5 Tips Praktis Kurangi Nyeri Bahu

561

Diedit:

Rasa nyeri sering muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk di bagian bahu. Nyeri bahu biasanya makin terasa saat Anda menggerakkan lengan dan bahu. Tentu hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, karena bahu merupakan salah satu anggota tubuh yang paling sering kita gunakan. Untuk mengatasinya, baca artikel ini yang membahas 5 tips kurangi nyerih bahu!

Ada banyak faktor penyebab nyeri bahu dan kadang kala menunjukan gejala dari penyakit lain yang lebih serius. Beberapa di antaranya adalah; postur tubuh yang buruk, patah tulang, dislokasi bahu, osteoarthritis, bursitis, dan tendinitis.

Dalam beberapa kasus, nyeri bahu tidak disebabkan oleh masalah di bahu itu sendiri, tapi oleh masalah di bagian lain seperti leher.

Seringkali nyeri bahu dapat dikurangi dengan cara yang sederhana, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

  • Istirahatkan bahu. Hindari aktivitas yang bisa menyebabkan nyeri. Aktivitas ini mencakup mengangkat beban berat atau aktivitas yang melibatkan kepala seperti memikul. Istirahatkan bahu selama 4-7 hari sampai nyeri mereda.
  • Gunakan kompres dingin dan panas. Kompres bahu dengan kompres atau handuk berisi es selama 15-20 menit untuk mengurangi nyeri. Lakukan pengompresan setiap beberapa jam sekali. Setelah sekitar 2 atau 3 hari, atau setelah rasa nyeri sudah membaik, ganti kompres dingin dengan kompres panas. Ini dapat mengendurkan otot bahu yang tegang. Kompres selama 20 menit atau kurang.
  • Latihan peregangan. Sebelumnya, redakan dulu rasa nyeri dengan salah satu cara di atas. Lalu, lakukan peregangan secara perlahan agar otot bahu Anda tetap lentur dan tidak kaku.
  • Secara bertahap kembali ke aktivitas. Tunggu sampai nyeri bahu hilang sebelum beraktivitas seperti sediakala. Mungkin diperlukan waktu sekitar 3-6 minggu sampai rasa sakit benar-benar hilang, maka jangan paksakan bahu untuk bekerja terlalu banyak.
  • Tinjau ulang aktivitas Anda. Bagi Anda yang sebelumnya suka berolahraga tenis, badminton, bisbol, golf, atau latihan beban, lebih baik pikir-pikir lagi. Jenis olahraga tersebut bisa membuat bahu Anda kembali nyeri. Jadi sebaiknya beralihlah ke olahraga yang tidak banyak melibatkan sendi bahu.

Lima tips di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang belum mengalami nyeri bahu kronis. Memang dengan melakukannya tidak akan menjamin nyeri bahu tidak kambuh lagi, karena untuk menghilangkannya sama sekali Anda butuh pemeriksaan medis lebih lanjut.

Segera periksakan ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala seperti:
  • Bahu yang terlihat tidak rata atau tidak dapat mengangkat lengan.
  • Rasa nyeri yang berlebihan pada tulang selangka atau bahu.
  • Warna kemerahan atau pembengkakan pada bahu yang disertai demam.
  • Nyeri bahu tak kunjung membaik setelah melakukan perawatan sendiri, paling tidak selama seminggu.
  • Nyeri bahu yang disertai nyeri dada, kesulitan bernapas, hilang kesadaran, mual, dan muntah.

Dengan mengikuti tips kurangi nyeri bahu di atas, niscaya Anda dapat meringankan rasa nyeri yang sering muncul dan bisa mencegahnya untuk kambuh kembali. Akitivitas pun jadi lebih leluasa dilakukan dan Anda dapat menikmati hidup lebih memuaskan.