13 Manfaat Jeruk Nipis yang Tak Tanggung-Tanggung Kegunaannya!


By Cindy Wijaya

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan cukup beragam, mulai dari membantu menurunkan berat badan, merawat kulit, melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit, merawat mata, serta mengobati gangguan pernapasan, asam urat, dan lain sebagainya.

Buah pertama yang terlintas dalam pikiran banyak orang Indonesia untuk digunakan sebagai obat kemungkinan adalah jeruk nipis ini. Buah jeruk yang berasa asam ini bisa melakukan banyak hal yang bahkan tak sanggup dilakukan obat medis. Jeruk nipis, bernama latin Citrus aurantifolia, telah digunakan sejak berabad-abad lalu dalam pengobatan beragam jenis penyakit.

Jeruk nipis dikonsumsi di hampir seluruh dunia dalam bentuk minuman, koktail, acar, selai, jeli, sorbet, makanan ringan, permen, dan dalam masakan. Minyak yang diekstrasi dari kulit jeruk nipis juga digunakan secara luas sebagai bahan minuman ringan, minyak tubuh, produk kosmetik, minyak rambut, pasta gigi, sabun, desinfektan, pencuci mulut, deodoran, dan produk lain yang tak terhitung banyaknya.

Di seluruh dunia terdapat beragam varietas jeruk nipis yang dikonsumsi, terutama di daerah tropis dan iklim Mediterania. Sekarang mari kita lihat apa saja manfaat dan khasiat jeruk nipis bagi kesehatan.

Mengatasi Kekurangan Vitamin C:

Jeruk nipis telah lama dikenal sebagai obat scurvy alami, yaitu penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin C. Penyakit ini dicirikan dengan infeksi-infeksi berulang yang tampak seperti gejala-gejala pilek biasa, bibir kering dan pecah-pecah, juga sariawan di lidah dan mulut.

Penyakit ini juga ditandai dengan gusi yang bengkak dan berdarah. Karena penyebabnya adalah kekurangan vitamin C, maka obatnya tak lain adalah vitamin C, dan kandungan jeruk nipis yang kaya akan vitamin tersebut sangat cocok menjadi obatnya.

Merawat Kulit:

Sari jeruk nipis dan minyak alami darinya sangatlah bermanfaat bagi kulit jika dikonsumsi secara oral maupun dioleskan di permukaan kulit. Khasiat jeruk nipis berguna untuk meremajakan kulit, menjaganya tetap berkilau, melindunginya dari infeksi, serta mengatasi bau badan berkat kandungan besar vitamin C dan flavonoid yang dimilikinya.

Kedua kandungan tersebut merupakan antioksidan bermutu dan memiliki kemampuan antibiotik serta desinfektan. Jika dioleskan di permukaan kulit, maka kandungan jeruk nipis tersebut akan mengelupaskan sel-sel kulit mati, mengatasi ketombe, ruam, dan memar. Mencampurkan sari jeruk nipis ke dalam air bak mandi juga akan memberikan kesegaran bagi kulit Anda.

Menyehatkan Pencernaan:

Jeruk nipis mempunyai aroma menyengat yang menyebabkan mulut Anda terus mengeluarkan air, hal ini benar-benar membantu mendorong pencernaan primer (air liur pencerna akan membanjiri mulut Anda bahkan sebelum mencicipi jeruk nipis).

Keasaman alami dalam jeruk nipis kemudian akan memecah molekul makro makanan, dan senyawa flavonoid akan merangsang sistem pencernaan serta meningkatkan sekresi cairan pencernaan, yaitu empedu dan asam.

Peran flavonoid tersebut juga merangsang pergerakan peristaltik. Inilah alasan mengapa orang-orang India dan di beberapa negara tetangganya suka mengonsumsi acar dari jeruk nipis di waktu makan siang dan malam.

Mengatasi Sembelit:

Jumlah asam di dalam kandungan jeruk nipis akan membantu membersihkan sistem pencernaan dengan cara mencuci serta membersihkan saluran, sama seperti beberapa zat asam juga digunakan untuk bahan pembersih lantai dan toilet.

Kandungan serat dalam jeruk lemon juga membantu mengatasi sembelit, namun yang paling bermanfaat dalam hal ini adalah tingkat keasamannya yang tinggi. Konsumsi jeruk nipis dalam jumlah tinggi bersama dengan garam juga dilakukan beberapa orang sebagai obat pencahar alami yang sangat manjur.

Mengendalikan Diabetes:

Berdasarkan American Diabetes Association, jeruk nipis dan jenis jeruk lainnya dianggap sebagai super food untuk diabetes karena berbagai alasan. Alasan yang terutama adalah karena terdapat serat larut jumlah tinggi dalam kandungan jeruk nipis yang menjadikannya ideal membantu mengendalikan penyerapan gula ke dalam aliran darah, mengurangi lonjakan gula darah pada pasien diabetes.

