12 Pilihan Kerja dari Rumah dengan Gaji Tinggi Buat Kamu

DITULIS OLEH:
Cindy Wijaya 


Konsep kerja dari rumah tidak pernah sepopuler sekarang, terutama setelah beberapa tahun terakhir pandemi. Lebih dari 50% karyawan di seluruh dunia bekerja dari jarak jauh setidaknya sekali seminggu, dan popularitas pekerjaan jarak jauh telah meningkat pesat.

Kini ada macam-macam pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah, berkat ketersediaan teknologi yang lebih baik dan akses internet yang cepat. Lebih banyak perusahaan juga sekarang menerima bahwa banyak dari pekerjaan mereka tidak memerlukan bekerja di kantor.

Tumpas Kanker, Tumor, Kista Mulai 30 Hari Tanpa Kemoterapi dan Pembedahan?!
Redakan Rasa Sakit Menahun Anda dengan 'Obat Pereda Nyeri' Alami Ini!
Pria Dewasa, Mau ‘Keras & Tahan Lama’ untuk Bahagiakan Pasangan Anda?

Bekerja dari rumah juga memiliki berbagai keuntungan dibandingkan bekerja di kantor. Salah satunya kamu jadi lebih bisa menjaga kesehatan karena risiko tertular penyakit berkurang dan lebih mudah untuk mengonsumsi makanan sehat karena dimasak sendiri di rumah. Ditambah lagi, dengan fleksibilitas waktu kerja, kamu juga punya lebih banyak waktu luang untuk berolahraga secara rutin.

Bagi kamu yang sedang mencari pilihan pekerjaan dari rumah, baik sebagai pekerjaan utama ataupun sampingan, artikel ini akan membahas sejumlah pilihan terbaik kerja apa yang bisa dilakukan secara online dengan gaji yang lumayan.

1. Penerjemah

Ilustrasi Bekerja dari Rumah sebagai Penerjemah
Ilustrasi Bekerja dari Rumah sebagai Penerjemah (Photo by Leeloo The First on Pexels)

Kamu punya skill dalam berbahasa asing? Nah, manfaatkanlah skill itu sebagai peluang untuk kerja online yang menghasilkan gaji tinggi. Kamu bisa bekerja dari rumah secara online sebagai penerjemah atau translator.

Kerja dari rumah sebagai penerjemah juga tergolong mengasyikkan. Karena selain bisa menghasilkan uang, kamu juga sekaligus mengasah kemampuan berbahasa asingmu.

Bagi kamu yang berminat menjadi penerjemah tapi belum punya skill berbahasa asing yang memadai, kamu bisa belajar skill itu dalam website Skill Academy/bahasa.

Jika kamu sudah memiliki skill menerjemahkan, kamu bisa mencari lowongan kerja dari rumah ini di website Glints/penerjemah.

Berapa kisaran gaji kerja online sebagai penerjemah? Rata-rata gaji penerjemah freelance antara Rp 6 juta hingga Rp 10 juta untuk sekali proyek.

2. Guru Privat

Ilustrasi Guru Privat
Ilustrasi Guru Privat (Photo by Katerina Holmes on Pexels)

Permintaan guru privat atau tutor online semakin meningkat belakangan ini. Kamu bisa manfaatkan peluang ini untuk bekerja dari rumah. Apalagi bagi kamu yang ingin menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan, karena jam kerjanya sering kali bisa disesuaikan atau fleksibel.

Kamu juga bisa menerima murid yang sesuai dengan mata pelajaran yang kamu kuasai, contohnya matematika, IPA, IPS, bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

Pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah ini juga tidak membutuhkan banyak modal. Kamu bisa memanfaatkan platform gratis untuk mengajar online, contohnya Google Meet.

Untuk memiliki skill mengajar secara online yang baik, kamu bisa mengikuti kelas online di website Karier.mu.

Kamu bisa bergabung menjadi guru les privat melalui platform Teman Belajar, yang memudahkan pencarian murid maupun guru les privat.

