Kenali Gejala Kanker Vulva dan Pilihan Pengobatan Herbal Terbaiknya


By Fery Irawan

Vulva adalah bagian luar dari organ genital wanita, termasuk bagian pembukaan vagina, bibir luar vagina, bibir dalam, serta klitoris. Gejala kanker vulva dapat muncul di bagian manapun dari vulva, tetapi paling sering terjadi di area pinggir bibir vagina.

Kebanyakan wanita yang mengalami ciri-ciri kanker vulva adalah mereka yang sudah berusia di atas 65 tahun atau yang sudah melewati masa menopause. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan wanita usia muda juga terserang kanker ini. Karena itu penting bagi kita semua untuk mengerti caranya mengenali tanda-tanda kanker vulva.

Gejala-Gejala Kanker Vulva yang Mesti Diwaspadai

Wanita yang mengidap kanker vulva mungkin mengalami gejala atau tanda-tanda. Tetapi kadang-kadang penderitanya tidak menunjukkan gejala-gejala yang jelas, atau gejala-gejala yang disangka kanker vulva ternyata disebabkan jenis penyakit lain. Walaupun demikian, Anda tetap perlu waspada jika muncul tanda-tanda seperti berikut:

  • Gatal terus-menerus di vulva
  • Nyeri, pegal, atau terasa sakit di vulva
  • Penebalan area kulit di vulva yang terlihat merah, putih, atau berwarna gelap
  • Benjolan atau pertumbuhan seperti kutil pada vulva
  • Perdarahan atau keluar keputihan bercampur darah dari vulva di luar periode mentruasi
  • Luka terbuka di vulva
  • Rasa sakit seperti terbakar ketika buang air kecil
  • Tahi lalat di vulva yang berubah bentuk atau warna

Segera temui dokter jika Anda melihat adanya gejala-gejala kanker vulva seperti yang dideskripsikan artikel ini, terutama bila sudah dialami dalam waktu lama, agar bisa diketahui penyebabnya serta bisa ditangani secepatnya.

Ciri-ciri kanker vulva di atas dapat juga disebabkan oleh penyakit lain yang bukan kanker, misalnya karena infeksi. Namun walaupun disebabkan oleh infeksi, masalah tersebut juga perlu ditangani oleh dokter. Jadi jangan tunda jadwal kunjungan Anda ke dokter hanya karena ragu-ragu apakah ini gejala kanker atau bukan.

Ketika dokter melakukan pemeriksaan, ia mungkin akan melaksanakan beberapa prosedur medis. Bagian berikut dari artikel ini akan membantu Anda memahami bagaimana caranya dokter mendeteksi tanda-tanda kanker vulva.

Caranya Dokter Mendeteksi Gejala-Gejala Kanker Vulva

Dokter akan menanyakan Anda mengenai ciri-ciri kanker vulva yang dirasakan, memeriksa riwayat kesehatan Anda, serta memeriksa vulva untuk melihat apakah ada benjolan atau area kulit yang mencurigakan.

Jika Anda lebih nyaman diperiksa oleh dokter perempuan atau Anda ingin seorang suster perempuan hadir pada saat pemeriksaan, sebaiknya sejak awal jelaskan kepada dokter Anda sebelum pemeriksaan dilanjutkan.

Apabila dokter merasa Anda perlu menjalani pemeriksaan lanjutan, maka ia akan merujuk aNda kepada dokter spesialis, yaitu ginekolog. Dokter ginekolog adalah spesialis dalam menangani masalah pada sistem reproduksi wanita.

Ginekolog akan bertanya tentang gejala kanker vulva yang Anda alami serta memeriksa kembali vulva Anda, lalu ia dapat merekomendasikan tes yang disebut biopsi untuk memastikan apakah Anda mengidap kanker.

Biopsi dilakukan dengan mengambil sedikit sampel dari jaringan vulva agar bisa diperiksa di bawah mikroskop untuk memastikan apakah ada sel-sel kanker di dalamnya. Prosedur medis ini biasanya membutuhkan bius lokal. Hasil biopsi bisa diperoleh setelah 7 sampai 10 hari.

Jika hasil biopsi menunjukkan keberadaan kanker di vulva, dokter mungkin akan menganjurkan Anda melakukan tes-tes selanjutnya untuk menentukan sudah seberapa jauh perkembangan dan penyebaran kanker. Tes-tes tersebut mungkin mencakup:

  • Kolposkopi—prosedur dimana mikroskop digunakan untuk memeriksa sel-sel abnormal pada vagina.
  • Sistoskopi—pemeriksaan bagian dalam kandung kemih menggunakan tabung tipis yang dimasukkan ke dalam kandung kemih.
  • Proktoskopi—pemeriksaan bagian dalam rektum.
  • Biopsi kelenjar getah bening di dekat vulva—untuk melihat apakah kanker telah menyebar melalui sistem limfatik Anda.
  • CT scan atau MRI scan—pemindaian untuk memeriksa tanda-tanda kanker vulva sudah menyebar di area kelenjar getah bening atau organ lainnya.
  • X-ray—mengecek apakah kanker sudah menyebar ke paru-paru Anda.

Hasil dari berbagai tes di atas akan memungkinkan dokter untuk menentukan stadium kanker Anda. Setelah selesai dengan semua pemeriksaan yang diperlukan untuk mendeteksi ciri-ciri kanker vulva, dokter akan meninjau semua hasilnya bersama Anda. Semua ini memengaruhi pilihan pengobatan yang disarankan.

