11 Tips Sederhana Mengatasi Computer Vision Syndrome (CVS)

123

Diedit:

25 tahun lalu mungkin komputer bukanlah bagian penting dalam kehidupan, namun kini hampir semua orang menjalani aktivitas mereka dengan laptop dan PC di hadapan mereka. Mulai dari ketika mereka bekerja, berkomunikasi via sosial media, sampai mencari berita. Meskipun mereka tidak lagi bergantung dengan komputer atau laptop, setidaknya mereka tak bisa dijauhkan dari smartphone mereka.

Tahukah Anda, berhadapan terlalu lama di depan cahaya laptop, komputer, tablet atau smartphone bisa menyebabkan keluhan mata serius. Secara medis keluhan ini disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS). Kondisi ini ditandai dengan keluhan mata yang kering, mata merah, terasa pegal, bahkan juga bisa terasa perih. Pada beberapa orang kondisi ini kemudian memicu efek tegang di sekitar lingkar mata dan migrain di lokasi yang sama.

Beberapa pakar mengatakan, efek masalah pada mata atau dikenal dengan istilah Computer Vision Syndrome ini sebenarnya pengaruh dari paparan sinar biru yang muncul dari layar. Sinar biru memberi efek tekanan yang tidak Anda sadari. Tekanan yang terfokus pada area retina dan sistem saraf serta otot mata. Ini yang membuat mata menjadi kering, perih, dan kaku.

Dan sebenarnya untuk mengatasi Computer Vision Syndrome ini, Anda bisa melakukan 11 langkah sederhana. 11 Tips yang diketahui dapat membantu Anda meredakan keluhan dan mengurangi frekuensi serangan.

1. Selalu perhatikan durasi Anda berhadapan dengan komputer dan jenis lainnya.

Dalam laman visionsource, dikatakan bahwa beberapa pakar kesehatan mata sepakat, untuk setiap 20 menit waktu Anda di depan perangkat berlayar jarak dekat seperti komputer, laptop, juga ponsel, alihkan pandangan Anda ke arah yang jauh setidaknya 20 detik. Prinsip 20 : 20 ini akan efektif mengurangi efek munculnya CVS hingga 20%.

2. Gunakan cahaya ruang yang sesuai

Cahaya ruang yang terlalu gelap membuat efek kontras pada cahaya yang diterima mata dari arah komputer. Di saat seperti inilah efek radiasi dari cahaya biru semakin besar dan membahayakan mata.

Namun menggunakan cahaya terlalu terang di saat Anda sedang di depan komputer juga tidak bijak. Efek paparan sinar biru yang datang dari arah lampu ruangan yang terlalu terang, cahaya matahari berlebihan akan membuat mata justru menjadi lebih lelah menatap ke arah komputer yang biasanya juga akan terasa menjadi lebih gelap di mata.

3. Gunakan display yang nyaman

Cahaya dan tampilan dalam layar juga bisa membantu Anda menekan efek Computer Vision Syndrome. Atur tingkat cahaya dari layar supaya selaras dengan pencahayaan ruangan, tidak terasa terlalu terang juga tidak terasa kusam. Karena pilihan cahaya yang tepat akan membantu mata Anda lebih rileks.

Pilihlah warna yang netral, tidak terlalu terang, huruf tidak terlalu kecil, dan kontras yang cukup, karena ini akan mencegah mata Anda memaksakan diri berlebihan. Kadang CVS juga disebabkan oleh mata yang terlalu dipaksakan untuk menajam terus menerus.

4. Lebih sering berkedip

Tiap kali seseorang berkedip, di saat itulah air mata akan bekerja membasahi mata, mengatasi efek kering dan membantu menjaga kondisi otot mata. Beberapa orang cenderung akan mengurangi kedipan mata mereka ketika tengah serius berhadapan dengan komputer. Dan ini pula yang menjadi penyebab munculnya efek CVS.

Pada beberapa orang, sebaiknya gunakan obat mata khusus untuk membantu menjaga kelembaban mata. Karena aktivitas yang terlalu lama di depan komputer menyebabkan masalah Anda tak akan teratasi hanya dengan mengandalkan saran untuk lebih banyak berkedip saja.