Berapa kisaran gaji kerja online sebagai guru privat? Gaji rata-rata guru privat bisa berbeda-beda tergantung pada mata pelajarannya. Contohnya untuk bahasa Inggris, kisarannya ada di Rp 120 ribu – 190 ribu untuk 2 jam les, sedangkan untuk matematika ada di kisaran Rp 50 ribu-an untuk 2 jam les. Pada umumnya guru privat bahasa Inggris lebih tinggi gajinya dibandingkan pelajaran lain.

3. Call Center

Ilustrasi Kerja Online sebagai Call Center
Ilustrasi Kerja Online sebagai Call Center (Photo by Petr Macháček on Unsplash)

Kerja dari rumah sebagai call center bisa menjadi pilihan di zaman sekarang ini, dimana kita tidak harus datang ke kantor untuk melayani pelanggan lewat panggilan telepon atau chat.

Meski kedengarannya simpel, tapi pekerjaan sebagai call center cukup menentukan keberlangsungan bisnis. Jika kamu punya skill komunikasi yang baik dan bisa menanggapi dengan baik, bisa mencoba pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah ini.

Untuk mempelajari atau mempertajam skill komunikasi, kamu bisa belajar secara online di website Skill Academy/komunikasi.

Jika kamu sudah punya skill yang memadai, kamu bisa cari lowongan kerja dari rumah ini di website Glints/call-center.

Berapa kisaran gaji kerja online sebagai call center? Rata-rata gaji call center antara Rp 3 jutan hingga Rp 5 juta per bulannya.

4. Admin Media Sosial

Kerja dari rumah sebagai admin media sosial
Ilustrasi Kerja dari Rumah sebagai Admin Media Sosial (Photo by Jessica Lewis thepaintedsquare on Unsplash)

Di zaman serba digital sekarang, bisnis juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan, salah satunya dengan menggunakan akun media sosial. Akun media sosial untuk bisnis tersebut perlu dikelola dengan baik demi kepentingan promosi. Dari situ lah muncul kebutuhan seorang admin media sosial.

Menjadi admin media sosial cocok menjadi pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah bagi kamu yang mahir menggunakan media sosial. Sesuai dengan nama pekerjaannya, menjadi admin artinya kamu harus mengelola akun media sosial tersebut untuk keperluan bisnis, misalnya mem-posting konten, membalas komentar, hingga membangun relasi dengan audiens.

Kalau kamu belum punya skill untuk mengelola akun media sosial, jangan khawatir, kamu bisa belajar skill-nya dalam website Skill Academy/admin-media-sosial.

Jika kamu sudah punya skill yang memadai, kamu bisa mencari lowongan kerja dari rumah ini di website Glints/admin-media-sosial.

Berapa kisaran gaji kerja online sebagai admin media sosial? Rata-rata gaji admin media sosial antara Rp 700 ribu sampai Rp 4 juta per bulannya. Nominalnya bisa bervariasi tergantung pada tanggung jawab mereka dalam mengelola media sosial.

5. Asisten Virtual

Ilustrasi Bekerja dari Rumah sebagai Asisten Virtual
Ilustrasi Bekerja dari Rumah sebagai Asisten Virtual (Photo by LinkedIn Sales Solutions on Unsplash)

Asisten virtual (virtual assistant) adalah pekerjaan independen yang memberikan pelayanan sebagai asisten untuk klien. Sekarang banyak peluang terbuka sebagai asisten virtual yang ahli dalam bidang media sosial, desain grafis, content management, penulisan konten blog, dan online marketing.

Meskipun bisa dikerjakan secara remote, atau kerja online, pekerjaan ini juga punya jenjang karir yang baik jika kamu menekuninya. Seraya waktu berlalu, kamu mungkin bisa mengambil lebih banyak tanggung jawab atau bahkan mengambil peran kepemimpinan.

Industri yang banyak membutuhkan asisten virtual antara lain dalam bidang kesehatan, real estate, law firm, marketing agency, hingga perusahaan yang bergerak dalam bidang teknik.

