Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Manfaat Zat Besi Manfaat Zat Besi

8 Manfaat Zat Besi agar Tubuh Berfungsi dengan Baik

Sebagaimana fosfor, maka salah satu mineral yang mengambil peran besar dalam keberlangsungan setiap fungsi organ dalam tubuh manusia adalah zat besi. Peran dan manfaat zat besidemikian besar sampai-sampai jika tubuh kekurangannya, maka tubuh Anda akan merasa sangat lemas dan kadang bisa kehilangan kesadaran.

Mungkin akan timbul pertanyaan dalam benak Anda, mengapa tubuh kita memerlukan Zat Besi? Apa saja manfaat Zat Besi bagi tubuh Anda? Ada baiknya Anda menyimak penjelasan berikut ini mengenai manfaat Zat Besi bagi tubuh Anda dan apa yang akan terjadi jika Anda mengalami kekurangan Zat Besi.

Zat Besi merupakan mineral yang sangat penting bagi tubuh kita, karena memiliki peran untuk membantu proses pengangkutan Oksigen ke seluruh tubuh. Zat Besi juga merupakan komponen penting dari Hemoglobin yaitu zat dalam sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Dan secara umum terdapat 8 manfaat Zat Besi paling utama bagi kesehatan tubuh Anda yang akan kami jabarkan sebagai berikut.

1. Pembentukan Zat Hemoglobin

Salah satu manfaat utama Zat Besi bagi kesehatan tubuh Anda adalah pembentukan zat Hemoglobin. Hemoglobin merupakan zat yang memberi warna merah gelap untuk darah manusia. Kandungan Hemoglobin mewakili dua pertiga Zat Besi yang ada di dalam tubuh.

Oleh karena itu, jika Anda tidak memiliki cukup Zat Besi, tubuh Anda tidak akan dapat memproduksi cukup sel darah merah yang sehat. Sementara sel darah merah memiliki fungsi besar untuk mengantarkan oksigen dan seluruh nutrisi ke setiap bagian jaringan dan sel dari tubuh kita.

Hemoglobin mengambil peran besar dalam tubuh kita yang menjadikan zat besi sebagai salah satu mineral terpenting bagi tubuh. Karena dari nutrisi dan oksigen inilah setiap sel tubuh akan menghasilkan energi dan melakukan fungsinya. Termasuk di dalamnya sistem dan fungsi organ dalam, imunitas, fungsi motorik, dan kerja otak.

2. Pembawa Oksigen

Manfaat lain dari Zat Besi yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai pembawa Oksigen. Zat besi adalah unsur pengikat oksigen dalam sel darah merah. Keberadaan zat besi dalam darah membantu proses pengangkutan Oksigen dari satu sel tubuh ke sel tubuh lainnya.

3. Berperan dalam Fungsi Otot

Zat Besi merupakan elemen penting untuk kesehatan otot. Zat Besi dapat ditemukan dalam protein Myoglobin, yaitu protein utama yang bisa Anda temukan dalam otot. Myoglobin sendiri memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan Oksigen pada sel otot, untuk kemudian melepaskannya dalam proses metabolisme tubuh yang dibutuhkan dalam proses kontraksi otot. Sebagaimana dijelaskan di dalam poin kedua, bahwa zat besi memiliki unsur pengikat oksigen dalam tubuh.

4. Berperan dalam Fungsi Otak

Mungkin Anda belum mengetahui bahwa organ otak manusia menggunakan tidak kurang dari 20% Oksigen dalam aliran darah manusia. Manfaat keberadaan Zat Besi dalam fungsi otak adalah membantu persediaan dan pasokan Oksigen agar dapat mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh, termasuk dari organ otak.

Oksigen berperan besar dalam kinerja dan fungsi otak. Otak akan senantiasa membutuhkan pasokan dan persediaan Oksigen yang berkualitas baik dengan lancar dan tercukupi. Hal tersebut sangat penting untuk menjamin kesehatan otak dalam melaksanakan fungsinya. Oksigen dalam otak akan meningkatkan konsentrasi dan daya berpikir, meningkatkan kepekaan setiap sistem otak dalam menjalankan fungsi dan perintah, termasuk membantu fungsi hormon dan enzim.

5. Berperan dalam Mengatasi Gejala Umum Anemia

Kondisi tubuh dimana kadar Zat Besi menjadi sangat kurang akan menyebabkan seseorang mengalami Anemia. Salah satu manfaat Zat Besi yang cukup penting bagi kesehatan tubuh seseorang adalah membantu menyembuhkan gejala umum Anemia, seperti kelelahan, tubuh terasa lemah, sakit kepala, dan meningkatnya kepekaan tubuh terhadap suhu yang dingin.

6. Memaksimalkan Fungsi Imunitas

Dalam situs Organicfact, dikatakan ada peran besar zat besi terhadap fungsi imunitas. Zat besi akan membantu mengaktifkan setiap sistem limfosit dalam tubuh yang akan berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan serangan bakteri dan virus.

Selain itu, sifat zat besi sebagai pengikat oksigen dan fungsi zat besi untuk mendorong produksi hemoglobin akan menunjang fungsi perbaikan kerusakan sel yang terjadi. Untuk memperbaiki kerusakan sel, diperlukan suplai oksigen yang mencukupi dan hanya hemoglobin yang dapat mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk menuju sel-sel yang memerlukan perbaikan.

7. Membantu Sistem Metabolisme

Terbukti bahwa zat besi memiliki manfaat dalam memaksimalkan fungsi metabolisme. Sebenarnya fungsi utama dari zat besi adalah menjadi salah satu materi utama pembentukan sel darah merah dan menjadi unsur pengikat oksigen. Dan dari peran inilah setiap sel akan mendapat suplai oksigen dan nutrisi dengan mencukupi.

Ketika setiap sel mampu mendapatkan suplai yang sesuai kebutuhan, maka metabolisme akan berjalan lancar. Di sisi lain, setiap nutrisi yang berhasil diserap oleh pencernaan akan tersalurkan menuju tiap sel tubuh. Ini akan membantu menekan efek residu pada pencernaan dan meningkatkan kinerja pencernaan.

8. Membantu Menjaga Temperatur Tubuh

Ada fungsi lain dari zat besi yang tidak banyak diketahui masyarakat awam, yakni mengatur keseimbangan temperatur tubuh. Zat besi akan mengambil peran pada sebuah bagian di otak yang mengelola sistem suhu tubuh, Metencephalon. Selain itu zat besi akan membantu pengelolaan hidrasi dalam tubuh yang akan membantu suhu tetap terjaga. Suhu yang stabil sangat penting untuk menjaga fungsi setiap bagian organ tubuh tetap optimal.

Sebagaimana disampaikan di atas, bahwa fungsi utama dari zat besi adalah menjadi bahan pembentukan sel darah merah sekaligus menjadi unsur pengikat oksigen dalam tubuh. Namun dari kedua fungsi inilah seluruh tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Dan tanpa kecukupan zat besi, seluruh tubuh akan mengalami penurunan fungsi yang bisa berakibat fatal.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register