Kunci untuk keberhasilan pengobatan kanker adalah mengidentifikasi gejala-gejala kanker vulva sedini mungkin, sebelum kanker mempunyai kesempatan untuk berkembang dan menyebar. Jika Anda sudah benar-benar mencurigai keberadaan kanker, maka sangat dianjurkan untuk bertindak cepat.

Beberapa orang mengonsumsi herbal sebagai langkah cepat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker selagi mereka menunggu hasil pemeriksaan medis. Hal ini dilakukan supaya gejala-gejala yang sudah dirasakan tidak bertambah parah. Jika Anda juga tertarik memanfaatkan herbal, maka informasi di bagian berikut akan sangat berguna.

Pilihan Herbal Terbaik Untuk Pengobatan Kanker Vulva

Bagi Anda yang mencari herbal untuk membantu menumpas perkembangan kanker dari sedini mungkin, maka ada baiknya Anda memilih herbal yang benar-benar bermanfaat dan tepat peruntukannya. Berikut ini akan dijelaskan 3 pilihan herbal anti kanker terbaik yang telah dibuktikan kemampuannya dalam menumpas pertumbuhan sel-sel kanker.

Sarang Semut

Sarang Semut adalah herbal yang telah banyak terbukti khasiatnya dalam pengobatan kanker karena memiliki kandungan senyawa aktif semacam tanin, flavonoid, serta polifenol.

Seorang ahli peneliti utama LIPI, Dr. M. Ahkam Subroto mengatakan bahwa dengan limpahnya kandungan beragam senyawa aktif tersebut yang berguna sebagai antioksidan dan anti kanker, menjadikan herbal ini sangat tepat digunakan untuk menumpas berbagai jenis kanker.

Kegunaan Sarang Semut untuk kanker berkaitan erat dengan mekanisme flavonoidnya yang mampu melawan perkembangan sel-sel kanker karena berfungsi sebagai inaktivasi karsinogen, antiproliferasi, inhibisi angiogenesis, dan mekanisme-mekanisme lainnya.

Bila ingin mencari tahu lebih banyak seputar Sarang Semut, silakan lihat artikel berikut: Sarang Semut Papua Mulai Hancurkan Kanker, Tumor, Benjolan Abnormal dalam Waktu 3 Bulan atau Kurang!

Noni Juice

Noni Juice juga adalah herbal yang sudah diakui khasiatnya dalam penyembuhan berbagai macam penyakit berat, termasuk kanker. Noni Juice mengandung scolopetin yang memiliki kemampuan untuk menguatkan sistem imun tubuh, termasuk membantuk fitokimia khusus yang bersifat antigen yang akan secara aktif melawan pembentukan sel-sel kanker.

Ada juga kandungan damnachantal di dalam Noni yang berguna untuk menghambat reproduksi sel-sel kanker secara signifikan. Sedangkan, Dr. Judah Folkman dari Harvard University mengungkapkan bahwa Noni bekerja secara sinergis bersama mikronutrien lain dalam menghambat aliran darah yang menuju sel-sel kanker sehingga mereka tidak mendapat asupan makanan untuk bertahan hidup.

Bila ingin mencari tahu lebih banyak seputar Noni Juice, silakan lihat artikel berikut: Noni Juice—Herbal Teruji Taklukan Darah Tinggi, Diabetes, Gangguan Jantung, dan Penyakit Lainnya!

Temu Putih

Penelitian mengungkapkan bahwa herbal Temu Putih (atau yang juga dikenal sebagai Kunyit Putih) mengandung zat RIP (Ribosome Inactivating Protein). Zat ini jika berada di dalam tubuh maka akan menempelkan diri ke sel-sel tubuh yang mengalami mutasi berkembang menjadi sel abnormal (kanker).

Lalu zat RIP mengakibatkan sel-sel tersebut tidak sanggup lagi untuk berkembang biak. Sehingga sel-sel tersebut tidak dapat memperbanyak diri sebelum habis batas usianya. Karena itulah kemampuan herbal Temu Putih dalam menumpas perkembangan tanda-tanda kanker vulva bukanlah dengan memusnahkan sel-sel kanker, tetapi dengan memicu agar sel-sel tersebut menjadi mandul.

Untuk melihat lebih lanjut tentang khasiat Temu Putih bagi pengobatan kanker, silakan kunjungi artikel: Kunyit Putih—Herbal Pengusir Kanker dan Tumor.

Anda bisa memanfaatkan pilihan herbal yang tersedia sebagai langkah awal untuk menangani gejala-gejala kanker vulva yang mulai Anda rasakan. Jika Anda mencari herbal yang paling sering digunakan dalam pengobatan kanker, maka pilihannya adalah Sarang Semut. Herbal ini paling unggul dari segi empiris (berdasarkan pengalaman) dibandingkan dengan kedua pilihan lainnya.

Dari pengakuan para penggunanya, Sarang Semut seringkali sudah mampu menunjukkan reaksi penyembuhannya sejak 1-3 bulan pertama bila dikonsumsi secara rutin. Bahkan dalam 3 bulan tersebut ada juga yang mengaku sudah merasa sembuh dari gejala penyakit kanker yang dideritanya.

Jika Anda sekarang sedang khawatir karena ciri-ciri kanker vulva yang disebutkan di artikel ini semuanya Anda rasakan, ingatlah bahwa kanker dapat ditangani dengan baik bila dideteksi sejak dini. Periksakanlah diri ke dokter untuk memastikan apakah itu memang benar gejala-gejala kanker vulva atau bukan.

Kemudian langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari pengobatan kanker yang paling sesuai dengan keadaan yang Anda hadapi. Jika tubuh masih baru menunjukkan gejala (belum sampai divonis), kemungkinan besar herbal dapat membantu Anda untuk terbebas dari ancaman kanker.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}