Dengan berbagai tugas dan tanggung jawab, pastinya seorang asisten virtual memerlukan skill tertentu, salah satunya adalah skill administrasi. Kamu bisa mempelajari atau meningkatkan skill ini melalui website Kelas.work.

Jika kamu sudah punya kemampuan memadai, kamu bisa cek lowongan kerja dari rumah sebagai virtual assistant di website Glints/virtual-assistant.

Berapa kisaran gaji kerja online sebagai asisten virtual? Gaji rata-rata asisten virutal bisa mencapai lebih dari Rp 150 juta per tahun.

6. Penulis Freelance

Kerja apa dari rumah
Ilustrasi Bekerja sebagai Penulis Freelance (Photo by Amelia Bartlett on Unsplash)

Penulis freelance adalah penulis lepas, yang cocok menjadi pilihan pekerjaan dari rumah untuk kamu yang punya hobi menulis. Sambil mengasah skill menulis, kamu bisa sekaligus memperbanyak portofolio.

Jenis pekerjaan yang independen ini juga tepat bagi kamu yang ingin memiliki pekerjaan sampingan, karena waktunya yang cukup fleksibel. Dan bagi yang ingin menjadikannya sebagai pekerjaan utama, pekerjaan ini juga bisa memberikan cukup banyak penghasilan jika ditekuni dengan baik.

Jenis penulisan yang kemungkinan dikerjakan oleh para penulis lepas antara lain: jurnalistik, review, creative writing, copy writing, academic writing, artikel blog, menulis buku, dan terjemahan bahasa asing.

Untuk mempelajari atau meningkatkan keterampilan menulismu, kamu bisa belajar secara online melalui website Skill Academy/penulis.

Jika kamu sudah punya skill menulis yang baik, kamu bisa mencoba mencari lowongan kerja dari rumah ini melalui website Glints/penulis.

Ahli Herbal

Cari produk herbal untuk penyakit Anda? Ayo konsultasi gratis dengan ahli herbal DEHERBA.COM!

WHATSAPP SEKARANG

Berapa kisaran gaji kerja online sebagai penulis lepas? Gaji rata-rata penulis lepas antara Rp 100 ribu – 200 ribu per artikel atau bahkan bisa mencapai Rp 5 juta untuk setiap proyeknya. Gajinya juga bisa menjadi lebih tinggi lagi jika sudah punya pengalaman luas.

7. Jasa Desain Grafis

Kerja apa dari rumah
Ilustrasi Bekerja sebagai Desainer Grafis (Photo by Emily Bernal on Unsplash)

Perusahaan membutuhkan jasa desain grafis untuk kepentingan promosi bisnisnya agar memiliki tampilan yang menarik para pelanggan. Lowongan kerja online untuk desain grafis biasanya dibuka oleh perusahaan-perusahaan startup, kafe, event organizer, dan bidang-bidang lainnya.

Untuk mempelajari atau mengasah keterampilan desain grafis, kamu bisa mengikuti kelas online di website Skill Academy/desain-grafis.

Jika kamu memiliki keterampilan yang memadai, kamu bisa melihat lowongan pekerjaan desain grafis dari rumah di website Glints/desain-grafis.

Berapa kisaran gaji kerja online untuk jasa desain grafis? Gaji rata-rata jasa desain grafis bisa bervariasi, tergantung pada tingkat kesulitan dan kesepakatan dengan klien. Kisarannya bisa antara Rp 2 juta sampai Rp 5 juta rupiah untuk setiap proyeknya. Tapi jika proyek yang ditangani terbilang besar, gajinya bisa mencapai ratusan juta per tahunnya.

8. Bisnis Online Shop

Ilustrasi Menjalankan Bisnis Online Shop (Photo by Kampus Production on Pexels)

Kamu bisa membuka toko secara online (online shop) melalui platform online yang sekarang ini banyak tersedia. Kamu bisa memasarkan produk atau layanan jasamu melalui website, media sosial, atau marketplace.

