel kulitnya, lalu memicu cacat genetika yang mengganas pada lapisan basal epidermis atau tepatnya disebut melanosit (penghasil pigmen/warna kulit).

Bila melanoma tidak diobati, sel kanker ini dapat menyebar ke area tubuh lainnya sehingga sulit untuk diatasi. Melanoma memiliki warna cokelat-kehitaman yang terlihat seperti tahi lalat, tetapi ada juga yang berwarna merah muda, merah, ungu, biru, atau bahkan putih.

Bila Anda ingin mencari informasi seputar obat kanker yang dapat secara efektif mengatasi serta menghambat perkembangan sel-sel kanker kulit, silakan kunjungi halaman artikel berikut: Obat Kanker Kulit.

Advertisement
Alinesia