Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet: Benarkah Demikian?

595

Diedit:

Usaha menurunkan berat badan ibarat perjalanan penuh perjuangan dan kegagalan bagi kebanyakan orang. Mereka mungkin sudah mencoba berbagai metode diet dan kombinasi makanan penurun berat badan, namun tetap tidak banyak berhasil. Tetapi ada yang mencoba mengonsumsi jeruk nipis dan merasakan hasil yang memuaskan. Cari tahu lebih banyak manfaat jeruk nipis untuk diet di artikel ini!

Menikmati segelas jus jeruk nipis hangat di pagi hari sewaktu perut masih kosong baik untuk menurunkan berat badan. Inilah saran yang kerap dianjurkan—tapi, benarkah demikian? Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan memang tak perlu diragukan lagi. Tetapi apabila Anda ingin menjalani diet, Anda perlu menambahkan lebih banyak lagi ke dalam rencana diet disamping memanfaatkan jeruk nipis.

Apakah Benar Jeruk Nipis Bermanfaat untuk Menurunkan Berat Badan?

Anda kemungkinan besar sudah mendengar klaim yang mengatakan bahwa jus lemon sanggup membakar lemak dan mengurangi bobot badan. Klaim terhadap jus lemon tersebut punya penjelasan dari segi ilmiah.

Lemon mengandung banyak vitamin C yang merupakan aset berharga untuk menurunkan berat badan. Mengapa? Karena vitamin C membantu tubuh menyerap kalsium dalam sel-sel lemak yang kemudian dapat menghilangkan bobot berlebih.

Jika benar demikian, maka hal yang sama pun dapat dilakukan oleh jeruk nipis karena mengandung banyak vitamin C meski ukurannya kecil. Anda hanya perlu memeras air jeruk nipis ke dalam segelas air hangat dan meminumnya setiap pagi agar mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk diet.

Bagaimana Jus Jeruk Nipis Membantu Menurunkan Berat Badan?

Jeruk nipis kaya akan kandungan asam sitrat yang apabila masuk ke tubuh akan membantu melancarkan sistem pencernaan Anda. Asam sitrat ini berinteraksi dengan asam-asam lain serta enzim di perut untuk menghasilkan sistem pencernaan yang sehat.

Baca juga:  Inilah Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Anda!

Tingkat keasaman yang tinggi membantu mengurangi penyerapan gula dari makanan yang Anda konsumsi. Para ahli telah membuktikan bahwa mereka yang rutin setiap hari mengonsumsi jus jeruk nipis segar lebih jarang mengalami pertambahan angka timbangan. Secara tidak langsung hal ini membantu mengontrol rencana diet Anda.

Para ahli juga berpendapat bahwa jus jeruk nipis membantu menetralisir racun serta mendongkrak metabolisme—ini akan sangat berguna bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan kadar lemak tubuh.

Bagaimana Seharusnya Jeruk Nipis Dikonsumsi?

Ada banyak cara yang dipilih orang-orang untuk mengolah jeruk nipis. Yang paling sederhana adalah dengan memeras air setengah jeruk nipis ke dalam segelas air hangat. Mungkin Anda memilih menambahkan beberapa tetes madu ke dalamnya. Apapun pilihan tambahannya, manfaat jeruk nipis untuk diet tetap Anda dapatkan meski hanya mencampurnya dengan segelas air hangat. Pastikanlah Anda meminumnya di pagi hari agar mendapat manfaatnya.

Bukan cuman untuk diet, tapi juga bermanfaat memperkuat imunitas dan memperlancar pencernaan. Juga, meminum jus jeruk nipis di pagi hari saat perut kosong tidak memberikan efek samping negatif apapun, bahkan aman bagi Anda yang menderita sakit maag.

Tips terbaik untuk rencana diet jeruk nipis ialah dengan terus aktif secara fisik sepanjang hari dan menjaga apa yang Anda makan. Cobalah untuk mengalokasikan setidaknya waktu setengah jam untuk berolahraga ke dalam rutinitas sehari-hari.

Advertisement
Alinesia