Kenali Gejala Kanker Vagina dan Pilihan Pengobatan Herbal Terbaiknya


By Fery Irawan

Seseorang berada pada risiko lebih tinggi untuk mengalami gejala-gejala kanker vagina jika berusia 60 atau lebih, serta pernah memiliki masalah pertumbuhan abnormal pada rahim. Meskipun kanker ini tergolong jenis yang langka, akan tetapi bukan berarti kita boleh mengabaikannya.

Menganggap sepele keberadaan tanda-tanda kanker vagina yang masih ringan seringkali membuat beberapa pengidapnya terlambat mendapatkan penanganan yang semestinya bisa menyelamatkan mereka dari dampak yang fatal.

Oleh sebab itu, sebagai kaum wanita yang sadar akan keadaan kesehatan tubuh, mari kenali apa saja ciri-ciri kanker vagina yang muncul sejak awal perkembangannya agar penyakit ini bisa ditangani secepat mungkin.

Gejala-Gejala Kanker Vagina yang Mesti Diwaspadai

Lebih dari 8 dari 10 wanita (80 persen) yang mengidap kanker vagina memiliki satu atau beberapa dari gejala seperti berikut ini:

  • Perdarahan dari vagina yang tidak biasa (seringkali setelah melakukan hubungan seksual)
  • Keputihan yang tidak biasa
  • Benjolan abnormal di area vagina yang bisa dirasakan
  • Merasa nyeri selama berhubungan seksual

Ketika sudah mencapai stadium yang lebih tinggi, kemungkinan pengidapnya akan merasakan gejala-gejala kanker vagina seperti: merasa sakit saat buang air kecil, sembelit, serta rasa sakit yang terus-menerus di area panggul (pangkal paha).

Ingatlah bahwa penyakit ini tergolong jenis kanker yang langka, jadi jika mengalami beberapa gejala seperti yang disebutkan artikel ini, biasanya itu bukan disebabkan oleh kanker vagina. Akan tetapi Anda sebaiknya tetap memeriksakannya ke dokter saat mulai merasakan gejala-gejala tersebut.

Merasakan ciri-ciri kanker vagina tidak selalu berarti bahwa Anda pasti mengidap kanker. Faktanya, ciri-ciri yang disebutkan disini lebih mungkin disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang bukan kanker, misalnya karena infeksi di area vagina.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apa penyebab dari keluhan yang Anda rasakan adalah lewat pemeriksaan medis. Bagian berikutnya akan menjelaskan bagaimana caranya kanker ini dideteksi melalui beragam pemeriksaan medis.

Caranya Mendeteksi Dini Gejala Kanker Vagina

Ketika Anda mengunjungi dokter untuk memeriksakan keberadaan tanda-tanda kanker vagina, beliau mungkin akan merekomendasikan beberapa tes untuk memeriksa vagina serta organ lain di panggul guna mendeteksi dan mendiagnosis kanker. Tes dan prosedur medis berikut ini mungkin digunakan:

  • Pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan: Untuk memeriksa tanda-tanda kesehatan umum, termasuk memeriksa tanda-tanda kanker vagina, seperti benjolan atau hal lain yang tampaknya tidak biasa. Riwayat kebiasaan kesehatan pasien dan penyakit serta perawatan di masa lalu juga akan diperiksa.
  • Pemeriksaan panggul: Memeriksa area vagina, serviks, rahim, tabung falopi, ovarium, dan rektum. Dokter akan memasukkan satu atau dua jari tangan yang diberi pelumas dan dikenakan sarung tangan ke dalam vagina serta menempatkan tangan lain di perut bagian bawah untuk merasakan bentuk, ukuran, dan posisi rahim serta ovarium. Sebuah spekulum juga dimasukkan ke dalam vagina untuk melihat apakah ada ciri-ciri kanker vagina. Tes Pap smear biasanya juga dilaksanakan dengan memasukkan jari tangan yang sudah dilumasi ke dalam rektum untuk memastikan apakah ada benjolan atau gejala abnormal lainnya.
  • Pemeriksaan Pap: Prosedur ini untuk mengumpulkan sel-sel dari permukaan serviks dan vagina. Sebuah kapas, kuas, atau tongkat kayu kecil digunakan untuk dengan lembut mengikis sel-sel dari serviks dan vagina. Sel-sel itu lalu diperiksa di bawah mikroskop untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda kanker vagina padanya. Prosedur ini juga disebut Pap smear.
  • Kolposkopi: Prosedur ini menggunakan kolposkop untuk mengecek vagina dan serviks. Sampel jaringan mungkin diambil dari sana menggunakan kuret dan diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat apakah ada gejala-gejala kanker vagina padanya.
  • Biopsi: Pengangkatan sel atau jaringan dari vagina dan serviks untuk dilihat di bawah mikroskop oleh ahli patologi guna mendeteksi ciri-ciri kanker vagina. Jika hasil Pap smear memperlihatkan keberadaan sel-sel abnormal pada vagina, maka biopsi dapat dilakukan selama prosedur kolposkopi.

Meskipun beberapa dari pemeriksaan dan prosedur medis untuk memeriksa gejala-gejala kanker vagina kelihatannya mengerikan atau mungkin membuat Anda malu, namun ingatlah bahwa hal tersebut diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Sebagai saran, Anda bisa memilih dokter wanita agar mengurangi rasa canggung.

Kunci untuk keberhasilan pengobatan adalah mendeteksi kanker vagina sedini mungkin, sebelum ia mempunyai kesempatan untuk menyebar. Jika Anda sudah benar-benar mencurigai keberadaan kanker di vagina, maka sangat disarankan untuk melakukan tindakan penanganan.

Beberapa orang memutuskan untuk memanfaatkan herbal sebagai langkah cepat supaya menghambat perkembangan sel-sel kanker seraya menunggu hasil pemeriksaan medis. Bila Anda tertarik untuk juga menggunakan herbal, maka informasi berikut ini akan sangat membantu.

Pilihan Herbal Terbaik Untuk Pengobatan Kanker Vagina

Bila Anda memilih untuk menempuh jalan pengobatan alternatif guna menumpas pertumbuhan kanker vagina sesegera mungkin, berikut adalah informasi 3 pilihan herbal asli Indonesia yang layak dipertimbangkan. Herbal tersebut adalah Sarang Semut, Noni Juice, serta Temu Putih.

Sarang Semut

Ini adalah salah satu herbal yang paling sering direkomendasikan untuk pengobatan kanker. Dan memang herbal ini sudah terbukti secara empiris (berdasarkan pengalaman) bermanfaat untuk membantu menumpas pertumbuhan sel-sel kanker.

Riset ilmiah menunjukkan bahwa Sarang Semut mengandung senyawa-senyawa semacam flavonoid, polifenol, dan tokoferol yang diduga kuat berperan dalam penyembuhan kanker. Diungkapkan bahwa flavonoid memiliki mekanisme kerja antiproliferasi; yang berguna dalam mendeteksi dan menghambat pertumbuhan sel kanker yang sangat cepat. Mekanisme lainnya ialah induksi apoptosis yang mendorong sel-sel kanker melakukan bunuh diri.

Senyawa polifenol bertindak sebagai penangkal radikal bebas dengan cara melindungi DNA yang berpotensi menjadi pemicu kanker. Sedangkan senyawa tokoferol berperan sebagai peredam radikal bebas yang sangat ampuh. Diketahui bahwa Sarang Semut mengandung tokoferol yang mampu meredam radikal bebas hampir mencapai 100%.

Bila Anda ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai khasiat Sarang Semut dalam menyembuhkan kanker, silakan buka artikel: Sarang Semut Papua Mulai Hancurkan Kanker, Tumor, Benjolan Abnormal dalam Waktu 3 Bulan atau Kurang!

