6 Ciri-Ciri Kanker Endometrium yang Mudah Dikenali

636

Diedit:

Ungkapan kanker endometrium memang terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Namun, terpikirkah Anda apa itu kanker endometrium? Ya, ini merupakan kanker yang berada di dinding rahim. Tapi bukan kanker rahim, sekalipun letak sel kanker ada di bagian rahim. Kanker endometrium menyerang lapisan jaringan kulit dinding rahim (endometrium).

Tentu, jenis kanker ini cukup berbahaya di kalangan para wanita dan tak seorangpun ingin terkena dampak kerugiannya. Agar dapat mengatasi penyakit ini, Anda tentu perlu memahami caranya mengenali ciri-ciri kanker endometrium agar dapat menumpas perkembangannya secepat mungkin sebelum terlambat.

6 Ciri-Ciri Utama Kanker Endometrium

Beruntung, kanker ini seringkali terdeteksi pada tahap awal perkembangannya karena ada beragam gejala-gejala kanker endometrium yang cukup mudah dikenali. Berikut adalah beberapa gejala utama dari kanker endometrium.

  • Perdarahan dari vagina setelah menopause
  • Perdarahan dari vagina di luar waktu menstruasi
  • Keputihan yang tidak biasa, misalnya yang berair atau ada bercak darahnya
  • Rasa nyeri di panggul (pangkal paha)
  • Merasa seperti ada benjolan atau pembengkakan di area rahim
  • Berat badan turun yang tidak jelas sebabnya

Sekitar 90 persen dari pasien yang didiagnosis kanker endometrium mengalami perdarahan vagina yang abnormal, misalnya perubahan pola menstruasi yang normal atau perdarahan di luar waktu menstruasi atau setelah menopause.

Keputihan juga mungkin merupakan gejala-gejala kanker endometrium. Bahkan meskipun tidak ada darah di cairan keputihan, bukan berarti tidak ada kemungkinan itu adalah tanda-tanda kanker endometrium.

Sekitar 10 persen dari kasus kanker ini, keputihan yang dialami penderitanya tidak mengandung bercak darah. Oleh karena itu, setiap cairan abnormal yang keluar dari vagina perlu diberi perhatian khusus.

Gejala-gejala kanker endometrium ini lebih sering dialami jika kanker sudah mencapai stadium lanjut. Namun, keterlambatan dalam mencari bantuan medis mungkin menyebabkan penyakit kanker ini terlanjur parah sehingga menimbulkan gejala-gejala ini.

Apabila Anda merasakan gejala-gejala kanker endometrium seperti yang dideskripsikan artikel ini, terutama jika dialami dalam waktu bersamaan atau dalam waktu cukup lama, sebaiknya temuilah dokter yang terpercaya untuk memastikan penyebabnya serta agar bisa ditangani secepat mungkin.

Baca juga:  7 Tanda-Tanda Kanker Endometrium Stadium Awal

Bila Anda membiarkan berbagai keluhan yang Anda alami, ini dapat mempersulit tindakan pengobatan yang akan Anda jalani. Penyebaran kanker endometrium tidak dapat dianggap sepele, karena jika ini sudah menyebar ke organ terjauh, seperti paru-paru—tentu akan memperkecil persentase harapan hidup seseorang.

Bagaimana agar dapat mencegah penyebaran kanker? Segera lakukan diagnosis awal, lalu lakukan pemeriksaan lanjutan untuk memahami stadium kanker. Misalnya, pada kanker stadium 1—sel kanker baru muncul pada lapisan endometrium atau sudah masuk kedalam lapisan myometrium. Stadium 2—sel kanker berada di jaringan ikat rahim dan belum menyebar keluar rahim. Stadium 3—sel kanker sudah keluar rahim. Stadium 4—sel kanker berada di kelenjar getah bening.

Jika kanker dideteksi masih dalam tahap awal perkembangannya, kemungkinan besar Anda belum perlu menjalani proses pengobatan atau pembedahan yang menyakitkan karena kanker masih lebih mudah dihilangkan. Herbal pun dapat dimanfaatkan untuk mencegah agar tanda-tanda kanker endometrium tidak bertambah parah.

Pilihan Herbal Asli Indonesia Terbaik untuk Kanker Endometrium

Apabila Anda ingin mencoba herbal untuk menghambat pertumbuhan kanker endometrium, terdapat 3 pilihan herbal yang patut dipertimbangkan, yaitu Sarang Semut, Noni Juice, serta Temu Putih. Ketiga herbal ini dapat bekerja secara alami untuk menumpas sel-sel kanker yang terus berkembang secara tidak terkendali.

