Inilah Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Anda!


By Cindy Wijaya

Jangan pandang jeruk nipis dari rasa asam getirnya semata, tapi pandanglah sebagai buah mini yang punya khasiat jumbo lengkap dengan vitamin dan nutrisinya. Manfaat jeruk nipis tidak terbatas hanya sebagai penyedap masakan. Kandungan nutrisi yang dimilikinya bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh. Dan artikel ini akan berfokus pada manfaat jeruk nipis untuk wajah.

Jeruk nipis penuh dengan kandungan vitamin C, asam sitrat, flavonoid, dan antioksidan yang mampu menetralisir aktivitas radikal bebas di dalam tubuh, meningkatkan imunitas terhadap penyakit berat seperti kanker. Ditambah lagi, jeruk nipis merupakan obat alami untu mengatasi masalah kulit wajah. Inilah beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah:

Mencerahkan bintik-bintik hitam

Anda bisa membubuhkan air perasan jeruk nipis dengan kapas ke bagian bintik-bintik hitam dan membiarkannya selama 30 menit. Sebaiknya dalam waktu 30 menit itu, Anda tetap berada di dalam ruangan karena jeruk nipis bisa membuat kulit jadi sensitif terhadap cahaya matahari. Tidak hanya untuk mencerahkan wajah, Anda pun bisa mencerahkan bagian hitam di ketiak menggunakan obat alami ini!

Obat Anti-Jerawat

Jerawat bisa muncul kapan saja tanpa peringatan, apalagi kalau kulit wajah berminyak. Untuk mencegahnya, Anda bisa secara teratur membubuhkan campuran air perasan jeruk nipis dan madu di seluruh wajah. Madu punya fungsi anti-bakteri sementara jeruk nipis punya sifat asam yang bisa mengontrol minyak. Gunakan campuran obat anti-jerawat alami tersebt setiap minggu sebagai rutinitas perawatan wajah Anda. Apabila jerawat yang hilang meninggalkan bekas, cukup pijat dengan air jeruk nipis untuk mencerahkan noda tersebut.

Membuat Kulit Cerah Bersinar

Bila Anda tak mau repot atau tak punya waktu membikin masker wajah, cukup biasakan diri untuk meminum segelas air hangat yang dicampurkan madu dan perasan jeruk nipis. Minumlah di pagi hari untuk memulai hari Anda dengan asupan nutrisi bagi kulit yang bisa membantu kulit menghadapi terpaan polusi.

Menyapu Sel Kulit Mati

Kulit jeruk nipis mampu mengelupaskan sel-sel kulit mati. Metode perawatan kecantikan yang populer ini telah dipraktekkan selama berabad-abad sebagai obat alami untuk merawat kecantikan kulit wajah. Berkat kandungan asam sitrat yang dimilikinya, membuat jeruk nipis mampu menyapu bersih kulit dari tumpukan sel-sel kulit mati. Dengan begitu, tidak adalagi penyumbat pori-pori wajah yang memicu timbulnya jerawat.

Memperlambat Proses Penuaan

Dengan bertambahnya usia dan paparan sinar UV, membuat melanin tumbuh menumpuk di kulit—menimbulkan bintik-bintik hitam serta tanda-tanda penuaan lain di wajah. Solusinya? Kulit jeruk nipis bisa membantu menghambat pertumbuhan melanin. Anda bisa menggosok dengan halus kulit Anda dengan kulit jeruk nipis atau membubuhkan masker wajah yang berbahan dasar kulit jeruk nipis. Tindakan ini bisa secara signifikan mengurangi efek penuaan.

Jeruk nipis memang si kecil yang berwarna hijau, tetapi manfaat jeruk nipis untuk wajah luar biasa besar. Anda bisa mengolah sendiri jeruk nipis segar atau menggunakan produk kesehatan dari jeruk nipis yang sudah tersedia di pasaran.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}