Noni Juice

Noni Juice mengandung damnachantal yang sanggup menghambat reproduksi sel-sel kanker secara signifikan. Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa Noni juice dapat mendorong kemampuan tubuh untuk mereproduksi elemen-elemen tubuh guna melawan kanker, seperti nitrit oksida, interleukin (mediator sistem imunitas yang dibuat oleh dan memengaruhi limfosit), interferon (sitokin yang mencegah terjadinya super infeksi oleh virus lain), lipopolisakarida, faktor nekrosis tumor, serta sel-sel pembunuh kanker lain.

Penelitian lain juga menyatakan bahwa Noni dapat bekerja sama dengan mikonutrien lain dalam tubuh untuk menghambat peredaran darah yang membawa makanan/nutrisi menuju sel-sel kanker sehingga mencegahnya untuk mendapatkan makanan dan akhirnya mati dengan sendirinya.

Jika Anda ingin membaca selengkapnya seputar manfaat Noni Juice, silakan buka artikel: Noni Juice—Herbal Teruji Taklukan Darah Tinggi, Diabetes, Gangguan Jantung, dan Penyakit Lainnya!

Temu Putih

Kemudian pilihan herbal yang ketiga adalah Temu Putih. Herbal anti kanker ini juga biasa disebut sebagai Kunyit Putih. Diketahui bahwa herbal ini mengandung senyawa kurkumin yang dapat mengganggu jalur-jalur molekul vital yang berperan dalam perkembangan serta pertumbuhan kanker.

Berdasarkan penelitian laboratorium menggunakan hewan percobaanjuga didapati bahwa senyawa ini mampu menyusutkan ukuran kanker, memaksimalkan pengobatan kemoterapi, serta membunuh sel-sel kanker. Temu Putih juga mengandung zat Ribosome Inacting Protein (RIP) yang bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dan menghancurkan sel kanker tanpa memengaruhi jaringan sekitarnya.

Untuk Anda yang ingin membaca lebih lanjut tentang khasiat Temu Putih sebagai anti kanker alami yang bermanfaat memulihkan gejala-gejala kanker vagina, silakan baca artikel: Kunyit Putih—Herbal Pengusir Kanker dan Tumor.

Anda bisa memanfaatkan pilihan herbal yang tersedia sebagai langkah cepat untuk menangani ciri-ciri kanker vagina yang mulai Anda rasakan. Jika Anda menginginkan herbal yang paling sering digunakan dalam pengobatan kanker, maka pilihannya adalah Sarang Semut. Herbal ini paling unggul dari segi empiris (berdasarkan pengalaman) dibandingkan dengan kedua pilihan lainnya.

Dari pengakuan para penggunanya, Sarang Semut seringkali sudah mampu menunjukkan reaksi penyembuhannya sejak 1-3 bulan pertama bila dikonsumsi secara rutin. Bahkan dalam 3 bulan tersebut ada juga yang mengaku sudah merasa sembuh dari gejala penyakit kanker yang dideritanya.

Apabila Anda sedang khawatir karena merasa sudah mengalami ciri-ciri kanker vagina, atau mungkin Anda sudah divonis terkena kanker, wajar jika Anda merasa bingung dan takut menghadapinya. Namun ingatlah bahwa diagnosa kanker bukanlah akhir, justru ini adalah awal perjuangan Anda mengalahkan kanker!

Langkah terbaik yang perlu dilakukan adalah berusaha tetap tenang dan pantang menyerah. Baru setelah itu Anda bisa dengan kepala dingin mencari pengobatan kanker vagina yang paling sesuai dengan keadaan Anda. Bagi yang belum didiagnosa dan masih baru merasakan gejala kanker vagina, jauh lebih besar kemungkinannya untuk terbebas dari kanker bila ditangani sedini mungkin, misalnya dengan menggunakan herbal.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}