Sarang Semut

Sarang Semut merupakan herbal yang dibuktikan berkhasiat dan tepat peruntukannya untuk membantu pengobatan gejala-gejala kanker endometrium. Kemampuannya ini diduga kuat berkaitan dengan kayanya kandungan flavonoid dalam Sarang Semut.

Beberapa mekanisme kerja dari flavonoid bisa dibilang seperti ‘jurus jitu’ untuk melawan kanker. Diantaranya adalah mekanisme induksi apoptosis dan diferensiasi yang bertugas untuk merangsang proses bunuh diri sel-sel kanker. Lalu ada mekanisme anti-proliferasi yang menghambat proses perbanyakan (duplikasi) sel-sel abnormal yang menjadi penyebab kanker.

Kemudian mekanisme inhibisi angiogenesis berfungsi menghambat pembentukan pembuluh darah baru pada sel kanker yang bertugas menyediakan makanan/nutrisi bagi perkembangan sel kanker. Jika sel kanker tidak mendapat nutrisi, lama-lama ia akan mati.

Bila ingin melihat lebih jauh mengenai kemampuan Sarang Semut dalam membunuh pertumbuhan kanker, silakan buka artikel: Sarang Semut Papua Mulai Hancurkan Kanker, Tumor, Benjolan Abnormal dalam Waktu 3 Bulan atau Kurang!

Baca juga:  Apa Penyebab Kanker Endometrium?

Noni Juice

Noni diketahui sanggup bekerja secara sinergis bersama mikronutrien lain untuk menghambat aliran darah yang menuju sel-sel kanker guna mencegah sel-sel tersebut mendapatkan kiriman makanan yang dibutuhkannya.

Penelitian juga memperlihatkan bahwa Noni mengandung damnachantal yang mampu menghambat reproduksi sel-sel kanker secara signifikan. Ditambah lagi, Noni Juice juga berguna untuk mendorong tubuh mereproduksi elemen-elemen dari dalam tubuh untuk menumpas kanker, seperti nitrit oksida, interleukin, interferon, faktor nekrosis tumor, lipopolisakarida, serta sel-sel pelawan kanker lainnya.

Untuk melihat lebih jauh mengenai manfaat Noni Juice dalam penyembuhan ciri-ciri kanker endometrium, silakan buka artikel: Noni Juice—Herbal Teruji Taklukan Darah Tinggi, Diabetes, Gangguan Jantung, dan Penyakit Lainnya!

Temu Putih

Herbal ini di beberapa daerah juga dikenal dengan nama Kunyit Putih. Herbal ini didapati mengandung zat Ribosome Inactivating Protein (RIP) yang bermanfaat untuk menonaktifkan sel kaner, merontokkan sel kanker tanpa merusak jaringan sekitarnya, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain memiliki zat RIP, Temu Putih juga mengandung zat antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan gen yang diakibatkan kanker serta mengandung zat anti curcumin yang bertugas sebagai pencegah atau menghentikan peradangan akibat dampak penyakit.

Untuk membaca lebih lengkap mengenai manfaat Temu Putih atau Kunyit Putih dalam pengobatan kanker, silakan lihat artikel: Kunyit Putih—Herbal Pengusir Kanker dan Tumor.

Anda bisa memanfaatkan pilihan herbal yang tersedia sebagai langkah awal untuk menangani tanda-tanda kanker endometrium yang mulai Anda rasakan. Jika Anda inign memilih herbal yang paling sering digunakan dalam pengobatan kanker, maka pilihannya adalah Sarang Semut. Herbal ini paling unggul dari segi empiris (berdasarkan pengalaman) dibandingkan dengan kedua pilihan lainnya.

Dari pengakuan para penggunanya, Sarang Semut seringkali sudah mampu menunjukkan reaksi penyembuhannya sejak 1-3 bulan pertama bila dikonsumsi secara rutin. Bahkan dalam 3 bulan tersebut ada juga yang mengaku sudah merasa sembuh dari penyakit kanker yang dideritanya.

Jika Anda sekarang sedang khawatir karena ciri-ciri kanker endometrium yang disebutkan di artikel ini semuanya Anda rasakan, ingatlah bahwa kanker dapat ditangani dengan baik bila dideteksi sejak dini. Periksakanlah diri ke dokter untuk memastikan apakah itu memang benar gejala-gejala endometrium atau bukan.

Kemudian langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari pengobatan kanker endometrium yang paling sesuai dengan keadaan yang Anda hadapi. Jika tubuh masih baru menunjukkan gejala (belum sampai divonis), kemungkinan besar herbal dapat membantu Anda untuk terbebas dari ancaman kanker.

Advertisement
Alinesia