Blog Herbal No. 1 Indonesia

10 Obat Kaki Bengkak Alami Agar Cepat Kempis


By Cindy Wijaya

Kaki bengkak adalah masalah umum yang bisa dialami semua orang. Keluhan ini bukanlah penyakit, melainkan hanya gejala dari suatu masalah kesehatan yang mendasari. Biasanya keluhan kaki bengkak muncul ketika ada cairan menumpuk di jaringan-jaringan, sehingga menyebabkan pembengkakan yang disebut edema.

Keluhan ini bisa disebabkan oleh beberapa penyebab, misalnya karena kegemukan, berdiri terlalu lama, atau cedera pada kaki. Anda bisa membaca tentang penyebab-penyebab kaki bengkak di artikel ini: Bengkak pada Kaki: Penyebab dan Cara Mengatasinya.

Kabar baiknya, ada cukup banyak tips dan obat kaki bengkak alami, sehingga Anda bisa kembali beraktivitas normal. Akan tetapi disarankan pergi ke dokter jika bengkaknya terasa sakit atau sering terjadi. Gejala itu bisa saja tanda adanya masalah jantung, ginjal, atau hati, yang perlu diberikan perawatan medis. Berikut adalah 10 tips dan obat kaki bengkak rumahan.

1. Hidroterapi Kontras

Jenis hidroterapi ini, yang melibatkan air panas dan dingin, sangatlah efektif untuk obat kaki bengkak alami. Air hangat akan membantu melancarkan aliran darah, sedangkan air dingin membantu mengurangi bengkak serta peradangan.

  • Isi 2 wadah ember—satu dengan air dingin dan satu lagi dengan air hangat.
  • Rendam kaki di air hangat selama sekitar 3 – 4 menit.
  • Kemudian langsung rendam kaki di air dingin selama sekitar 1 menit.
  • Lanjutkan rendam kaki bergantian di 2 ember selama 15 – 20 menit.

Anda bisa terus melakukan hidroterapi ini beberapa kali sehari sampai merasa lebih enak.

2. Pijat Kaki

Pijat kaki adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi kaki bengkak. Dengan memberi tekanan pada kaki akan membantu merilekskan otot-otot yang sakit dan melancarkan sirkulasi. Selain itu juga mendorong pembuangan cairan berlebih di kaki untuk mengurangi pembengkakan.

  • Gosokkan minyak zaitun secukupnya ke bengkak di kaki.
  • Pijat pelan-pelan selama 5 menit ke arah atas kaki, bukan ke bawah. Jangan terlalu keras menekan.
  • Lakukan pijat kaki beberapa kali dalam sehari.

Paling baik lakukan pijat kaki selama atau setelah mandi.

Catatan: Jika kaki bengkak disebabkan oleh kehamilan, carilah bantuan dari terapis pijat yang mengkhususkan diri untuk pijat ibu hamil.

3. Garam Epsom

Garam epsom bekerja cepat dalam mengurangi bengkak serta membantu meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan lainnya. Kandungan magnesium sulfat di dalamnya dengan mudah diserap oleh kulit untuk membantu melancarkan sirkulasi serta mengurangi bengkak.

  • Campurkan ½ gelas garam Epsom ke dalam ember yang diisi air hangat.
  • Rendam kaki di ember itu selama 10 – 15 menit.
  • Lakukan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Selain bermanfaat sebagai obat kaki bengkak alami, garam Epsom juga merilekskan otot-otot yang nyeri dan lelah, juga sanggup menghilangkan bau kaki.

Ilustrasi Garam Epsom Obat Kaki Bengkak Alami
Rendam Kaki Bengkak di Air Hangat Dicampurkan Garam Epsom (Credit Photo: iStock)

4. Jahe

Jahe adalah obat herbal kaki bengkak karena bersifat diuretik alami (pendorong produksi air seni). Jahe membantu mengencerkan sodium yang adalah faktor utama dibalik pembengkakan. Selain itu, kemampuan anti-inflamasi jahe juga membantu mengurangi bengkak di kaki.

Cara untuk mengatasi kaki bengkak dengan jahe yaitu: Pijat kaki bengkak dengan minyak jahe beberapa kali dalam sehari.

Cara alternatifnya, Anda juga bisa minum 2 – 3 gelas teh jahe atau mengunyah beberapa irisan jahe mentah.

5. Dandelion (Jombang)

Kemampuan diuretik dari dandelion membantu metabolisme cairan ekstra tubuh, sehingga sangat berguna sebagai obat herbal kaki bengkak. Berdasarkan penelitian tahun 2009 yang dirilis Journal of Alternative and Complementary Medicine, dandelion memiliki efek diuretik yang membantu mengatasi retensi (penumpukan) air. Dandelion juga membantu mengendalikan kadar sodium pada tubuh.

  • Masukkan 1 sendok teh daun dandelion (jombang) segar atau kering ke dalam segelas air panas.
  • Tutup gelas, biarkan 5 menit, lalu saring daunnya.
  • Minumlah teh herbal dandelion ini 2 – 3 kali sehari.