5. Gunakan kacamata khusus komputer

Kacamata dengan layar khusus membantu sekali untuk Anda yang bekerja dengan komputer. Lensa yang digunakan pada kacamata ini membantu menyaring masuknya sinar biru menuju mata. Selain itu juga membantu mata menjadi lebih fokus, tanpa harus memaksakan diri mengingat jarak pandang antara mata menuju layar komputer secara umum berbeda dari jarak pandang normal seseorang ketika membaca.

6. Perhatikan posisi komputer

Kebanyakan kasus CVS datang karena posisi komputer yang tidak tepat dengan mata. Baik itu dari jarak pandangnya maupun dari sudut posisinya. Mata yang terlalu melihat ke bawah, juga bisa menyebabkan terjadinya efek CVS. Dan jarak pandang yang terlalu dekat atau malah terlalu jauh akan menyebabkan efek CVS yang juga perlu Anda waspadai.

7. Sesuaikan komputer dengan perkembangan jaman

Harus diakui komputer di masa lalu memberi efek kerusakan lebih berat daripada komputer di era kini. Komputer dengan teknologi terbaru sudah menggunakan sistem LED yang memiliki efek sinar biru lebih rendah, memiliki ketajaman gambar dan warna lebih baik, dan menyuguhkan hasil yang lebih nyaman di mata. Ini akan mengurangi efek mata tegang, kering, dan kaku dengan lebih baik daripada layar komputer model lama.

8. Konsumsi vitamin dan lakukan relaksasi

Beberapa pakar kesehatan mata menyarankan untuk menambahkan asupan vitamin A lebih baik untuk mereka yang bekerja di depan komputer lebih lama dari yang lain. Kadang asupan tetes mata vitamin A juga bisa membantu menambah asupan vitamin A untuk mata.

Lakukan pemijatan secara teratur pada area lingkar mata untuk membantu meredakan ketegangan saraf. Hindari melakukan permainan yang sifatnya menegangkan dalam jangka waktu panjang karena juga bisa berakibat tegang otot pada mata.

9. Bersihkan layar komputer Anda

Debu tipis yang melapisi komputer Anda tanpa disadari membiaskan cahaya yang membuat kualitas gambar meredup. Ini bisa membuat mata terpaksa berusaha fokus lebih keras sehingga mata jadi mudah lelah. Karenanya rutinlah untuk membersihkan layar Anda dari debu dan kotoran yang melekat.

10. Sesuaikan meja kerja Anda

Banyak orang bekerja tidak dengan hanya menggunakan 1 komputer. Mereka menggunakan beberapa perangkat komputer dan gadget sekaligus dan akan memaksa bola mata berpindah dari satu layar ke layar lain bahkan kadang juga memaksa untuk berganti fokus terus-menerus. Di saat lain Anda juga kadang harus memindahkan fokus mata Anda secara kontinyu dari layar ke kertas teks yang perlu Anda salin.

Pemindahan fokus dan pergerakan mata yang terus menerus ini membuat mata menjadi 2 kali lebih lelah dari seharusnya. Jadi upayakan Anda memposisikan setiap bagian dari meja kerja Anda dengan efektif sehingga perpindahan titik pandang tidak terlalu jauh.

Anda bisa menjepit kertas teks tepat di samping layar ketimbang menahannya di pangkuan atau di atas meja begitu saja. Atau meletakan dua sampai 3 komputer pada posisi yang berdekatan supaya pergeseran titik pandang tidak terlalu jauh.

11. Rutin periksakan mata Anda

Bagian terakhir dari 11 tips mengatasi Computer Vision Syndrome (CVS) adalah dengan rutin mengunjungi dokter mata. Anda yang tidak menekuni pekerjaan yang berhadapan dengan layar komputer saja disarankan untuk memeriksakan mata setidaknya 3 tahun sekali, apalagi Anda yang bekerja di depan komputer terus menerus. Maka sebaiknya periksakan mata Anda setidaknya 1 tahun sekali.

Masalah Computer Vision Syndrome memang seringkali bisa menyebabkan banyak problem penglihatan. Dengan kunjungan rutin semacam ini, setidaknya Anda akan segera tahu apakah memang perlu melakukan pengobatan mata atau sudah saatnya mengenakan kacamata.