8 Cara Mengobati Pembesaran Prostat untuk Mendukung Pengobatan Dokter

798
Shutterstock

Diedit:

Pembesaran prostat, juga disebut BPH (benign prostatic hyperplasia), adalah masalah kesehatan yang pada umumnya diderita oleh pria di atas 50 tahun. BPH tidak sama dengan kanker prostat.

Prostat adalah kelenjar kecil berotot (berbentuk seperti kenari) pada sistem reproduksi pria. Kelenjar ini mengelilingi uretra tepat di bawah kandung kemih dan menambahkan cairan ke air mani untuk memungkinkan pergerakan sperma.

Seiring usia menua, sel-sel dari kelenjar prostat mulai berkembang biak, sehingga mengakibatkan pembesaran prostat. Walaupun penyebab pasti dari masalah ini tidak jelas, namun diduga pemicunya adalah perubahan pada hormon-hormon seks pria terkait proses penuaan.

Faktor pemicu lain dari pembesaran prostat adalah riwayat kesehatan keluarga, diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Dan masalah ini lebih sering diderita oleh orang-orang Asia daripada ras-ras lainnya.

Banyak pria penderita BPH sama sekali tidak merasakan gejala-gejala, atau kalau pun ada gejalanya hanya tidak kentara. Akan tetapi, banyak pria mengalami gejala-gejala berat yang bahkan dapat mengganggu kehidupan mereka.

Beberapa gejala pembesaran prostat antara lain sering beser, sering pipis di malam hari, kesulitan mulai mengeluarkan urin, aliran urin yang lemah atau lambat, aliran urin yang tersendat-senda, dan merasa tidak tuntas setelah buang air kecil.

Jika dibiarkan tidak ditangani, prostat yang membesar akan menghalangi aliran urin yang keluar dari kandung kemih, sehingga menyebabkan komplikasi seperti retensi urin, infeksi saluran kemih, batu kandung kemih, serta kerusakan ginjal.

Terdapat beberapa pilihan pengobatan untuk pembesaran prostat, termasuk konsumsi obat, terapi, dan operasi. Sebagai pendukung, Anda juga bisa mengupayakan pengobatan rumahan dengan bahan-bahan alami dan perubahan gaya hidup untuk membantu mengurangi gejala-gejala yang dirasakan. Berikut adalah 10 cara mengobati pembesaran prostat secara alami.

Olahraga Kegel

Olahraga kegel atau penguatan panggul dapat membantu meringankan ketidaknyamanan akibat pembesaran prostat, karena olahraga ini membantu mengencangkan serta mengepalkan otot panggul sehingga membantu mengontrol buang air kecil.

  • Buang air kecil untuk kosongkan kandung kemih lalu berbaringlah di lantai dengan posisi lutut ditekuk dan diberi jarak satu sama lain. Kencangkan otot dasar panggul Anda selama 5 detik, lalu rileks selama 5 detik. Ulangi 10 – 20 kali, 3 atau 4 kali setiap hari. Otot dasar panggul adalah otot yang digunakan untuk menghentikan aliran urin.
  • Cara lain adalah dengan mengencangkan otot-otot di anus (dubur), lalu rilekskan otot dasar panggul. Lakukan 10 – 20 kali, beberapa kali setiap hari.

Lakukanlah olahraga kegel setiap hari secara teratur. Anda bisa melakukannya setelah bangun pagi, saat jam makan siang, dan di malam hari sebelum tidur. Fokuskanlah hanya pada otot panggul, dan jangan kencangkan otot di perut, pantat, atau paha. Jika Anda sulit menemukan otot panggul, tanyakanlah pada dokter atau orang yang mengerti.

Baca juga:  Pembesaran Prostat: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Catatan: Olahraga kegel tidak boleh dilakukan oleh pria yang menderita penyakit prostatitis kronis atau sindrom nyeri panggul kronis.

Olahraga Aerobik dan Ketahanan

Berupaya tetap aktif adalah cara mengobati pembesaran prostat sekaligus menjaga kesehatan secara keseluruhan. Kalau tidak aktif Anda akan kegemukan, dan kegemukan adalah salah satu pemicu pembesaran prostat.

Bahkan sedikit olahraga aerobik dan latihan ketahanan saja sudah cukup membantu mengurangi masalah buang air kecil yang disebabkan oleh pembesaran prostat, dan bahkan bisa mencegah masalah ini.

  • Olahraga aerobik bisa membantu menjaga berat badan. Masukkanlah olahraga aerobik seperti berjalan kaki, jogging, berlari, tennis, dan basket ke dalam rutinitas sehari-hari.
  • Latihan ketahanan membantu meningkatkan kekuatan dan otot, sekaligus mengurangi peradangan. Contoh olahraga latihan ketahanan adalah renang, push-up, dan angkat beban. Lakukan ini selama 30 menit, beberapa kali dalam seminggu.

Mandi Sitz

Mandi sitz adalah cara mengobati pembesaran prostat untuk menenangkan gejala-gejala yang mengganggu. Suhu panas dari air membantu merelaksasi otot-otot panggul, mengurangi bengkak, serta mendorong proses penyembuhan. Di sisi lain, suhu dingin akan meringankan rasa nyeri.