Dandelion juga tersedia dalam bentuk suplemen siap minum, sehingga Anda bisa mengonsumsi suplemen dandelion, tapi konsultasikan dulu dengan dokter.

6. Air Lemon

Minum air lemon membantu menyingkirkan kelebihan cairan dan toksin dari dalam tubuh, yang akan mengurangi bengkak di kaki atau di area-area tubuh lain yang disebabkan retensi air.

  • Tuangkan 2 sendok makan air perasan lemon ke dalam segelas air hangat.
  • Boleh dimaniskan dengan sedikit madu murni.
  • Minumlah air lemon ini beberapa kali dalam sehari.

Di samping berguna sebagai obat kaki bengkak alami, air lemon juga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi serat memberikan manfaat-manfaat anti-inflamasi.

7. Cuka Apel

Obat kaki bengkak alami lainnya ialah cuka apel. Berkat tingginya kandungan potasium di dalamnya, cuka apel dapat membantu mengurangi penumpukan cairan yang merupakan penyebab umum kaki bengkak.

  • Tuangkan cuka apel raw, unflitered ke dalam air hangat dalam jumlah sebanding.
  • Rendam handuk di dalam larutan itu, kemudian peras dan balut kaki bengkak dengan handuk basah itu.
  • Balut selama 10 menit, dan lakukan ini beberapa kali sehari.

Cara alternatifnya, tuangkan 2 sendok makan cuka apel raw, unfiltered ke dalam segelas air. Tambahkan madu murni secukupnya lalu minum 2 kali sehari.

8. Biji Ketumbar

Obat herbal selanjutnya yang populer untuk kaki bengkak adalah biji ketumbar. Kemampuan anti-inflamasi biji ketumbar akan membantu mengatasi pembengkakan sekaligus melancarkan sirkulasi.

  • Masukkan 2 – 3 sendok teh biji ketumbar ke dalam segelas air.
  • Rebuslah air campuran tersebut sampai airnya berkurang setengah.
  • Saring, dan biarkan sampai mendingin, lalu minum.

Anda bisa mengulangi cara mengatasi kaki bengkak dengan biji ketumbar ini 2 kali sehari sampai merasa lebih baik.

Biji Ketumbar Obat Herbal Kaki Bengkak
Biji Ketumbar Obat Kaki Bengkak Alami (Credit Photo: boommaval – Shutterstock)

9. Olahraga

Aktivitas fisik teratur juga penting untuk mencegah kaki bengkak. Olahraga akan merangsang sirkulasi serta mencegah darah menggumpal di anggota-anggota tubuh bagian bawah.

Renang adalah salah satu olahraga terbaik untuk mengatasi kaki bengkak serta meredakan peradangan dan rasa sakit.

Jika tidak ingin atau tidak bisa berenang, Anda bisa melakukan 30 menit olahraga jalan kaki atau jogging, setidaknya dalam 5 hari seminggu. Lakukan juga sejumlah olahraga dan peregangan pada kaki.

10. Magnesium

Kekurangan magnesium dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab kaki bengkak. Makanlah makanan-makanan kaya magnesium untuk membantu mengatasi masalah ini.

Makanlah makanan sumber magnesium seperti sayuran berdaun hijau gelap, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, kacang kedelai, alpukat, pisang, dan cokelat hitam.

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen magnesium, tapi konsultasikan dulu dengan dokter.

Catatan: Orang-orang yang menderita penyakit jantung atau penyakit ginjal dianjurkan untuk tidak mengonsumsi suplemen magnesium.

Selain beberapa tips dan obat kaki bengkak alami di atas, Anda juga bisa membantu mengatasinya dengan memposisikan kaki di atas posisi jantung. Misalnya mengganjal dengan bantal sewaktu tidur malam. Batasi juga asupan garam dan kafein yang dapat memicu kaki bengkak. Sewaktu harus duduk untuk waktu lama, sebaiknya berdiri dan berjalanlah sebentar untuk mencegah kaki bengkak.

Walaupun bengkak dapat disebabkan oleh penumpukan cairan di kaki, tetapi bukan berarti Anda tidak boleh banyak minum air. Justru Anda harus banyak minum air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi serta mendorong proses detoksifikai yang akan membantu mengatasi kaki bengkak.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang 10 obat kaki bengkak alami yang bisa Anda coba di rumah. Semoga informasi ini membantu mengatasi masalah kaki bengkak Anda. Temukan juga ulasan menarik lain tentang solusi kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Top10HomeRemedies. Home Remedies for Swollen Feet. URL: https://www.top10homeremedies.com/home-remedies/home-remedies-for-swollen-feet.html

Clare, B. A., Conroy, R. S., & Spelman, K. (2009). The diuretic effect in human subjects of an extract of Taraxacum officinale folium over a single day. Journal of alternative and complementary medicine (New York, N.Y.), 15(8), 929–934. https://doi.org/10.1089/acm.2008.0152

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}