Selain itu, manfaat jeruk nipis juga berguna untuk mencegah kenaikan gula darah secara drastis karena memiliki indeks glikemik yang rendah, di samping manfaat serat larutnya.

Mencegah Penyakit Jantung:

Kandungan serat larut di dalamnya juga mampu menurunkan tekanan darah dan menyingirkan keberadaan kolesterol “jahat” LDL. Lebih jauh lagi, serat larut juga sanggup mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang pada akhirnya mencegah terjadinya penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Menyembuhkan Sakit Maag:

Sebagai tambahan dari vitamin C, ada juga kandungan jeruk nipis yang spesial yaitu senyawa flavonoid (limonoid seperti limonin glukosida) yang memiliki kemampuan antioksidan, anti-karsinogenik, antibiotik, dan detoksifikasi, sehingga mendorong proses penyembuhan sakit maag.

Meringankan Gangguan Pernapasan:

Minyak yang diekstrasi dari jeruk nipis kaya akan flavonoid dan secara luas digunakan dalam obat-obatan anti-kongestif seperti balsem, vaporizer, dan inhaler karena memiliki kandungan kaempferol. Sebenarnya Anda bisa meringankan gangguan pernapasan hanya dengan mengupas kulit jeruk nipis dan menghirup aromanya untuk meredakan gejala sesak dan mual.

Mengobati Radang Sendi (Artritis):

Salah satu dari banyak penyebab artritis adalah penumpukan asam urat berlebih di dalam tubuh. Asam urat adalah suatu produk limbah yang seharusnya dibuang melalui urin, tapi sayangnya, jika kadarnya terlalu banyak, maka asam urat akan memperparah rasa sakit dan peradangan akibat artritis.

Kandungan jeruk nipis bernama asam sitrat merupakan pelarut alami yang sanggup melarutkan asam urat, meningkatkan jumlah yang dibuang melalui urin. Buah jeruk pada umumnya memiliki khasiat anti-peradangan, dan bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai peradangan.

Menyehatkan Mata:

Lagi-lagi vitamin C yang berperan pada manfaat jeruk nipis ini! Kemampuan antioksidan dari vitamin ini dapat melindungi mata dari pengaruh penuaan dan degenerasi makula. Selain itu, kandungan flavonoid juga membantu melindungi mata dari infeksi.

Menurunkan Demam:

Jika seseorang menderita demam, maka jeruk nipis bisa sangat membantu Anda. Buah jeruk pada umumnya mempunyai khasiat penurun demam. Jika demamnya tidak terlalu tinggi, jeruk nipis bisa diberikan untuk membantu mengembalikan suhu tubuh ke normal. Vitamin C dosis tinggi di dalamnya secara alami akan menurunkan tubuh tubuh.

Menurunkan Berat Badan:

Segelas air hangat yang dicampur sari jeruk nipis merupakan bahan alami penurun berat badan sekaligus minuman antioksidan yang menyegarkan. Kandungan jeruk nipis asam sitrat adalah pembakar lemak yang sangat baik. Anda bisa minum ini 2 gelas per hari dan melihat hasil yang signifikan dalam hitungan minggu.

Mengatasi Masalah Berkemih:

Kandungan kalium yang tinggi dari jeruk nipis sangat efektif dalam menghilangkan zat beracun dan endapan yang menumpuk pada ginjal serta kandung kemih. Khasiat jeruk nipis sebagai desinfektan juga membantu menyembuhkan infeksi pada sistem saluran kemih.

Selanjutnya, jeruk nipis juga berguna menghentikan pembengkakan prostat (yang sangat umum dialami pria di atas 40 tahun) dan membersihkan penyumbatan urin yang bisa berasal dari endapan kalsium di saluran kemih.

Di samping berbagai manfaat jeruk nipis di atas, Anda juga bisa merasakan manfaat-manfaat lainnya. Jeruk nipis bagus untuk menambah selera makan, membantu menyembuhkan rematik, pengobatan kanker prostat dan kolon, kolera, arteriosklerosis, dan mengatasi kelelahan. Terlebih lagi, konsumsi jeruk nipis relatif bebas efek samping.

Konsumsi jeruk nipis sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencuci bersih jeruk nipis, isi penuh satu gelas dengan air, lalu peras 1 – 2 buah jeruk nipis ke dalam air tersebut. Untuk mendapatkan khasiat jeruk nipis yang maksimal, sebaiknya jangan tambahkan gula atau bahan pemanis lain.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}