Agar calon pembeli percaya dengan online shop milikmu, kamu perlu memasang gambar dan deskripsi pada setiap produk atau jasa. Dan agar bisa dikelola dengan baik, kamu perlu mengelola stok atau persediaan produk serta mengatur transaksi pembayaran dan pengiriman produk kepada para pembeli.

Untuk mempelajari kemampuan dalam memulai, mengelola, dan memasarkan online shop, kamu bisa mengikuti kelas online di website Skill Acedemy/online-shop.

Berapa kisaran pendapatan bisnis online shop? Jika bisa memasarkan dan mengelolanya dengan baik, penghasilan online shope bisa mencapai ratusan juta per tahunnya.

9. Editor Foto

Ilustrasi Bekerja sebagai Editor Foto (Image by Lalmch from Pixabay)

Fotografi salah satu bidang yang paling tren saat ini. Jika kamu punya hobi dan skill untuk mengedit foto, maka kamu bisa mencoba peluang kerja dari rumah sebagai editor foto.

Editor foto bertugas untuk membuat foto yang sudah diambil oleh fotografer menjadi lebih baik dan indah untuk dipandang. Karena itulah kamu mungkin perlu bekerja sama dengan fotografer. Editor foto perlu menyortir sejumlah foto lalu mengeditnya menjadi foto yang layak dipublikasikan sesuai dengan medium yang ditentukan.

Biasanya kamu perlu menguasai beberapa software untuk mengedit foto, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, atau Lightroom.

Untuk mempelajari skill editing foto, kamu bisa mengikuti berbagai kelas online yang disediakan oleh website Skill Academy/editor-foto.

Berapa kisaran gaji kerja online sebagai editor foto? Gaji rata-rata editor foto freelance antara Rp 35 ribu hingga 200 ribu untuk setiap proyek edit foto, tergantung pada berapa banyak foto yang perlu diedit dan pada tingkat kesulitannya.

10. Penjual Pulsa

Kerja apa dari rumah
Ilustrasi Berjualan Pulsa secara Online (Photo by freestocks on Unsplash)

Bekerja dari rumah sebagai agen penjual pulsa juga bisa dilakoni sebagai usaha sampingan yang tidak membutuhkan banyak modal. Pada umumnya kamu perlu membeli pulsa dari provider operator seluler kemudian menjualnya dengan harga sedikit lebih tinggi untuk mendapat keuntungan.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi atau platform digital untuk melakukan transaksi dan mengisi ulang saldo pulsa. Kamu bisa membaca tips-tips agar sukses memiliki bisnis jualan pulsa dengan keuntungan besar di artikel Jurnal.id.

Berjualan pulsa bisa menggunakan aplikasi penjualan pulsa yang menawarkan harga terbaik dan bersaing, kamu bisa cek apa saja aplikasi itu di artikel Media Indonesia.

Berapa kisaran penghasilan kerja dari rumah sebagai penjual pulsa? Penjual pulsa biasanya mendapatkan keuntungan Rp 1.000 – 2.000 untuk setiap transaksinya. Jika dalam sehari bisa melakukan 30 kali transaksi, maka keuntungan per bulannya bisa sekitar Rp 1.800.000.

Jika ingin mendapatkan penghasilan lebih besar, kamu bisa menerapkan sistem downline. Yang artinya kamu merekrut sub-agen kecil di bawah kamu untuk menjual lagi pulsa yang kamu jual. Semakin banyak sub-agen yang kamu rekrut, semakin besar keuntungannya.

Contohnya dengan punya 30 sub-agen saja, dengan keuntungan Rp 200 per pulsa bagi para sub-agen, maka kamu bisa mendapat tambahan pendapatan hingga Rp 5.400.000 dengan asumsi jumlah transaksi mereka rata-rata 30 transaksi setiap sub-agen.