  • Isi bak mandi dengan air hangat dan tuangkan ½ cangkir garam Epsom ke dalamnya.
  • Isi bak mandi lain dengan air dingin dan tuangkan beberapa tetes minyak esensial lavender.
  • Pertama, duduklah di bak mandi air hangat sampai air menutupi pinggang selama 3 menit.
  • Kemudian, duduklah di bak mandi air dingin sampai air menutupi pinggang selama 1 menit.
  • Lakukan ini 2 kali. Bak yang terakhir haruslah berisi air dingin.
  • Nikmatilah mandi sitz ini beberapa kali setiap minggu.

Catatan: Jangan lakukan mandi sitz jika Anda menderita penyakit prostatitis bakteri akut.

Cuka Apel

Cuka apel yang raw dan unfiltered adalah obat pembesaran prostat alami karena memiliki kemampuan astringent yang membantu menyusutkan pembengkakan prostat. Cuka apel juga membantu menurunkan berat badan serta membantu mencegah komplikasi BPH seperti infeksi saluran kemih.

  • Campurkan 1 – 2 sdm cuka apel raw, unfiltered dan 1 sdm madu ke segelas air hangat. Minumlah larutan ini 2 kali sehari.
  • Cara lain adalah campurkan 1 cangkir cuka apel ke dalam bak mandi dan berendamlah di dalamnya 10 – 15 menit. Nikmati mandi berendam ini beberapa kali dalam seminggu.

Biji Labu

Biji labu juga membantu mengobati pembesaran prostat dengan mengecilkan ukurannya. Biji ini mempunyai kemampuan diuretik yang melancarkan aliran urin. Juga kaya akan kandungan zink. Pria penderita BPH biasanya kekurangan zink. Selain itu, obat pembesaran prostat ini mengandung asam lemak omega-3 yang mendukung fungsi prostat.

  • Cara terabik untuk mengonsumsinya adalah memakanya begitu saja tanpa menambahkan garam. Segenggam biji labu per hari sudah cukup.
  • Cara lain, taruh segenggam biji labu yang sudah digerus di cangkir besar. Tuangkan air mendidih dan biarkan hingga mendingin. Saring dan minumlah teh biji labu ini, beberapa kali dalam seminggu.
Baca juga:  Pembesaran Prostat: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Tomat

Tomat adalah pilihan obat pembesaran prostat alami lain karena mengandung banyak likopen yang membantu mengurangi gejala-gejala BPH. Likopen juga menurunkan kadar PSA (prostate-spesific antigen) yang dikaitkan dengan peradangan prostat dan BPH. Tomat membantu mengurangi tekanan kandung kemih sehingga membantu menyusutkan ukuran prostat.

  • Sertakanlah tomat dan produk olahan tomat seperti saus tomat asli dan jus tomat ke dalam menu sehari-hari.
  • Anda juga bisa mengonsumsi suplemen likopen, tapi konsultasikan dulu dengan dokter.

Suplemen Zink

Cara mengobati pembesaran prostat lainnya adalah dengan mengonsumsi suplemen zink. Zink adalah mineral esensial yang berperan penting dalam respon sistem kekebalan tubuh dan pertumbuhan sel. Mineral ini ada pada sel-sel prostat, dimana ia berperan sebagai pelindung dan anti-inflamasi.

Berdasarkan penelitian tahun 2007, para peneliti dari Oregon State University menyimpulkan bahwa kekurangan zink dapat mengganggu fungsi protein yang mengandung zink di dalam prostat, sehingga memicu kelainan fungsi dan pertumbuhan prostat.

  • Konsumsilah suplemen zink, biasanya sejumlah 90 mg per hari, diminum 3 kali dalam dosis 30 mg. Sebelum mulai konsumsi, konsultasikanlah dulu dengan dokter Anda.
  • Juga, konsumsilah makanan-makanan kaya kandungan zink seperti tiram, kepiting, sereal yang diperkaya zink, kacang-kacangan, kacang mete, dan yogurt.

Mengubah Pola Makan

Mengonsumsi makanan-makanan sehat juga bisa menjadi cara mengobati pembesaran prostat karena membantu mengendalikan serta mengurangi gejala-gejalanya.

  • Makanlah 2 porsi ikan yang kaya akan omega-3, misalnya tuna, sarden, atau salmon.
  • Sertakan kacang kedelai dan olahan kedelai di dalam menu sehari-hari.
  • Ikuti pola makan yang mencakup sedikit tepung dan daging.
  • Sertakan sayuran seperti paprika merah, brokoli, kembang kol, dan kangkung ke dalam menu sehari-hari.
  • Gunakan minyak yang mengandung lemak tak jenuh ganda untuk memasak, dan hanya gunakan seperlunya saja.

Jika Anda menderita pembesaran prostat, biacarakanlah dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obat pembesaran prostat alami seperti di atas. Sebaiknya hanya mengonsumsinya setelah dokter mengijinkannya.

Dan berhati-hatilah dalam mengonsumsi obat-obatan lain yang dijual bebas, misalnya obat dekongestan dan antihismatin yang biasa digunakan untuk mengatasi gejala pilek dan alergi. Obat-obatan ini dapat memperburuk masalah buang air kecil. Disamping itu, hindari juga obat diuretik yang dapat memperparah gejala-gejala pembesaran prostat.

Advertisement
Alinesia