11. Content Creator

Ilustrasi Pekerjaan yang Bisa dilakukan dari rumah
Ilustrasi Bekerja dari Rumah sebagai Content Creator (Photo by Malte Helmhold on Unsplash)

Berkembangnya era digital dan media sosial membuka peluang untuk kerja dari rumah sebagai content creator. Content creator bertugas membuat konten yang menarik dan relevan untuk dipublikasikan melalui platform digital seperti media sosial dan website.

Pembuatan konten itu biasanya dalam bentuk tulisan, gambar, video, podcast, infografis, atau bentuk-bentuk konten lainnya. Kamu yang ingin menjadi content creator perlu memiliki kerativitas, karena konten yang dihasilkan haruslah informatif, menghibur, atau menginspirasi agar menarik perhatian audiens.

Agar memiliki skill yang memadai sebagai content creator, kamu bisa cek berbagai kelas online yang disediakan website Skill Academy/content-creator.

Jika kamu sudah yakin punya skill membuat konten yang baik, kamu bisa mencari lowongan kerja dari rumah ini di website Glints/content-creator.

Berapa kisaran gaji kerja online sebagai content creator? Gaji rata-rata content creator adalah antara Rp 3,5 juta hingga Rp 10 juta rupiah per bulannya. Namun pendapatan ini bisa berbeda-beda tergantung pada kebijakan dari perusahaan yang memperkerjakan.

12. Programmer

Ilustrasi Kerja Online sebagai Programmer
Ilustrasi Kerja Online sebagai Programmer (Photo by Lukas on Pexels)

Pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah lainnya adalah sebagai programmer. Ini cocok bagi kamu yang punya pengetahuan dan skill untuk membuat, menguji, dan memelihara software komputer. Kamu mesti punya keahlian untuk memakai bahasa pemrograman untuk mengubah algoritma dan desain menjadi kode yang bisa dieksekusi oleh komputer.

Pekerjaan yang sering dilakukan oleh programmer antara lain adalah mengembangkan aplikasi, website, sistem operasi, atau jenis-jenis software lainnya.

Bagi kamu yang ingin mempelajari atau mengasah skill programmer, website Skill Academy/programmer menyediakan berbagai kelas online yang bisa bermanfaat.

Jika kamu sudah punya skill yang memadai, kamu bisa mencari lowongan pekerjaan dari rumah ini di website Glints/programmer.

Berapa kisaran gaji kerja online sebagai programmer? Gaji rata-rata programmer freelance bisa mencapai Rp 6 sampai 17 juta untuk satu kali proyek. Gaji tersebut bisa lebih tinggi lagi tergantung pada jenis pekerjaan pemrograman yang dilakukan.

Pilihan Kerja dari Rumah Mana yang Terbaik untuk Kamu?

Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah dengan gaji yang lumayan. Di samping menjadi pekerjaan utama, kamu juga bisa menjadikannya sebagai kerja sampingan di rumah.

Kamu bisa mempertimbangkan kriteria pekerjaan, apa saja yang harus disiapkan, bagaimana cara mendapatkannya, dan berapa perkiraan pendapatannya.

Kerja apa yang cocok bagi kamu juga perlu disesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki. Jika saat ini kamu masih belum punya skill yang dibutuhkan, kamu bisa mempelajarinya dulu dengan mengikuti kelas-kelas secara online.

Sekali lagi, bekerja dari rumah menawarkan berbagai keuntungan. Kamu bisa menjadi lebih sehat karena mengurangi risiko tertular penyakit, lebih mudah untuk mengonsumsi makanan sehat, dan lebih punya waktu luang untuk berolahraga secara rutin.

Jadi pertimbangkanlah mana pilihan kerja dari rumah yang terbaik sesuai keadaanmu, dan nikmatilah penghasilan dan berbagai keuntungan lain tanpa harus keluar rumah.

Tumpas Kanker, Tumor, Kista Mulai 30 Hari Tanpa Kemoterapi dan Pembedahan?!
Redakan Rasa Sakit Menahun Anda dengan 'Obat Pereda Nyeri' Alami Ini!
Pria Dewasa, Mau ‘Keras & Tahan Lama’ untuk Bahagiakan Pasangan Anda?

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}